Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu SSH? Lalu Bagaimana Cara Kerja SSH?


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang SSH. Anda pasti pernah mendengar tentang SSH. Ya, anda juga tidak asing lagi dengan internet gratis, dengan mengakses internet tanpa kuota atau hanya dengan meng-errorkan paket. SSH dijadikan salah satu sarana akses internet gratis yang sangat populer dan tidak kalah dengan VPN. SSH menurut saya mempunyai fungsi yang hampir sama seperti VPN walaupun terdapat perbedaan yang mendasar. Yuk mari kita simak Apa Itu SSH?

Apa Itu SSH?


Lalu, apa itu SSH? SSH memiliki kepanjangan Secure Shell adalah sebuah protokol jaringan yang menggunakan teknologi kriptografi untuk mengamankan komunikasi data antar muka baris perintah. Jadi, jika terdapat sebuah jaringan yang melalui SSH dan saling berkomunikasi maka dapat dipastikan mereka berkomunikasi di jaringan yang aman dari pencurian data atau penyadapan.

SSH dirancang untuk menggantikan telnet serta remote shell yang lainnya. Karena remote shell selain ssh mengirim data seperti kata sandi berbentuk teks tidak di enkripsi seperti SSH. SSH biasanya terdapat di sistem operasi linux atau unix. Akan tetapi, sekarang SSH di sistem operasi windows juga ada, seperti PuTTY,Bitvise SSH Client,dll.

SSH juga dapat digunakan pada jaringan publik seperti wifi, anda hanya perlu menghubungkan koneksi dari wifi ke server SSH dengan aplikasi SSH client. Lalu, jika sudah terhubung ke server SSH maka IP Address anda akan berubah dan lokasi tempat anda mengakses internet juga akan berubah. Jika anda menggunakan SSH server kanada maka lokasi dan IP Address anda akan diarahkan ke server SSH tersebut berada.

Cara Kerja SSH




Nah, video diatas menggambarkan bagaimana cara ssh bekerja dari client login ke server hingga bagaimana cara client terhubung dengan SSH server. 

Manfaat SSH

Apapun yang diciptakan di dunia ini pasti mempunyai sisi positif dan manfaat, begitupun dengan SSH. Di bawah ini beberapa manfaat dari menggunakan SSH, yaitu :
  • Alamat kita tersamarkan
  • Browsing melalui proxy yang terenkripsi
  • Menjaga Privasi
  • Terhindar dari serangan sniff

Bagaimana anda sudah tau SSH dan cara kerjanya kan? anda dapat berkomentar apabila ada yang kurang dari artikel ini atau anda dapat membagikan artikel ini jika artikel ini bermanfaat bagi anda. Sehingga, teman - teman anda juga mendapat manfaat dari artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel saya.

Post a Comment for "Apa Itu SSH? Lalu Bagaimana Cara Kerja SSH?"