Ads

Wajib Tau! Sebelum Menggunakan Jasa Pinjaman Online, Kelebihan Dan Kekurangan Pinjaman Online

Wajib Tau! Sebelum Menggunakan Jasa Pinjaman Online, Kelebihan Dan Kekurangan Pinjaman Online - Belakangan ini banyak sekali berita yang membahas mengenai Pinjaman Online atau orang - orang biasanya menyebutnya dengan bahasa kerennya yaitu Fintech atau Financial Technology. Dari namanya pun kita tau, bahwa Financial Technology ini bertujuan memberikan kemudahan mengenai keuangan seseorang dengan bantuan teknologi. Memanfaatkan teknologi di era sekarang tentu akan dapat memberikan keuntungan yang banyak serta menghemat waktu dan biaya yang banyak juga. Hal ini pun dilirik oleh perusahaan - perusahaan besar contohnya perusahaan jasa keuangan. Sehingga, banyak sekali perusahaan yang mengembangkan jasa keuangannya dengan memberikan layanan dalam bentuk pinjaman online melalui bantuan teknologi. 

Resiko Menggunakan Jasa Pinjaman Online

Mudahnya dalam menggunakan jasa pinjaman online ini membuat banyak masyarakat yang tertarik akan mudahnya dan cepatnya menggunakan jasa pinjaman online. Bahkan, dengan mudah pengguna hanya mengunduh aplikasi jasa pinjaman online yang ada di app store, jika android berarti di playstore kalau iOS di app store.

Syarat untuk mendapatkan pinjaman dana dari penyedia jasa pinjaman online ini tentu tidak jauh beda dengan ketika kita mengajukan prasyarat kepada jasa penyedia pinjaman uang. Bahkan, ada beberapa penyedia jasa pinjaman online yang memberikan syarat pinjaman tanpa jaminan, hanya bermodalkan KTP ditambah pengguna hanya perlu mengunggah TKP asli ke aplikasi pinjaman online tersebut. Nah, kali ini Sarjana Pedia akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari jasa pinjaman online serta resiko yang ditanggung apabila menggunakan beberapa jasa pinjaman online.

Kelebihan, Kekurangan, dan Resiko Menggunakan Jasa Pinjaman Online

Sebelum melakukan ingin menggunakan jasa pinjaman online, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa kelebihan jika kita menggunakan aplikasi penyedia jasa pinjaman online, kekurangan, dan resiko yang akan kita terima apabila menggunakan jasa ini. Karena, pada dasarnya seluruh keputusan yang kita tentukan pasti memiliki resiko yang akan kita terima kedepannya.

Kelebihan Jasa Peminjaman Online

1. Proses Mudah Dan Tidak Banyak Memakan Waktu Yang Banyak


Sebuah teknologi diciptakan untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan serta mempermudah manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Begitupun teknologi yang ada dibidang finansial sebisa mungkin harus dapat memaksimalkan pelayanan perusahaan jasa keuangan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa jasa pinjaman online memiliki keunggulan dalam proses yang cepat dan mudah dibanding ketika mengajukan pinjaman secara offline. Jika secara offline, tentu kita harus datang ke bank tersebut dan harus mengurus dokumen - dokumen yang tentu prosesnya lebih lama dibanding ketika menggunakan jasa peminjaman uang online.

2. Persyaratan Tidak Banyak Dan Tidak Ribet

Persyaratan yang ditawarkan oleh penyedia layanan jasa pinjaman uang online ini tidak banyak. Yang paling mudah, pengguna hanya perlu mengunggah KTP saja dan proses pengunggahan serta pengisian formulir pengajuan tersebut tentu hanya dalam beberapa menit saja.

3. Dana Pinjaman Cair Hanya Dalam Hitungan Hari

Salah satu kelebihan inilah yang membuat banyak sekali masyarakat tertarik dan menggunakan jasa pinjaman online. Setelah pengajuan dan kelengkapan syarat - syarat pinjaman online, dalam hitungan 1 - 3 hari uang yang dipinjamkan akan cair dan di transfer ke rekening peminjam.

Kekurangan Jasa Peminjaman Online

1. Sistem Bunga Harian

Walaupun tidak semuanya jasa pinjaman online menggunakan sistem bunga harian akan tetapi tidak sedikit juga jasa pinjaman online yang menggunakan sistem bunga harian. Tentu, sistem bunga harian ini apabila diambil masa pengembalian yang singkat tidak akan terlalu berasa. Tetapi, apabila masa pengembalian yang lama tentu bunga harian ini akan terasa sangat besar. Jadi, sebelum menggunakan jasa pinjaman online ini alangkah lebih baiknya memperhitungkan terlebih dahulu.

2. Dana Yang Dipinjamkan Terbatas

Dana yang disediakan pun terbatas, kurang lebih antara 2 juta hingga 20 juta. Jadi, tidak seperti ketika kita mengajukan ke sebuah bank yang dapat meminjamkan dana lebih dari jasa pinjaman online. Tentu sebuah perusahaan tidak akan mengambil resiko yang besar dengan meminjamkan dana yang sangat besar.

3. Masa Pengembaliannya Yang Terbatas

Masa pengembalian yang diberikan oleh penyedia layanan jasa pinjaman online berbeda dengan jasa peminjaman yang bergerak secara offline. Jasa pinjaman online dalam memberikan waktu pengembalian relatif lebih singkat, rata - rata 6 bulan hingga 20 bulanan. Tentu itu waktu yang sangat singkat jadi, harus di perhitungkan kembali untuk menggunakan jasa ini.

4. Waspada Jasa Pinjaman Online Tidak Terpercaya

Kekurangan yang satu ini yang harus kita waspadai dan dihindari. Pasalnya banyak sekali kasus yang menyangkut jasa pinjaman online tidak terpercaya karena peminjam mendapat perbuatan yang tidak menyenangkan, seperti ancaman dan sebagainya. Belum lama ini, admin membaca status seorang pengguna akun facebook yang isinya curhatan mengenai perlakuan yang didapatkan dari pihak jasa pinjaman online tidak terpercaya. Jadi, kita harus memvalidasi apakah jasa pinjaman online yang akan kita gunakan terpercaya atau tidak.

Selalu Selektif Dan Lakukan Perhitungan

Untuk menghindari hal - hal yang tidak di inginkan, apabila ingin menggunakan jasa pinjaman online. Kita harus selektif dan melakukan perhitungan terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan jasa pinjaman online. Selain itu, pilih jasa pinjaman online yang taat dengan undang - undang dan dibawah pengawas OJK.

0 Response to "Wajib Tau! Sebelum Menggunakan Jasa Pinjaman Online, Kelebihan Dan Kekurangan Pinjaman Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel