Ads

Cara Mengatasi Penggunaan Disk 100% Di Windows 10

Cara Mengatasi Penggunaan Disk 100% Di Windows 10 - Pernah tidak ketika kalian menyalakan komputer atau laptop. Tiba - tiba tanpa sebab atau kalian belum membuka satu aplikasipun komputer kalian mengalami hang hingga menyebabkan not responding dan sistem operasi kalian freeze.

Setelah di cek melalui task manager ternyata penyebabnya Disk Usage 100%. Padahal, kita belum membuka aplikasi satupun bahkan kita belum sempat mengakses file atau yang lainnya. Inipun terkadang tidak hanya terjadi 1 kali ataupun 2 kali, tetapi yang lebih parah bisa terjadi setiap kita menghidupkan komputer.

Akibatnya, apabila kita memaksa untuk menjalankan aplikasi. Maka, aplikasi yang kita buka pun akan mengalami not responding dan kita harus menunggu lama hingga aplikasi tersebut terbuka. Ini dikarenakan harddisk sedang bekerja keras mengerjakan sesuatu hingga indikator disk usage mencapai 100% dan tidak ada free space untuk aplikasi lain.

Penyebab Disk Usage 100%

Penyebabnya pun bermacam - macam dan masalah ini tergolong umum, karena banyak orang yang mengalami masalah ini dan tidak sedikit orang yang mencari solusi ke internet. Nah, kali ini Sarjana Pedia akan memberikan beberapa tips cara mengatasi penggunaan disk 100% di Windows 10.

Sebelum masuk ke cara memperbaiki proses disk usage 100% di Windows 10, kalian harus mengetahui beberapa penyebab umum yang memicu munculnya masalah penggunaan disk 100%. 

Penyebab Disk Usage 100%

Di bawah ini ada beberapa penyebab kenapa kinerja harddisk mencapai 100%. Walaupun terkadang setiap masalah ini penyebabnya berbeda - beda hingga penyebab yang paling fatal kondisi harddisk memang sudah tidak sehat. Sehingga, tidak mampu mengerjakan proses yang berat. Nah, lalu apa saja penyebab penggunaan disk 100%?

1. Terdapat Virus Yang Menginfeksi Komputer

Virus komputer tentu kita sudah tidak asing lagi karena, masalah virus ini sudah menjadi topik pembicaraan setiap tahunnya. Setiap virus memiliki metode serangan yang bermacam - macam karena, virus memiliki banyak jenis. Contohnya virus malware, virus ransomware, virus trojan, virus adware, dan masih banyak lagi.

Salah satu akibat dari adanya virus yang bersarang di komputer ini menyebabkan komputer lemot dikarenakan virus tersebut menjalankan sebuah proses tanpa persetujuan pengguna. Sehingga, kita tanpa membuka aplikasi pun indikator disk usage menjadi 100%.

Maka dari itu, kalian harus mengidentifikasi terlebih dahulu apakah terdapat virus yang bersarang atau tidak. Kalian dapat mencari atau mendeteksi keberadaan virus tersebut menggunakan antivirus. Untuk aplikasi antivirusnya, kalian dapat mencari di Google karena banyak sekali antivirus baik yang gratis ataupun berbayar untuk menumpas virus.

2. Kondisi Harddisk Sudah Tidak Sehat

Kondisi harddisk juga dapat menentukan kinerja dari komputer tersebut. Karena harddisk digunakan untuk menyimpan data - data secara permanent. Jadi, apabila kondisi harddisk sudah tidak baik maka banyak sekali kendala yang ditimbulkan salah satunya disk usage 100%.

Tetapi, sangat jarang sekali penyebabnya adalah kondisi harddisk. Karena, yang paling menonjol ketika kondisi harddisk sudah tidak baik akan menyebabkan bad sector. Sehingga, data dan file yang terdapat pada harddisk tersebut akan mengalami corrupt atau dapat kita sebut file rusak. Sehingga secara permanen tidak dapat di akses kembali.

3. Banyaknya Proses Yang Berjalan Di Balik Layar

Proses yang berjalan di balik layar juga dapat menjadi penyebab disk usage 100%. Proses ini berjalan karena aplikasi - aplikasi tertentu atau beberapa sistem yang berjalan. Tetapi, untuk sistem sebisa mungkin jangan di end task karena akan mempengaruhi kinerja sistem operasi.

Di atas ada 3 penyebab umum masalah ini. Jika ada penyebab lain yang kalian ketahui, kalian dapat berbagi melalui kolom komentar di bawah. Selanjutnya, ada beberapa langkah untuk mengatasi masalah komputer yang satu ini.


Cara Mengatasi Disk Usage 100%

1. Deteksi Virus Dan Karantina Virus

Kalian dapat membaca artikel rekomendasi antivirus terbaik dari Sarjana Pedia. Setelah itu, pasang antivirus tersebut dan lakukan scan ke seluruh media penyimpanan yang ada pada komputer. Sebelumnya sudah admin jelaskan bahwa virus dapat menghambat kinerja komputer dengan menjalankan proses - proses tanpa persetujuan pengguna.

Maka dari itu, satu - satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah menggunakan antivirus untuk mengkarantina virus - virus yang ada. Karena, apabila dibiarkan begitu saja selain membuat penggunaan disk 100% juga dapat mengundang virus yang lebih berbahaya lagi untuk menginfeksi komputer korban.

2. Matikan Service Superfetch

SuperFetch merupakan teknologi I/O yang terdapat pada sistem operasi Windows Vista dan memiliki fungsi memuat aplikasi yang sering digunakan dan proses tersebut dimasukkan ke memori agar mengurangi waktu pemuatan aplikasi tersebut. Versi yang terbaru yang lebih canggih lagi adalah prefetcher. Fitur prefetcher terdapat pada sistem operasi Windows XP.

Sumber : Wikipedia

Cara menonaktifkan fitur ini cukup mudah, caranya,

  • Buka Command Prompt melalui kotak Run dengan menekan tombol kombinasi pada keyboard Windows + R. Setelah itu, ketikkan cmd dan klik OK.
  • Setelah itu akan terbuka Command Prompt dan ketikkan perintah "net.exe stop superfetch" dan tekan Enter. Setelah itu, tunggu proses selesai hingga muncul notifikasi "The Superfetch service was stopped successfully".
  • Jika sudah, lakukan check disk dengan mengetikkan perintah "chkdsk.exe /f/r" pada command prompt. Setelah itu tekan Enter dan pilih "Y" untuk restart komputer.
Apabila superfetch tidak dapat di hentikan melalui command prompt. Dapat dilakukan cara lain dengan menggunakan fitur services.msc. Caranya,
  • Buka kotak Run dengan menekan tombol kombinasi pada keyboard Windows + R. Selanjutnya, ketikkan "services.msc".
  • Setelah itu, kalian akan melihat banyak sekali service dan kalian cari service yang bernama Superfetch seperti gambar di bawah ini.
memperbaiki disk usage 100%

  • Setelah itu kalian klik Stop untuk menghentikan proses superfetch.
3. Nonaktifkan Windows Search

Windows search merupakan fitur yang ada pada Windows 10. Ternyata, fitur ini terdapat bug yang bernama "search loop" sehingga disk usage menjadi meningkat karena fitur ini melakukan looping terus menerus. Untuk cara menonaktifkan fitur windows search dapat mengikuti langkah di bawah ini.
  • Pertama buka services.msc melalui kotak Run. Caranya tekan tombol kombinasi di keyboard Windows + R.
  • Setelah itu akan terbuka kotak Run dan ketikkan "services.msc" dan klik Ok.
  • Selanjutnya, kalian cari fitur Windows Search dan klik Stop untuk menghentikan proses tersebut.
Windows Search

4. Nonaktifkan Fitur Background Intelligence Transfer Service
  • Caranya sama, kita harus membuka services.msc melalui kotak run, dengan menekan tombol kombinasi di keyboard Windows + R.
  • Setelah itu cari fitur Background Intelligence Transfer Service dan klik Stop.
  • Maka proses secara otomatis akan berhenti secara permanen.

5. Install Ulang Sistem Operasi Windows 10

Ini cara yang cukup ampuh dengan mengganti seluruh file sistem sistem operasi Windows 10 dengan file sistem yang baru. Tentu kondisi sistem operasi akan menjadi lebih fresh atau sistem - sistem yang ada tidak ada yang rusak ataupun korup. Tetapi, sebelum melakukan install ulang kalian harus membackup data - data terlebih dahulu.

Apabila setelah install ulang kondisi komputer masih disk usage 100%. Maka satu - satunya solusi kalian harus ganti perangkat penyimpanan harddisk. Lebih bagus lagi, kalian upgrade tempat penyimpanan tersebut dengan SSD atau tempat penyimpanan versi terbaru. Karena sudah tentu masalahnya ada di harddisk apabila setelah install ulang hasilnya nihil.

Kesimpulan

Ada berbagai faktor yang menyebabkan disk usage 100% mulai dari sistem operasi hingga perangkat keras yang rusak. Kalian dapat melakukan identifikasi terlebih dahulu dengan melihat proses - proses yang berjalan. Jika sudah mengidentifikasi lakukan pencegahan dengan mengikut langkah - langkah di atas. Terima kasih, semoga artikelnya bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Penggunaan Disk 100% Di Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel