Ads

Kelebihan Employee Self Service Dalam Pengelolaan Karyawan Dengan Software HR Terbaik

Employee Self Service , Apa Keunggulannya?

Manfaat Employee Self Service
Employee Self Service (ESS) mungkin masih belum begitu familiar di Indonesia. Hal ini terjadi karena masih sebagian saja perusahaan yang sudah menerapkannya. Menurut pengertiannya, Employee Self Service (ESS) adalah fitur dari software HRIS milik perusahaan yang memungkinkan karyawan untuk mengakses data karyawan secara mandiri.
Fitur ini sangat bermanfaat karena karyawan tidak perlu repot datang ke departemen HR hanya untuk izin cuti, sakit, pengajuan lembur, klaim reimbursement, bahkan untuk absensi. Semua hal terkait dengan karyawan dan tim HR dapat dilakukan secara online melalui gadget seperti laptop, komputer, tablet atau smartphone masing-masing karyawan. Dengan begitu, akan lebih hemat waktu dan tidak perlu mengantri hanya untuk menemui tim HR. Tidak hanya efisien waktu, berikut adalah beberapa keunggulan Employee Self Service (ESS) karyawan di Indonesia yang perlu diketahui.

Keunggulan Employee Self Service (ESS)

Karyawan milenial dan generasi Z saat ini sudah sangat lekat dengan teknologi dan gadget. Jadi, akan semakin termotivasi bekerja, apabila perusahaan menerapkan metode Employee Self Service (ESS) dalam membina hubungan baik antara perusahaan dan karyawan secara online dan mandiri. Berikut adalah keuntungan serta  manfaat dari Employee Self Service  (ESS).

1. Perubahan Data Karyawan Secara Mandiri

Daripada repot memasukkan data karyawan satu per satu yang membutuhkan waktu lama karena dilakukan hanya oleh segelintir karyawan. Mengapa tidak meminta karyawan mengubah data dan informasi pribadi mereka sendiri?
Terkait alamat, jabatan saat ini, pengalaman kerja dan sebagainya, tentu akan lebih akurat jika diisi oleh si karyawan tersebut. Selain itu, dalam waktu yang hampir bersamaan, data ribuan karyawan sudah dapat diperbarui. Proses pembaruan data karyawan ini tentu sangat efektif dan efisien ketimbang proses input manual oleh beberapa tim HR.

2. Pengajuan Cuti dan Ijin Secara Real-Time

Karyawan yang ingin mengajukan cuti karena keperluan keluarga mendadak, atau ijin sakit tidak perlu repot mengurus ke kantor atau datang ke perusahaan. Hanya mengisi formulir pengajuan cuti dan ijin sakit secara online di aplikasi HR, dan nantinya tim HR dapat segera memberikan persetujuan langsung.
Bayangkan, berapa banyak penghematan yang bisa dilakukan oleh perusahaan? Perusahaan tidak perlu membeli kertas, tinta printer, menghemat biaya pemakaian perangkat elektronik seperti komputer atau printer, bahkan sangat menghemat waktu bagi setiap orang. Karyawan juga tidak perlu bertanya-tanya apakah formulir mereka sudah disetujui atau belum. Karena data formulir dapat dilihat langsung secara real-time melalui aplikasi HR.

3. Menjaga Keamanan Data

Bagi perusahaan, keamanan data karyawan dan informasi terkait payroll akan sangat krusial. Penyimpanan data karyawan dalam satu dekade terakhir sudah menggunakan sistem database yang berbasis tanpa kertas dan bisa diakses online. Sama halnya, dengan metode Employee Self Service, perusahaan akan lebih mudah mengawasi siapa saja yang telah mengakses data, termasuk mengelola data karyawan untuk catatan kehadiran karyawan.
LinovHR yang menjadi salah satu Software HR Terbaik di Indonesia terbaik dapat membantu tim HR dalam mengelola administrasi dan pengelolaan data karyawan secara lebih aman, praktis dan otomatis. Karyawan bisa menggunakan Employee Self Service tanpa perlu merepotkan tim HR dalam pengajuan cuti, izin sakit, lembur dan sebagainya. Kinerja tim HR lebih produktif dan efisien. Untuk mendapatkan trial LinovHR secara gratis, contact tim sales LinovHR sekarang juga.

0 Response to "Kelebihan Employee Self Service Dalam Pengelolaan Karyawan Dengan Software HR Terbaik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel