Ads

Cara Mengatasi Malware Cloud Net Di Komputer Dan Laptop


Halo sobat, kalian pasti sudah tidak asing dengan kata malware yang sudah sangat terkenal dan diketahui oleh pengguna komputer di seluruh dunia. Malware memiliki kepanjangan malicious software dan bertujuan untuk menyusup dan membuat file sistem utama tidak bekerja, malware dapat menyebar melalui email, aplikasi yang sumbernya tidak terpercaya, dan program yang terinfeksi oleh malware.

Gangguan komputer jenis malware ini bermacam - macam mulai dari virus, worm, trojan, rootkit, spyware, dan adware yang membuat jengkel pengguna komputer yang terinfeksi. Pada dasarnya, komputer terkena infeksi malware ini karena menginstall aplikasi dari sumber yang kurang jelas dan disisipkan malware untuk mencuri data dan informasi maupun merusak file sistem komputer khususnya windows.


Pengalaman Mengatasi Malware Cloud Net

Nah, aku mau berbagi pengalaman untuk kalian, belum lama ini laptop yang digunakan teman saya terkena malware dan adware yang membuat laptop yang digunakan oleh teman saya menjadi lemot dan terkena spam link yang membuat browser microsoft edge membuka sendiri secara terus menerus dan membajak browser lainnya yang digunakan teman saya seperti chrome dan firefox.

Malware ini bernama cloudnet, malware ini menginstall aplikasi secara otomatis dan membuat shortcut berisi link sebuah situs yang tidak jelas. Serta, membuat proses - proses di task manager menjadi sibuk. Selanjutnya, saya melakukan uninstall pada aplikasi - aplikasi yang terpasang secara otomatis tersebut, dan sempat hingga membuat layar laptop menjadi hitam


Apa Yang Saya Lakukan?

Sebelum langkah terakhir install ulang, saya melakukan beberapa tips dan mencoba untuk mencari solusi mengatasi malware selain install ulang.

1. Menggunakan ByteFence


Aplikasi anti malware ini memang di desain khusus oleh Byte Technologies untuk mengatasi berbagai malware, apabila komputer atau laptop kalian terkena malware ataupun jenis - jenis lainnya kalian dapat scan komputer atau laptop kalian menggunakan aplikasi anti malware ini.

Fitur - fitur yang terdapat pada bytefence ini banyak sekali seperti, quick scan yang akan memproses pendeteksian malware lebih cepat dan menghemat waktu, Real time scans for malware yang akan melakukan pengawasan terhadap gerak gerik malware.

2. Menggunakan SpyHunter 4


Aplikasi anti malware ini juga tidak kalah ampuhnya dengan bytefence, spyhunter ini juga didesain khusus untuk anti malware oleh enigmasoftware. Tidak hanya mendeteksi dan mengkarantina malware yang ada akan tetapi, Spyhunter akan menjelaskan apa nama malware dan efek dari infeksi malware tersebut serta tingkat bahanya untuk komputer dan laptop.

Seperti malware dari jenis adware hingga virus jenis ransomware yang sangat membahayakan bagi pengguna komputer dan mengancam data - data ataupun dokumen yang penting.

3. Melihat Proses Yang Berjalan Dan Mencurigakan

Setelah saya melakukan kedua 2 langkah di atas, alhamdullilah laptop teman saya sudah berkurang seperti lemot dan aplikasi yang terinstall sendiri hilang, serta shortcut link yang terbuat sendiri juga hilang. Akan tetapi, masalah browser microsft edge terbuka sendiri dan redirect ke sebuah situs yang tidak jelas masih tetap saja belum solved.

Saya mencoba membuka task manager dan melihat proses yang berjalan lalu saya melihat ada 1 proses yang mencurigakan "cloud.exe", saya cek di control panel dan terlihat aplikasi CloudNet yang terpasang padahal teman saya tidak mengenali aplikasi tersebut.

Setelah itu, saya mencoba uninstall aplikasi CloudNet melalui control panel akan tetapi tidak dapat terhapus. Saya berpikir ini lah penyebab browser microsoft edge terbuka sendiri.

4. Menggunakan Revo Uninstaller

Aplikasi ini akan me-uninstall sebuah software hingga sampai akar - akarnya. Saya mencoba menghapus aplikasi CloudNet menggunakan Revo Uninstaller Pro dan alhasil CloudNet dapat terhapus dari laptop teman saya. Akan tetapi, masih saja browser sering muncul - muncul sendiri.

5. Menghapus Paksa Proses Setup/Uninstall 32

Tidak hanya itu, ternyata terdapat beberapa proses yang asing dan saya buka lokasi file tersebut berjalan ternyata mengarah ke sebuah aplikasi dan sebuah file temporary yang tidak dikenali. Saya end task terlebih dahulu proses Setup/Uninstall 32 dan saya hapus permanent aplikasi tersebut. Alhasil proses tersebut tidak berjalan lagi dan yang tadinya browser tersebut muncul secara sering sekarang sudah berkurang.

6. Terpaksa Install Ulang

Langkah terakhir saya merekomendasikan untuk install ulang saja kepada teman saya. Ternyata CloudNet masih tetap saja berjalan walaupun sudah terhapus, cloud.exe tersimpan di sebuah folder berbentuk shortcut link bernama csrss. Akhirnya saya install ulang dan laptop teman saya kembali normal. Walaupun, browser muncul sendiri tidak sudah jarang sekali akan tetapi saya bilang kepada teman saya apabila nanti malware ini akan kambuh lagi dan membuat jengkel.

Beberapa langkah di atas dapat kalian coba pada komputer atau laptop kalian yang terkena malware bernama CloudNet. Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga artikel ini dapat menjadi solusi untuk permasalahan kalian. Apabila kalian memiliki pengalaman mengatasi artikel ini, kalian dapat komentar di bawah agar membantu para pembaca yang mengalami kesusahan.

1 Response to "Cara Mengatasi Malware Cloud Net Di Komputer Dan Laptop"

  1. Keep these questions in the back of your head whilst looking for your perfect match.
    Best 2 in 1 laptop (2019 updated)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel