Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Terhenti di Android Secara Tiba - Tiba

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Terhenti di Android Secara Tiba - Tiba - Berbagi pengalaman lagi, kali ini Sarjana Pedia akan berbagi pengalaman mengenai aplikasi yang terhenti secara tiba - tiba. Penyebabnya pun tidak dapat kita simpulkan langsung, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab utama. Tetapi, apabila kita lihat rata - rata penyebabnya karena berhubungan dengan penuhnya penyimpanan baik volatile maupun non-volatile. Lalu, apa sebenarnya penyebab aplikasi yang terhenti secara tiba - tiba dan bagaimana cara mengatasi aplikasi yang terhenti tersebut. Paling umum penyebabnya adalah karena smartphone sudah jadul dan menimbulkan lemot disitulah perangkat smartphone tidak mampu menjalankan aplikasi dengan sempurna.

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Terhenti di Android Secara Tiba - Tiba

Tetapi, masalah aplikasi terhenti di smartphone android ini tergolong masalah umum, menurut admin tingkat masalah ini rendah menengah. Karena, persentase berkaitan dengan hardware di smartphone kecil sekali dan cara mengatasinya pun tidak perlu ribet - ribet. Jika admin lihat, masalah aplikasi terhenti tiba - tiba ini tidak ada kaitannya dengan adanya virus yang bersarang di smartphone. Karena, virus menyerang ke data - data penting pengguna jadi persentase adanya virus di smartphone ini cukup kecil.

Cara Mengatasi "Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti" Di Android

Biasanya apabila muncul masalah aplikasi terhenti pasti terdapat notifikasi berupa tulisan "Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti" dan notifikasi timbul di seluruh aplikasi yang telah berhenti dengan sendirinya. Tentunya ini sangat menganggu dan harus kita perbaiki sesegera mungkin. Oh iya, terkadang aplikasi yang berhenti tersebut setiap orang dapat berbeda - beda. Bisa aplikasi facebook, instagram, atau lainnya yang tentunya aplikasi tersebut terpasang di smartphone kalian. Nah, di bawah ini adalah beberapa penyebab umum aplikasi berhenti tiba - tiba di android.
  • Aplikasi tidak up to date.
  • Aplikasi tidak kompatibel dengan sistem operasi yang digunakan smartphone.
  • Spesifikasi smartphone jadul.
  • Tidak ada sisa free space di RAM.
  • Cache yang tidak dibersihkan.
Di atas ini adalah beberapa penyebab umum kenapa aplikasi berhenti dengan tiba - tiba tanpa sebab. Sarjana Pedia akan memberikan beberapa tips mengatasi masalah tersebut, kalian dapat mengikuti langkah dalam memecahkan masalah ini.

Rajin Update OS Android

Terkadang pengguna smartphone melihat besarnya file update sistem operasi android, menjadi enggan untuk melakukan update sistem operasi android. Padahal adanya update sistem operasi android ini efeknya sangat besar untuk peforma smartphone kita. Seperti, kinerja sistem menjadi lebih lancar karena adanya perbaikan melalui update dan mengoptimalkan sistem operasi serta melakukan sinkronisasi dengan aplikasi - aplikasi terbaru.

Reinstall Aplikasi Yang Terhenti Tiba - Tiba

Apabila aplikasi yang crash bukan aplikasi bawaan, kalian dapat melakukan reinstall aplikasi tersebut. Karena tentunya apabila melakukan reinstall ini tidak jauh beda dengan melakukan update, yaitu mengganti aplikasi tersebut dengan aplikasi yang baru. Jadi, aplikasi yang baru tersebut kondisinya akan menjadi lebih baik dibanding kondisi sebelumnya. Oh iya, mengunduhnya harus hingga selesai ya dan proses pemasangan pun juga harus sampai 100% agar terhindar dari file corrupt ataupun crash.

Bersihkan Aplikasi Yang Berjalan Di Balik Layar, Agar RAM Memiliki Free Space Yang Cukup

Untuk membersihkan aplikasi yang berjalan di balik layar sehingga menyebabkan RAM penuh dapat kalian lakukan secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih RAM. Sebagai contoh, gambar di bawah ini admin menggunakan aplikasi bawaan samsung untuk membersihkan RAM dan menghapus aplikasi yang berjalan di balik layar.

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Terhenti di Android Secara Tiba - TibaCara Mengatasi Aplikasi Yang Terhenti di Android Secara Tiba - TibaCara Mengatasi Aplikasi Yang Terhenti di Android Secara Tiba - Tiba

Gambar di atas adalah aplikasi smart manager bawaan dari samsung yang sangat berguna untuk membersihkan aplikasi yang berjalan di balik layar serta tidak begitu digunakan. Tidak hanya itu, aplikasi bawaan ini juga dapat membersihkan cache yang ada di memori smartphone android.

Jika di smartphone kalian tidak ada aplikasi bawaan semacam smart manager. Kalian dapat mengunduh beberapa aplikasi di bawah ini. Kalian dapat mengunduh salah satu saja.
  • Clean Master
  • Power Clean
  • CCleaner
  • Super Cleaner
  • Clean Master Lite
  • DU Cleaner

Lakukan Reset Pabrik

Ini adalah cara terakhir apabila langkah di atas tidak majur. Reset pabrik atau Factory Reset di sini adalah mengembalikan keadaan smartphone menjadi keadaan semula. Dimana, seluruh data akan hilang dan aplikasi - aplikasi bukan bawaan akan hilang juga. Serta, sistem juga akan menjadi ke keadaan seperti semula dimana tidak ada error. Jadi, smartphone kita akan menjadi seperti baru sewaktu kita membeli pertama kali. Inilah fungsi factory reset di setiap smartphone. Cara ini sebenarnya bagus, hanya saja kalian jangan lupa untuk membackup data - data yang kalian anggap penting dari smartphone yang akan di lakukan reset pabrik.

Kesimpulan

Sedikit tips dan saran dari admin, kalian jangan lupa untuk selalu melakukan update kepada smartphone kesayangan kalian. Update di sini sangat penting dan sangat berpengaruh dalam kinerja smartphone yang kalian gunakan. Terutama update sistem operasi yang sangat penting dan harus kalian perhatikan.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Aplikasi Yang Terhenti di Android Secara Tiba - Tiba"