Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengetahui Jenis Harddisk GPT Atau MBR Tanpa Aplikasi Bantuan

Cara Mudah Mengetahui Jenis Harddisk GPT Atau MBR Tanpa Aplikasi Bantuan

Beberapa waktu yang lalu, admin hendak melakukan dual boot ke laptop admin yang notabene sudah terdapat sistem operasi Windows 10. Akan tetapi admin mendapati masalah yang cukup membingungkan karena masalah ini pertama kali untuk admin. Admin ketika sudah memasuki tahap installer, admin tidak dapat melakukan instalasi sistem operasi Ubuntu.

Admin mencari tahu penyebabnya dan akhirnya ketemulah penyebab dari gagalnya instalasi sistem operasi ke-2 (Ubuntu). Penyebabnya adalah sistem partisi yang digunakan admin waktu itu adalah MBR.

Pada dasarnya sistem penyimpanan komputer terdapat 2 jenis partisi, yaitu GPT dan MBR. GPT merupakan kepanjangan dari GUID Partition Table yang mana sistem ini merupakan sistem partisi yang menjawab kekurangan dari MBR (Master Boot Record). MBR memiliki kekurangan pada kapasitas dan jumlah primary partisi yang ada, MBR hanya memliki 4 primary partisi saja.

Sedangkan untuk kelebihan GPT kapasitas yang lebih besar dan memiliki kapasitas 128 partisi. Penyebab masalah waktu itu, ternyata jumlah partisi yang digunakan sudah sebanyak 4. Sehingga tipe MBR tidak mampu untuk membaca partisi selanjutnya.

Lalu, bagaimana cara mengetahui jenis partisi sistem penyimpanan GPT atau MBR di Windows 10?

1. Buka Disk Management dengan menekan tombol Windows + X.
2. Pilih Disk Management.
3. Klik kanan pada Disk yang ingin kalian cek dan pilih Properties.
4. Lalu, pilih Volumes dan pada Partition Styles terdapat keterangan MBR atau GPT.

Sekian, tutorial singkat dari Sarjana Pedia.


1 comment for "Cara Mudah Mengetahui Jenis Harddisk GPT Atau MBR Tanpa Aplikasi Bantuan"