Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengatasi Serangan Netcut

Cara Mengatasi Netcut - Nah, kali ini saya akan berbagi tips cara mengatasi netcut. Siapa yang belum kenal sama aplikasi yang satu ini? Bagi anak jaringan pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Aplikasi ini pernah saya gunakan untuk ngerjain temen 1 lab waktu SMK hehehe.... Saya potong jalur akses internet dari router hingga temen 1 lab kebingungan kenapa tidak terdapat terhubung ke internet. Jangan kalian tiru yaa hehehe....

Bagi kalian yang belum tau aplikasi ini maka akan saya kasih tau. Jadi, aplikasi ini sesuai dengan logo dari Netcut yaitu gunting, yang berfungsi untuk memotong sebuah benda. Akan tetapi, Netcut ini bekerja memotong sebuah koneksi di dalam suatu jaringan. 

Ciri - ciri apabila laptop atau smartphone anda terkena Netcut yaitu, tiba - tiba anda tidak terdapat terhubung ke sebuah koneksi seperti jaringan lokal. Tapi tidak semuanya apabila laptop atau smartphone anda tidak terhubung koneksi karena adanya pengguna Netcut, belum tentu. 

Anda bisa mencurigai adanya pengguna Netcut apabila kondisi hardware Lan Card,Wifi Adapter,Router yang anda gunakan baik - baik saja. Nah, bagaimana cara mengatasi serangan Netcut? Yuk, mari simak Cara Mengatasi Serangan Netcut.

Beberapa Cara Mengatasi Serangan Netcut

1. Gunakan Netcut 

Loh, kok menggunakan Netcut? Katanya cara mengatasi Netcut. Tunggu dulu, memang aplikasi Netcut untuk memotong jaringan. Tapi, di dalam aplikasi Netcut juga terdapat Netcut defender lohh. 

Nah, kalian dapat mengunduh aplikasi Netcut defender lalu aktifkan. Sebenarnya penggunaan aplikasi ini cukup mudah, yaitu memilih perangkat yang ingin anda lindungi, selanjutnya klik Protect. 

2. Reset IP Address

Yang kedua, ada tips reset IP Address. Biasanya penyerangan melakukan pemotongan melalui alamat IP Address, ada juga yang melalui MAC Address. Untuk serangan melalui IP Address kita dengan mudah mengatasi masalah tersebut dengan me-reset IP Address pada komputer atau laptop kita. Bagaimana caranya?

Kalian buka CMD pada komputer yang terserang Netcut. Lalu, ketikkan ipconfig /release untuk melepas IP Address yang terdapat pada komputer kalian.


Nah, jika sudah kalian ketikkan kembali ipconfig /renew.


Tunggu hingga proses request IP Baru ke router baru selesai.

3. Check ARP (Address Resolution Protocol)

Kalau cara ini yaitu kita mengidentifikasi apakah ada penyerang atau tidak. Ciri - ciri apabila terdapat penyerang maka akan terdapat IP Router yang sama dengan MAC Address yang berbeda. Bagaimana caranya? Buka CMD dan ketikkan arp -a


4. Gunakan Anti Netcut

Nah, kalau tadi menggunakan aplikasi Netcut dan mengaktifkan Netcut Defender. Ada lagi aplikasi yang cukup ampuh menghindari serangan netcut yaitu, aplikasi anti netcut. Aplikasi sudah terdapat pada platform Android, jadi smartphone anda juga dapat terlindungi dari serangan netcut dengan memasang aplikasi Anti Netcut.

5. Gunakan Fake MAC Address

Nah, ini adalah cara terakhir apabila dari ke-empat tips di atas tidak ampuh atau tidak manjur. Gunakan aplikasi Fake MAC Address seperti TMAC, aplikasi TMAC yaitu bekerja mengubah MAC Address yang terdapat pada hardware dengan MAC Address yang lain. Sehingga penyerang akan menyerang MAC Address asli akan tetapi, kita terhubung ke jaringan tidak menggunakan MAC Address asli akan tetapi Fake MAC Address.


Diatas contoh aplikasi TMAC Address Changer, cara menggunakannya kalian klik perangkat yang kalian gunakan untuk terhubung ke sebuah jaringan yang di serang Netcut. Selanjutnya, kalian klik Random MAC Address. Jika sudah, kalian klik Change Now! apabila anda sudah selesai menggunakan TMAC jangan lupa untuk klik Restore Original untuk mengembalikan MAC Address yang asli.

Nah, bagaimana? Dari ke-lima tips di atas apakah ada yang berhasil? Berdasarkan pengalaman saya. Dari ke-lima tips tersebut yang paling ampuh adalah mengganti MAC Address kita dengan MAC Address palsu. Apabila MAC Address yang kita gunakan di serang kembali, maka kita tinggal mengganti MAC Address yang lain. Sehingga kita masih dapat terhubung dengan jaringan.

Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi saya dan pembaca. Anda dapat membagikan artikel ini dengan menekan tombol share dibawah.
Apabila mengalami kesusahan kalian dapat komentar melalui kolom di bawah.

Post a Comment for "5 Cara Mengatasi Serangan Netcut"