Ads

Cara Memperbaiki Crawl Errors Pada Google Webmaster

Cara Memperbaiki Crawl Errors Pada Google Webmaster - Pada artikel kali ini, Sarjana Pedia tidak akan membahas tentang masalah yang terdapat pada komputer ataupun berkaitan dengan tips komputer. Akan tetapi, Sarjana Pedia kali ini akan memberikan tips bagi kalian yang memiliki website atau blog.

Membuat dan mengembangkan hingga membuat sukses sebuah blog sangat tidak mudah. Diperlukan konsisten dan semangat dalam membuat konten, melakukan riset keyword, menentukan niche blog atau website, menerapkan SEO pada blog atau website baik seo offpage maupun onpage, membuat tampilan blog agar lebih menarik, dan masih banyak lagi hal yang harus dilakukan agar website atau blog berkembang dan sukses.

Adanya permasalahan atau hambatan dalam meraih kesuksesan merupakan hal yang wajar dan itu bersifat alami. Seperti dalam hal blogging, pasti sering sekali mendapat masalah. 

Kalian tidak perlu bingung ataupun menyerah karena mendapati hambatan dalam blogging. Selalu berpegang teguh pada peribahasa "1000 Masalah Terdapat 1 Juta Solusi" artinya, seberapa besar masalah yang kita hadapi pasti akan terdapat solusi apabila kita mau berusaha dengan keras menyelesaikan masalah tersebut.

Itu tadi motivasi sedikit hehe, kita lanjut ke permasalahan yang akan kita pecahkan. Sebelum ke problem dan solved kita harus berkenalan terlebih dengan bot crawler.

Cara Mengatasi Crawl Errors Di Google Webmaster


Crawler adalah program yang berbentuk seperti bot atau spider yang digunakan untuk menemukan dan memindai situs secara otomatis dan mengikuti link dari satu halaman ke halaman lainnya. Crawler utama yang terdapat pada mesin pencari Google adalah GoogleBot

Proses perayapan pada halaman web disebut Crawling, nah hasil dari crawling inilah nantinya akan disimpan ke database Google dan proses penyimpanan dari hasil crawling ke database disebut Indexing.




Tetapi, dalam proses crawling ke halaman website terkadang terdapat broken link atau link rusak yang terdeteksi oleh bot crawler. Contohnya, link tersebut mengarahkan ke halaman 404 not found. Maka, kita selaku pemilik website atau blog tersebut harus segera melakukan maintenance terhadap link yang rusak tersebut.


Apakah Berefek Pada SERP?

Pastinya akan ada dampak negatif dengan adanya broken link yang terdapat pada website atau blog kita. Bisa saja, nantinya blog atau website kita terkena pinalti dari Google.

Maksudnya pinalti dari Google itu apa ya?

Apabila website atau blog kita terkena pinalti, berarti website kita dianggap website spam oleh mesin pencari Google. Tentunya imbasnya website kita sulit untuk muncul di pageone ataupun pengindeksan kepada website kita. Lalu, tentunya pengunjung tidak akan mungkin menjangkau website kita.

Solusi Untuk Mengatasi Crawl Errors Di Blogger Bagaimana?

Sarjana Pedia akan memberikan solusinya untuk mengatasi broken link yang terjadi pada blog.

Langkah Pertama, kalian harus mempunyai website atau blog yang telah terdaftar di Google Webmaster. Apabila belum, kalian harus mendaftarkan terlebih dahulu website atau blog kalian ke Google Webmaster

Langkah Kedua, Setelah masuk ke Google Webmaster kalian pilih website atau blog kalian yang terdapat crawl errors tersebut.



Langkah Keempat, Masuk ke menu Crawl Errors untuk melihat apakah terdapat pada broken link pada blog kita atau tidak.



Langkah Kelima, Kita akan melihat beberapa URL yang terdeteksi oleh bot crawler. Bahwa, URL tersebut tidak rusak berstatus 404 not found baik melalui website ataupun melalui device smartphone. Kita dapat melihat beberapa URL yang rusak seperti gambar dibawah ini.



Langkah Keenam, Berikan semua tanda checklist pada URL yang error.



Langkah Ketujuh, Jika sudah klik MARK AS FIXED.



Langkah Kedelapan, Check kembali setiap 1 minggu sekali untuk mengetahui apakah ada broken link kembali atau tidak.

Langkah Kesembilan, apabila dalam 1 minggu terdapat broken link yang terdeteksi kembali dan broken link tersebut sama dengan minggu yang lalu. Kalian harus menghapus link tersebut. Tetapi apabila tidak terdapat broken link, kalian dapat berhenti sampai langkah ini.

Langkah Kesepuluh, Kalian dapat menuju menu Google Index > Remove URLs.


Langkah Kesebelas, Klik Temporary Hide dan isi URL yang bermasalah. Jika sudah, klik Continue > Submit Request. Selesai.

0 Response to "Cara Memperbaiki Crawl Errors Pada Google Webmaster"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel