Ads

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dan Not Responding

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dan Not Responding

Sarjana Pedia - Laptop yang kita gunakan terkadang tidak dapat berjalan lancar, terlebih laptop yang kita gunakan sudah berumur sangat lama. Sehingga, terkadang muncul berbagai masalah yang dapat menghambat pekerjaan kita, contohnya mengetik, bermain game, mengerjakan projek, rendering, dan lain - lain. Salah satu masalah laptop yang sangat umum adalah laptop lemot dan not responding. Bagaimana cara mengatasi laptop lemot dan not responding seperti ini? Umumnya laptop not responding karena banyaknya aplikasi yang berjalan. Tetapi, penyebabnya kita tidak dapat langsung menyimpulkan penyebabnya karena banyak aplikasi yang berjalan. Akan tetapi, faktor penyebabnya masih banyak lagi. Bahkan, karena adanya permasalahan pada hardware juga dapat menjadi faktor utama kenapa laptop mengalami not responding dan menjadikan laptop lemot.

Tentunya kita akan merasa sangat terganggu dengan adanya masalah laptop lemot ini. Sebelum ke langkah mengatasi laptop lemot, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab - penyebab laptop lemot dan not responding. Ingat ya, setiap laptop yang mengalami masalah ini terkadang penyebabnya berbeda - beda. Maka dari itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab umum masalah laptop jadi lemot dan laptop not responding.


Penyebab Umum Laptop Lemot Dan Laptop Not Responding

Adapun beberapa penyebab yang paling umum kenapa laptop lemot dan laptop mengalami not responding. Kalian dapat menyimak beberapa penyebab umum laptop lemot di bawah ini. Selanjutnya, kalian dapat menemukan solusi laptop lemot.

Banyaknya Aplikasi Yang Berjalan Di Balik Layar

Cara Mengatasi Laptop Lemot Di Windows 7

Ini merupakan masalah umum, dimana banyaknya aplikasi yang berjalan di belakang layar. Kalian dapat melihat apa saja aplikasi yang berjalan di belakang layar dengan cara membuka task manager dan masuk ke tab processes. Di tab tersebut kalian dapat melihat seluruh aplikasi yang berjalan di belakang layar serta, melihat seberapa besar aplikasi tersebut memakai kapasitas RAM, besarnya proses CPU, dan besarnya proses disk. 

Nah, cara menonaktifkan aplikasi yang berjalan kalian pilih proses yang tidak perlu lalu klik End Task. Admin ingatkan, ada beberapa proses yang tidak boleh di kill, contohnya System. Apabila proses system kalian kill, maka seluruh proses sistem operasi Windows akan berhenti semuanya dan akan laptop akan melakukan restart. Jadi, usahakan proses yang kalian kill adalah aplikasi - aplikasi yang tidak kalian gunakan.

Laptop Menjalankan Program Berat

Terkadang kita mengerjakan sebuah pekerjaan tanpa melihat seberapa besar kemampuan yang dapat dilakukan oleh laptop kita. Spesifikasi laptop sekarang bermacam - macam, mulai dari spec low, medium, high. Untuk spesifikasi tinggi kita kira sudah dapat menjalankan program - program berat. Nah, untuk yang spesifikasi rendah ini yang menjadi masalah, apabila kita menggunakan laptop spesifikasi rendah harus memperhatikan program yang dijalankan apakah sesuai dengan spesifikasi laptop yang digunakan. 

Apabila tidak sesuai, maka laptop sangat lemot dan program akan mengalami not responding. Tetapi penyebab ini juga yang paling umum, pasalnya laptop menjalankan proses yang memakan kapasitas RAM cukup besar. Sehingga, sisa free space dari RAM terlalu sedikit maka apabila kita membuka aplikasi laptop akan terasa lemot dan sangat berat. Selain RAM, GPU juga dapat mempengaruhi kinerja laptop dan prosesor yang kita gunakan pada laptop.

Adanya Virus Yang Bersarang Di Laptop

Virus juga termasuk masalah umum yang terjadi pada laptop ataupun komputer. Jenis - jenis virus pun bermacam - macam. Seperti malware, adware, trojan, ransomware, dan masih banyak lagi yang tentunya sangat berbahaya untuk laptop kita dan data - data kita yang tersimpan di laptop. Virus juga dapat membuat laptop kita lemot, karena rata - rata virus laptop berjalan tidak hanya 1 proses serta menghambat beberapa proses yang di anggap dapat mengancam virus tersebut, apabila virus sudah menginfeksi laptop kita.


Ukuran Kapasitas RAM Terlalu Kecil

Kenapa terkadang laptop yang kalian gunakan lemot? Bisa jadi kapasitas RAM yang kalian gunakan di laptop terlalu kecil. Di zaman sekarang, agar dapat berjalan lancar laptop di lengkapi dengan RAM berkapasitas 4GB. Terutama untuk sistem operasi Windows 10, walaupun RAM 2GB dapat berjalan akan tetapi, rata - rata untuk RAM 2GB hanya digunakan untuk Windows 7 kebawah agar laptop berjalan normal. Itupun, dengan aplikasi - aplikasi tertentu dengan bit 32. 


Solusi Laptop Lemot Dan Laptop Not Responding

Nah, tadi adalah penyebab laptop lemot kalau sekarang admin akan beri solusi untuk laptop lemot dan not responding.

Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Hapus aplikasi yang tidak kalian gunakan, dalam arti kalian sangat jarang menggunakan aplikasi tersebut. Karena, hanya akan membuat kapasitas harddisk laptop kalian penuh dan membuat kinerja harddisk sibuk alhasil laptop kalian lemot. Jadi, kalian dapat uninstall aplikasi yang tidak kalian gunakan. Caranya, kalian klik Start > Control Panel > Uninstall Program > dan pilih aplikasi yang tidak kalian gunakan lalu, klik kanan pada aplikasi tersebut > uninstall.

Menambah Kapasitas RAM

Apabila laptop kalian lemot, kalian dapat menambah RAM pada laptop kalian. Terkadang slot RAM yang terdapat pada laptop sebanyak 2 buah dan terpasang 1 buah RAM jadi sisa slot RAMnya adalah 1 buah. Kalian dapat membeli RAM dengan kapasitas besar dengan DDR yang sama. Dengan begitu, kapasitas RAM kita bertambah banyak sehingga untuk mengerjakan beberapa pekerjaan sisa kapasitas RAM masih ada. Harga RAM pun bermacam macam kalian dapat cek info mengenai harga RAM di toko online.

Selalu Lakukan Pembersihan Dari Ancaman Virus

Karena virus dapat menjadi penyebab laptop lemot maka, kita harus selalu membersihkan dan menjaga laptop dari serangan virus ini. Kalian dapat menggunakan antivirus yang direkomendasikan oleh admin. Caranya sangat mudah, kalian tentukan terlebih dahulu antivirus yang ingin kalian gunakan setelah itu scan seluruh drive yang terdapat pada laptop kalian, tunggu hingga selesai. Apabila terdapat virus yang bersarang di laptop, kalian dapat menggunakan fitur karantina yang terdapat pada antivirus untuk menghapus virus terebut dari laptop kalian. Dengan begitu, proses virus yang berjalan di balik layar akan hilang.

Hindari Menjalankan Program Yang Tidak Sesuai Dengan Spesifikasi Laptop

Langkah ini merupakan kesadaran masing - masing, karena sebelum kita menjalankan sebuah program atau aplikasi kita harus mengetahui seberapa besar spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut. Pasti kita ketahui apabila laptop kelebihan beban yang terjadi adalah laptop lemot. Apabila kalian ingin menjalankan program atau aplikasi yang jauh dari spesifikasi laptop yang kalian gunakan, saya sarankan kalian upgrade laptop kalian saja dari pada laptop yang kalian gunakan tidak dapat bekerja maksimal. Jadi, solusinya adalah upgrade laptop apabila ingin menjalankan program atau aplikasi yang berat.

0 Response to "Cara Mengatasi Laptop Lemot Dan Not Responding"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel