Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Cepat Cara Mengatasi Laptop Berhenti Di Logo Bios

Laptop berhenti di logo Asus

Sarjana Pedia - Laptop sudah menjadi teman keseharian orang - orang masa kini, dimana laptop digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Memang fungsi mesin adalah membantu dan mempermudah serta mempercepat pekerjaan manusia. Akan tetapi, mesin merupakan buatan manusia dimana pasti terdapat kekurangan dan kelemahan pada ciptaan manusia. Begitupun dengan laptop yang kita gunakan, kadang mendapat masalah dari yang tidak terlalu serius hingga serius. Pada kali ini, admin akan membahas mengenai masalah pada laptop yaitu dimana laptop stuck di logo merek laptop saja. Masalah ini tergolong ini umum, tetapi harus tetap kita perhatikan dengan serius.


Banyak sekali orang yang mengalami masalah ini, akan tetapi penyebabnya berbeda - beda. Admin juga pernah melakukan troubleshooting kasus ini, dimana laptop teman saya dilaporkan ke saya mengalami masalah. Laptop hanya berhenti di logo Asus saja dan waktu itu saya coba bongkar terlebih dahulu laptopnya dan mengecek kondisi komponen - komponen yang ada. Tetapi, tidak hanya di laptop Asus saja ya, bisa jadi laptop berhenti di logo acer, laptop berhenti di logo lenovo dan merek lainnya tergantung merek laptop. Setelah itu, saya coba lakukan proses troubleshooting.

Langkah Tepat Cara Memperbaiki Laptop Yang Stuck Di Logo Bios

Liat Kondisi Komponen, Terdapat Debu Atau Tidak

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah, mengecek seluruh komponen pada komputer ataupun laptop apakah terdapat debu atau tidak. Adanya debu yang menempel pada komponen komputer maupun laptop dapat membuat kinerja komponen tersebut terganggung, alhasil menimbulkan masalah. 

Jadi, apabila terdapat debu kalian dapat bersihkan komponen - komponen tersebut. Apabila sudah dibersihkan, kalian dapat memasangnya kembali komponen - komponen yang terdapat pada laptop atau komputer. Apabila tidak mendapatkan hasil kalian dapat melanjutkan langkah kedua.

Gosok Soket RAM Dengan Penghapus

Ini merupakan langkah yang paling umum, kalian dapat menggosok soket pada RAM dengan penghapus bersih. Gosok dengan hati - hati dan apabila sudah kalian gosok kalian dapat pasang RAM tersebut di berbeda tempat. Slot RAM yang terdapat pada mainboard laptop terdapat 2 dan slot RAM yang terdapat pada mainboard komputer terdapat 4 slot RAM atau lebih. Jika sudah, kalian coba apakah mendapat hasil atau tidak. Jika tidak, kalian dapat melanjutkan langkah selanjutnya.

Lakukan Reset CMOS

Langkah ini cukup mudah hanya saja, kalian harus tau terlebih dahulu seperti apa bentuk baterai CMOS dan lokasi CMOS yang terdapat pada mainboard laptop atau komputer kalian masing - masing. Terkadang posisi setiap baterai CMOS pada merek mainboard itu berbeda - beda.

Laptop Berhenti Di Logo Toshiba
Baterai CMOS Pada Mainboard Komputer

Gambar di atas adalah CMOS yang terdapat pada mainboard komputer, kalian dapat menemukan pada mainboard masing - masing. Nah, apabila yang bermasalah pada komputer kalian dapat mencabut baterai tersebut dengan cara menekan jumper pada lingkaran warna merah yang saya lingkari. Nah, kalau CMOS pada laptop berbeda ya dengan CMOS yang terdapat pada mainboard komputer. Bentuknya sama hanya saja terdapat bungkusan dan cara mencabutnya juga berbeda dengan CMOS yang terdapat pada komputer.

laptop berhenti di logo lenovo
Baterai CMOS Pada Mainboard Laptop
Nah, berbeda kan? Untuk lingkaran bewarna kuning tersebut adalah baterainya. Sedangkan lingkaran yang bewarna merah adalah jumpernya. Jadi, apabila kalian ingin mereset baterainya kalian mencabut kabel yang terdapat pada lingkaran bewarna merah. Apabila sudah dicopot maka kalian dapat memasangnya kembali.

Apabila reset CMOS tidak menghasilkan apapun kalian dapat melanjutkan kembali ke langkah selanjutnya di bawah ini.

Cek Harddisk Apakah Dalam Keadaan Baik - Baik Saja

Dalam masalah ini juga dapat berkaitan dengan harddisk. Mengingat sistem operasi yang terpasang tersimpan pada harddisk jadi, kita jangan melupakan komponen yang satu ini. Pastikan, harddisk yang digunakan tidak mengeluarkan suara yang berisik ataupun suara yang seperti adanya komponen yang rusak. Apabila harddisk mendapat masalah, maka sistem operasi tidak dapat dijalankan akan tetapi, pada umumnya setelah booting akan muncul notifikasi bahwa terdapat error pada bagian harddisk.

Cara mengeceknya kita tidak mungkin membongkar harddisk, sedangkan piringan harddisk harus tidak boleh terkena debu. Karena, apabila piringan harddisk terkena debu dapat menyebabkan goresan kecil yang dapat memunculkan masalah lebih besar contohnya, Bad Sector. Jadi, cara mengeceknya kalian dapat menggunakan harddisk lain dan kalian pasang pada komputer atau laptop kalian. Apabila dengan harddisk lain sistem operasi dapat berjalan maka, dapat disimpulkan bahwa penyebabnya adalah harddisk mengalami kerusakan.

Install Ulang Sistem Operasi

Langkah ini dapat menjawab masalah kalian. Penyebab laptop atau komputer stuck di logo bios karena adanya bagian inti sistem operasi yang crash atau terkena virus. Jadi, solusinya kalian dapat install ulang sistem operasi kalian. Walaupun terdapat fitur repair akan tetapi tetap saya sarankan untuk install ulang sekalian. Dengan melakukan install ulang, seluruh bagian inti sistem operasi di ganti dengan yang baru serta apabila terdapat virus yang bersarang di inti sistem operasi maka dapat hilang juga karena melalui proses format.

Itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan apabila laptop hanya stuck di logo merek laptop. Apabila kalian mengalami kebingungan kalian dapat komentar dibawah dan apabila berhasil kalian juga dapat berbagi pengalaman kalian melalui komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Solusi Cepat Cara Mengatasi Laptop Berhenti Di Logo Bios"