Ads

Tingkatkan Keuntungan Bisnis Dengan Menggunakan Teknologi Business Intelligence System

Tingkatkan Keuntungan Bisnis Dengan Menggunakan Teknologi Business Intelligence System - Hadirnya teknologi yang berkembang di bidang manapun, menjadikan bidang tersebut semakin maju dan meningkatkan keuntungan berkat bantuan teknologi. Pada dasarnya, teknologi bertujuan untuk membantu pekerjaan manusia dan menghemat waktu lebih banyak serta meningkatkan produksi. Di bidang bisnis pun sekarang terdapat teknologi yang dapat membantu menganalisa sebuah bisnis serta membantu untuk membuat keputusan jangka pendek maupun jangka panjang. Teknologi tersebut biasa di kenal dengan nama Business Intelligence System.

Manfaat Menggunakan Business Intelligence System

Hadirnya teknologi business intelligence ini memberikan dampak yang sangat besar bagi perkembangan bisnis di sebuah perusahaan maupun bukan perusahaan. Fitur yang ditawarkan dari aplikasi business intelligence ini sangat banyak dan salah satu manfaat yang paling menonjol ketika menggunakan teknologi business intelligence ini adalah membantu dalam menentukan keputusan (Decision Support System). Akan tetapi, syarat untuk menghasilkan informasi yang akurat dari teknologi business intelligence ini adalah data yang diberikan kepada aplikasi business intelligence juga harus akurat. Lalu, apa sih business intelligence system menurut para ahli? Langsung saja, Sarjana Pedia akan membahas sedikit mengenai Business Intelligence System.

Apa Itu Business Intelligence System?

Menurut Nadia Brannon, Business Intelligence merupakan kategori yang umum digunakan untuk aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menganalisa, menyimpan, dan menyediakan akses pada data agar dapat membantu pengguna dari kalangan perusahaan agar dapat mengambil keputusan dengan lebih baik dan akurat. Pada umumnya solusi yang disediakan oleh business intelligence berupa sumber - sumber data dimana data yang sifatnya transaksional dikumpulkan, data warehouse/data marts, reporting dan alat visualisasi, seperti analisis prediksi dan modeling.

Sedangkan menurut Howard Dresner, dia menggambarkan istilah tersebut sebagai seperangkat konsep dan metode yang berguna untuk meningkatkan kemampuan pembuatan keputusan dengan bantuan sistem yang berbasiskan fakta atau realita yang terjadi.

Edward David, mengatakan bahwa Business Intelligence adalah suatu cara untuk mengumpulkan, menyimpan, mengorganisasikan, membentuk ulang, meringkas data serta menyediakan informasi, baik berupa data aktivitas bisnis internal perusahaan, maupun data aktivitas bisnis eksternal perusahaan termasuk aktivitas bisnis para pesaing yang mudah diakses serta dianalisis untuk berbagai kegiatan manajemen. 

Kemudian menurut Stefan Adhi Nugroho, Business Intelligence adalah rangkaian aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyuguhkan akses data untuk membantu petinggi perusahaan dalam pengambilan keputusan. 

Selain itu menurut DJ Powers, mengatakan bahwa Business Intelligence menjelaskan tentang suatu konsep dan metode bagaimana untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan bisnis berdasarkan sistem yang berbasiskan data. 

Lebih sederhananya lagi, teknologi Business Intelligence System ini akan mengolah data  mentah yang diinputkan oleh pengguna ke sebuah aplikasi berjenis BIS. Setelah itu, hasil olahan tadi akan di tampilkan dalam bentuk informasi kepada pengguna.

Manfaat Menggunakan Teknologi Business Intelligence System

Adapun beberapa manfaat yang lebih besar ketika melibatkan teknologi business intelligence system di sebuah bisnis.
  • Mengetahui Perkembangan Bisnis 
Melibatkan teknologi Business Intelligence System sangat berguna untuk memantau perkembangan bisnis yang di jalankan. Apakah bisnis yang dilakukan bernilai profit atau tidak, dapat dilihat dari laporan dalam bentuk informasi dan dapat dibandingkan dengan bulan sebelumnya atau tahun sebelumnya.

  • Memudahkan Pemantauan Kinerja Organisasi

Dalam mengukur kinerja suatu organisasi seringkali dipergunakan ukuran yang disebut Key Performance Indicator (KPI). KPI tidak melulu diukur dengan satuan uang, namun dapat juga berdasarkan kecepatan pelaksanaan suatu layanan. BI dapat dengan mudah menunjukkan capaian KPI suatu organisasi dengan mudah, cepat dan tepat. Dengan demikian akan memudahkan pihak-pihak yang terlibat dalam pengambilan keputusan untuk menentukan langkah-langkah antisipasi yang diperlukan. 
  • Meningkatkan Nilai Investasi TI Yang Ada
BI tidak perlu/harus mengubah atau menggantikan sistem informasi yang sudah digunakan sebelumnya. Sebaliknya, BI hanya menambahkan layanan pada sistem-sistem tersebut sehingga data dan informasi yang sudah ada dapat menghasilkan informasi yang komprehensif dan memiliki kegunaan yang lebih baik.
  • Menciptakan Pegawai Yang Memiliki Akses Informasi Yang Baik (well-informed  workers)
Dalam melaksanakan pekerjaannya sehari-hari, seluruh level dari suatu organisasi (mulai dari pegawai/bawahan sampai dengan pimpinan) selalu berkaitan dan/atau membutuhkan akses data dan informasi. BI mempermudah seluruh level pegawai dalam mengakses data dan informasi yang diperlukan sehingga membantu membuat suatu keputusan. Jika kondisi seperti ini tercapai, maka misi dan strategi organisasi yang sudah ditetapkan dapat dengan lebih mudah terlaksana serta terpantau tingkat pencapaiannya. 
  • Meningkatkan Efisiensi Biaya
BI dapat meningkatkan efisiensi karena mempermudah seseorang dalam melakukan pekerjaan : 
hemat waktu dan mudah pemanfaatannya. Waktu yang dibutuhkan untuk mencari data dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan menjadi semakin singkat dan cara untuk mendapatkannya pun tidak memerlukan pengetahuan (training) yang rumit. Dengan demikian training-training yang bisanya sering dilakukan dengan biaya yang cukup besar, dapat dihemat sedimikian rupa. 

Kesimpulan

BI dapat diartikan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari hasil analisis data yang diperoleh dari kegiatan suatu organisasi. Business Intelligence biasanya dikaitkan dengan upaya untuk memaksimalkan kinerja suatu organisasi melalui pemilihan strategi bisnis yang tepat. Business Intelligence System merupakan istilah yang umumnya digunakan untukjenis aplikasi ataupun teknologi yang digunakan untuk membantu kegiatan Business Intelligence, seperti mengumpulkan data, menyediakan akses, serta menganalisa data dan informasi mengenai kinerja organisasi. Berbagi kelebihan dalam penerapan BI, yaitu untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis dan menyediakan akses ke data guna membantu pengguna mengambil keputusan secara akurat dengan melakukan berbagai aktivitas diantaranya, sistem pendukung keputusan, query, reporting, online analytical processing (OLAP), analisa statistik, forecasting, dan data mining untuk analisa data. 

0 Response to "Tingkatkan Keuntungan Bisnis Dengan Menggunakan Teknologi Business Intelligence System"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel