Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar C++ Part 8 (Pointer)

Belajar C++ Pointer

Pointer merupakan variabel yang menyimpan alamat memori dari sebuah variabel yang di deklarasikan menggunakan bahasa C++. Pointer ini berbeda dengan variabel pada umumnya yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai yang memiliki tipe data. Apabila, kita ingin menyimpan nilai dari angka 5 pada variabel "angka" maka kita dapat tulis seperti dibawah.

int angka = 5;

Sedangkan, untuk pointer menyimpan alamat dari variabel "angka" bukan nilai dari angka ataupun nilai lainnya. Sehingga, perbedaan antara pointer dan variabel adalah ada pada fungsinya. Dimana variabel bertujuan untuk menyimpan nilai dengan tipe data tertentu, sedangkan pointer bertujuan untuk menyimpan alamat dari suatu variabel di dalam memori. Beriku program c++ pointer beserta penjelasannya.

Sebelum masuk ke penulisan program, ada beberapa hal yang harus teman - teman ketahui terlebih dahulu. Cara penulisan pointer adalah menggunakan simbol "&" di setiap variabel yang ingin diketahui alamat memorinya. Contohnya seperti dibawah ini.

cara dan contoh deklarasi pointer pada string c++

Gambar diatas merupakan cara mengetahui alamat dari variabel "angka" dengan cara menambahkan simbol "&" sehingga output dari program tersebut bukanlah "5" akan tetapi alamat dari memori tersebut. 

cara dan contoh deklarasi pointer pada string c++

Penulisan pointer pun juga dapat dilakukan seperti gambar diatas. Dimana hasil dari pointer akan ditampung dalam bentuk string. Tujuannya sama, hanya saja variabel pointer menyimpan alamat memori dalam bentuk string. Berikut adalah full program dari pointer, semoga tutorial singkat ini dapat bermanfaat.

#include <iostream>

using namespace std;

int main() {
    // Write C++ code here
    string makanan = "Bakso";
    string* pointer = &makanan;
    
    cout << pointer;
}

Post a Comment for "Belajar C++ Part 8 (Pointer)"