Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Defrag Hardisk Di Windows 10 Untuk Meningkatkan Kinerja Laptop

Cara Defrag Hardisk Di Windows 10 Untuk Meningkatkan Kinerja Laptop - Laptop apabila sudah berumur terkadang kinerja akan menurun dan terkadang akan menimbulkan not responding, macet, atau ngehang. Tentu, hal tersebut menganggu pekerjaan kita apabila kondisi laptop atau komputer yang digunakan mengalami masalah not responding atau hang. Terkadang, apabila masalah ini berlarut - larut tidak di atasi dapat menyebabkan laptop restart - restart sendiri tanpa sebab. Defrag atau kepanjangannya Defragmentation dapat mengatasi masalah laptop lemot karena tujuan defrag ini adalah menata ulang seluruh data yang ada di hardisk jadi proses kinerjanya akan lebih cepat karena sudah di tata ulang kembali. Jadi, Sarjana Pedia akan memberikan tips bagaimana cara defrag hardisk di windows.

Cara Defrag Hardisk Di Windows 10 Untuk Meningkatkan Kinerja Laptop

Oh iya, proses defragmentation ini tidak berlaku untuk perangkat SSD ya (Solid State Drive). Karena SSD sudah tidak menggunakan piringan, berbeda dengan hardisk yang masih menggunakan piringan untuk membaca data yang tersimpan. Maka dari itu, terkadang hardisk semakin banyak data yang di simpan akan menjadi semakin lambat dan terbebani. Disinilah peran proses defragmentation berfungsi, yaitu menata ulang data - data yang tidak terstruktur agar menjadi data yang terstruktur atau tidak tercecer. Jadi, proses pencariannya akan menjadi lebih cepat karena data sudah terstruktur.

Bagaimana Cara Kerja Defragmentation

Pada dasarnya, hardisk menyimpan data dalam bentuk potongan - potongan dan nama potongan tersebut biasa di sebut sektor. Nah, apabila kalian pernah mendengar bad sector jadi sektor yang terdapat pada piringan tersebut rusak atau tergores oleh benda tajam sehingga sektor tersebut tidak dapat dibaca. 

Kembali lagi ke bagaimana cara kerja proses defrag yang terdapat pada hardisk. Jadi, ketika suatu program menyimpan file pada disk, berarti menempatkan file ke dalam ruang kosong pada disk. Ketika menyimpan perubahan pada file, berarti menyimpan perubahan ke ruang kosong lain pada disk. Setiap kali menyimpan file, berarti menyimpan informasi tentang hal itu ke dalam ruang kosong besar apa pun yang ada pada disk yang dapat ditemukan. Karena potongan-potongan file yang berbeda dipisahkan atau terfragmentasi lalu membuka dan membaca file dapat menjadi lebih lambat bahkan lebih lambat. Solusinya adalah defragment disk. Disk defragmentasi mengambil semua bagian dari setiap file, dan menyimpannya di satu tempat. Itu juga memastikan program masing-masing di satu tempat, dan bahwa ruang yang tidak terpakai pada hard disk bersama-sama.

Mendefragmentasi disk seperti menyortir dan mengatur item di ruang penyimpanan. Kotak-kotak yang berisi hal-hal serupa digabungkan, dan semua kotak di dalam ruangan ditumpuk dengan rapi untuk menciptakan lebih banyak ruang. Defragmentasi tidak mengubah isi file apa pun, dan tidak memengaruhi apa pun yang ada di komputer atau laptop.

Cara Defrag Hardisk Windows 8,7,dan 10

Melakukan defrag dapat menggunakan fitur bawaan dari sistem operasi windows tanpa harus mengunduh software atau lainnya. 

Cara Defrag Hardisk Dengan Fitur Bawaan Windows

  • Untuk mempercepat atau meminimalisir waktu yang diperlukan agar tidak terlalu lama, kalian dapat menghapus data - data yang tidak penting. Seperti, menghapus cache, data yang ada di recycle bin dan history serta cookies yang ada di browser.
  • Setelah itu, kalian tutup seluruh program atau aplikasi yang berjalan agar tidak terlalu membebani kinerja hardisk.
  • Selanjutnya, masuk ke start dan cari Defragment and Optimize Drives
  • Lalu, pilih drive yang akan di defrag dan klik Optimize.
Tunggu proses defrag hingga selesai. Semakin banyak data yang di tampung, tentunya proses defrag akan menjadi lebih lama. Bahkan hingga 1 hari apabila data yang di proses sangat banyak.

Manfaat Defrag Hardisk

Seperti yang sudah admin bilang di atas, apabila kita melakukan defragment kepada hardisk kita. Tentu kinerja hardisk akan menjadi lebih cepat dan optimal, karena data sudah tersusun rapi kembali.

Post a Comment for "Cara Defrag Hardisk Di Windows 10 Untuk Meningkatkan Kinerja Laptop"