Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Website Tidak Terindex Oleh Mesin Pencari Google

Cara Mengatasi Website Tidak Terindex Oleh Mesin Pencari Google - Dalam membuat atau membangun sebuah blog atau website, tentu tidak lepas dari berbagai hambatan. Terutama ketika kita pertama kali membangun sebuah blog atau website disitulah kita di uji, agar harus bekerja keras serta mencari informasi ke situs - situs web atau bertanya ke forum - forum yang membahas mengenai masalah web dan blog. Salah satu masalah yang paling umum adalah, website tidak terindex oleh google. Walaupun ini tergolong masalah umum, akan tetapi penyebabnya harus kita benar - benar perhatikan. Pasalnya efek dari blog atau website tidak terindex oleh mesin google ini adalah orang - orang tidak akan dapat menemukan website atau blog yang kita bangun.


Cara Mengatasi Web Tidak Terindex Oleh Mesin Pencari Google

Mesin pencari Google menjadi mesin pencari yang sangat banyak digunakan oleh peselancar dunia maya hingga saat ini. Google mampu mengembangkan teknologinya serta algoritma yang digunakan mesin pencari agar dapat memahami pengguna dalam membantu pencarian melalui mesin Google. Algoritma yang digunakan google dari dulu hingga sekarang pun berubah - ubah, hal ini untuk meningkatkan keakuratan dalam pencarian di mesin Google serta ingin memberikan user experience yang baik dan menghindari website - website spam. Kelebihan inilah yang menjadi daya tarik oleh pengguna di seluruh dunia. Maka dari itu, apabila kita ingin membangun sebuah branding melalui website atau blog tentu kita akan menargetkan pengunjung dari mesin pencari Google. Karena, pengunjung dari mesin pencari ini memiliki reputasi yang baik di mata Google dan kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk menggunakan jasa optimasi website atau blog.

Kenapa Website Tidak Terindex Di Google

Banyak sekali faktor penyebab website atau blog kita tidak terindex oleh Google. Hal ini perlu kita pahami dan harus kita ingat, apa saja yang sudah saya lakukan untuk website atau blog ini. Selain itu, kita harus mengerti kebijakan dari mesin pencari Google. Nah, apabila kita tidak mengetahui kebijakan dari google tentunya, bisa jadi kita salah langkah yang mengakibatkan website atau blog kita mengalami deindex secara otomatis oleh Google.

Penyebab Website Tidak Terindex Google

Ada beberapa penyebab kenapa website tidak terindex oleh google.
  • Terdapat konten yang melanggar kebijakan google.
  • Website mengandung spam.
  • Blog atau website terdeteksi mengandung program berbahaya, seperti malware, phising, dan sejenisnya.
  • Blog atau website belum submit sitemap di Google Webmaster. 
  • Website atau blog masuk ke masa Google Sandbox.

Bagaimana Cara Mengatasi Website Tidak Terindex Di Google

Lakukan Pembuatan Konten Yang Orisinil Tanpa Melanggar Kebijakan

Usahakan membuat konten yang orisinil tanpa melanggar kebijakan Google seperti, membuat konten dewasa, membuat konten judi, membuat konten hate speech, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, hidari copas (copy paste) dari artikel blog atau website lain. Copas tidak hanya merugikan kalian akan tetapi juga dapat merugikan pemilik asli sebuah konten.

Hindari Mendapat Backlink Dari Website Dengan Reputasi Buruk

Terkadang untuk pemula dalam membangun sebuah website atau blog sering melupakan poin ini. Padahal poin ini juga sangat penting untuk diperhatikan jadi, jangan memasang backlink di situs - situs dengan reputasi buruk di mata Google. Contoh situs yang memiliki reputasi buruk adalah.
  • Situs dewasa.
  • Situs judi.
  • Situs blog atau website copas.
  • Dan lainnya.
Kalian dapat membangun backlink ke situs yang lebih baik lagi. Contohnya dengan mengikuti guest post di sebuah situs dengan reputasi baik, hal ini dapat mendongkrak SERP (Search Engine Results Pages) serta menghindari blog atau website kita dari cipratan situs spam. Sehingga, website kita tidak terkena deindex dari Google.

Nah, apabila ingin menghapus backlink tersebut. Kalian dapat menggunakan Google Disavow, akan tetapi kalian harus mendaftarkan website atau blog yang kalian kelola ke Google Webmaster terlebih dahulu. Caranya sudah pernah admin jelaskan di artikel Cara Mudah Menghapus Backlink Spam Di Blogger Dengan Google Disavow. Kalian dapat menyimak artikel tersebut bagaimana cara menggunakan google disavow.

Daftarkan Website Atau Blog Ke Google Webmaster

Jangan lupa untuk mendaftarkan blog atau website ke Google Webmaster. Google Webmaster adalah sebuah alat yang dapat digunakan secara gratis dari google untuk membantu website atau blog dalam proses indexing di mesin pencari Google. Sarjana Pedia juga pernah membuat artikel mengenai Cara Mudah Mendaftarkan Blog Atau Website Ke Bing Webmaster Tool. Kalian dapat menyimak artikel tersebut untuk mendaftarkan blog atau website kalian ke Google Webmaster dan jangan lupa untuk Fetch as Google.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Website Tidak Terindex Oleh Mesin Pencari Google"