Ads

Komputer Restart Sendiri? Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengatasi Restart Sendiri


Halo sobat, apakah komputer yang kalian gunakan mengalami restart sendiri dan secara terus menerus? Permasalahan ini terkadang membuat kita bingung apa yang akan kita lakukan agar komputer yang kita gunakan tidak restart terus menerus. 

Begitupun dengan saya, saya pernah mengalami masalah ini pada komputer yang saya gunakan sehari - hari. Suatu ketika saya ingin mengoperasikan komputer saya, lalu saya tekan tombol power dan komputer hidup akan tetapi, tiba - tiba sistem operasi windows yang saya gunakan restart dengan sendirinya.

Saya bingung apa yang harus saya lakukan, langkah selanjutnya saya mencoba mencari tahu apa penyebab dari masalah ini dengan bertanya kepada teman saya yang bekerja di servisan laptop dan mencari tahu di internet. Ternyata, ada beberapa hal yang dapat membuat komputer restart sendiri.

Power Supply Tidak Berjalan Normal

Langkah pertama yang harus di cek adalah power supply. Power supply dapat menjadi penyebab utama dari masalah ini, karena apabila power supply tidak menyuplai daya energi berupa listrik ke mainboard dan ke komponen lainnya dengan stabil maka dapat membuat komponen lainnya dan mainboard tidak berjalan normal. 

Sehingga, komputer anda akan restart sendiri secara terus menerus karena tidak stabilnya power supply dalam menyuplai energi. Analoginya seperti seorang harus mengangkat beban 100kg maka tidak mungkin akan kuat, akan tetapi untuk beban 100kg kurang lebih dibutuhkan 10 orang agar beban tersebut dapat terangkat.

Cek Kesehatan Harddisk

Harddisk juga dapat menjadi penyebab terjadinya komputer restart sendiri, Ada 2 penyebab di antaranya karena fisik (terbanting) dan karena bad sector. Bad sector sendiri dimana ada cakram yang mengalami kerusakan sehingga, data yang terdapat pada harddisk tidak dapat terbaca dengan normal. 

Sehingga, komputer anda mengalami BSOD (Blue Screen of Death) dan restart sendiri secara terus menerus. Anda dapat cek kesehatan harddisk dengan aplikasi ataupun mengaktifkan check disk/scan disk. 

Nah, apabila harddisk oke - oke saja anda dapat melakukan perawatan harddisk dengan cara menggunakan program defragment. Defragment di sini akan menata ulang struktur data - data yang terdapat pada harddisk anda. Sehingga, kemungkinan terkena bad sector sangat kecil.

Sistem Operasi Terdapat Masalah

Sistem operasi juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah ini, biasanya sistem operasi yang terkena serangan virus menyebabkan beberapa file sistem penting tidak bekerja. Sehingga, membuat sistem operasi tersebut tidak berjalan normal dan akan melakukan restart secara terus menerus.

Solusi untuk masalah ini, anda dapat melakukan install ulang atau upgrade sistem operasi anda. Dengan melakukan upgrade atau install ulang maka akan membuat file sistem yang terdapat pada sistem operasi anda di perbaharui.

Komputer Mengalami Overheating

Apabila komputer mengalami overheating (panas berlebihan) maka secara otomatis komputer akan restart sendiri, dan apabila restart secara terus menerus kemungkinan besar terdapat pada heatsink fan atau kipas prosesor yang tidak bekerja dengan baik. 

Sehingga, menimbulkan overheating yang cepat. Solusi untuk masalah ini, anda dapat melihat kipas prosesor anda bekerja dengan baik atau tidak, apabila tidak bekerja dengan baik anda dapat menggantinya dengan yang baru dan memiliki kualitas yang bagus, serta tambahkan cooling system pada komputer anda.

Menjalankan Program Yang Berat

Nah, kalau ini penyebabnya karena komputer yang spesifikasi tidak sesuai dengan program yang dijalankan. Contoh, komputer dengan prosesor dual-core dengan RAM 4GB menjalankan game GTA V maka tentu saja komputer akan sangat terbebani dan apabila komputer tidak kuat maka akan restart dengan sendirinya.

Untuk solusi masalah ini, anda dapat meningkatkan hardware yang terdapat pada komputer anda atau menjalankan program yang sesuai dengan spesifikasi komputer yang anda gunakan.

Itulah 5 cara mengatasi komputer restart sendiri, apabila dari ke-lima cara tersebut masih belum dapat menyelesaikan masalah komputer restart sendiri. Maka, saya sarankan bawa komputer anda ke tempat servisan agar di cek lebih lanjut.

Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga artikel ini dapat menjadi solusi untuk masalah komputer anda. Anda dapat membagikan artikel ini ke teman - teman anda melalui tombol share dibawah, agar teman anda mendapat manfaat dari artikel ini.

0 Response to "Komputer Restart Sendiri? Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengatasi Restart Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel