Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Virus Ransomware Cerber3

Cara Mengatasi Virus Ransomware Cerber3 - Virus yang terdapat komputer diciptakan untuk menghambat kinerja komputer dan mengganggu aktivitas yang dilakukan oleh pengguna komputer tersebut. Jenis virus pun bermacam - macam seperti malware, adware, spyware, trojan, dan masih banyak lagi. Kemarin Sarjana Pedia membahas mengenai Cara Menghilangkan Malware Thegoodcaster.com yang ada di komputer. Tetapi, kali ini admin tidak akan berdiskusi mengenai malware akan tetapi admin akan berbagi beberapa tips mengenai cara mengatasi virus ransomware Cerber3.

Sesuai dengan jenis virus tersebut, ransomware memiliki kata dasar "ransom" yang dalam bahasa Indonesia berarti tebusan. Jadi, tujuan dari jenis virus ini adalah meminta tebusan berupa uang dari pengguna komputer korban yang terinfeksi oleh virus berjenis ini. Sebelumnya, komputer yang telah terinfeksi seluruh file - file atau data - data penting akan di enkripsi dengan menggunakan ekstensi .cerber3. Setelah itu, pengguna akan diberi notifikasi berupa alamat dan instruksi penebusan, itupun alamatnya berada di Deep Web. Nah disinilah kita harus mencari tau bagaimana cara menghapus virus ransomware Cerber3.

Cara Mengatasi Virus Ransomware Cerber3

Apabila ingin melakukan penebusan, tentu pengguna komputer korban tidak dapat langsung mengirim uang dalam bentuk dollar ke pemilik virus. Akan tetapi, kalian harus masuk ke sebuah situs dan mengirim uang dalam bentuk bitcoin sesuai dengan harga yang di tentukan oleh pembuat virus. Harga penebusan tidak main - main apabila di Indonesia bernilai jutaan rupiah. Maka dari itu, apabila komputer kalian terinfeksi oleh virus Cerber3 harus segera mencari cara bagaimana memperbaiki komputer yang terkena virus Cerber3.

Penyebab Virus Cerber3 Menginfeksi Komputer

Sebuah masalah tercipta karena sebuah penyebab, ibaratnya ada sebuah pepatah "Tidak ada asap jika tidak terdapat api". Maka, sebelum masuk ke langkah penyelesaian tidak ada salahnya mengetahui penyebab virus dapat menginfeksi komputer korban.

Salah satu penyebab terinfeksi virus ini yang paling umum adalah mengunduh aplikasi yang tidak jelas kepemilikannya. Contohnya, mengunduh dan memasang aplikasi bajakan atau memasang aplikasi yang bersifat Open source

Aplikasi yang bersifat open source berpotensi lebih besar mendatangkan virus - virus yang dapat merugikan pengguna komputer. Karena, kita tidak tau apakah aplikasi tersebut terdapat malicious code atau tidak. Selain itu, aplikasi yang bersifat open source dapat di release oleh siapapun bahkan tanpa identitas.

Jadi, hati - hati apabila ingin menggunakan aplikasi bajakan atau bersifat open source. Tetapi harus kita ketahui, bahwa tidak semuanya aplikasi yang bersifat open source mengandung virus.

Cara Menghilangkan Virus Cerber3

Ada 2 cara yang dapat di lakukan untuk mengatasi virus cerber3 ini yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi pencegah ransomware atau penghapus malware. Kalian dapat mengunduhnya terlebih dahulu dan nama aplikasi tersebut ada Spy Hunter 5.


Scan Ransomware Menggunakan Spy Hunter 5

Caranya masuk ke Safe Mode dan unduh terlebih dahulu aplikasi tersebut selanjutnya pasang lalu jalankan. Setelah itu klik Scan di dalam aplikasi tersebut maka secara otomatis spy hunter akan bekerja untuk mendeteksi induk dari virus ransomware Cerber3. Spy Hunter 5 merupakan aplikasi yang memiliki reputasi yang baik dalam bidang keamanan komputer.

Jika proses menghilangkan virus ransomware sudah selesai, jangan lupa untuk melakukan proses Recovery Data. Tentu apabila virus sudah hilang, file masih dalam kondisi terenkripsi ekstensi .cerber3. Maka dari itu, gunakan aplikasi recovery data untuk mengembalikan data seperti semula. Tetapi, ingat data yang di recovery kondisinya tidak selalu 100%.

Install Ulang Total Komputer Yang Terinfeksi Virus Ransomware

Ini cara yang paling terakhir dan tidak ada cara lain lagi selain install ulang total komputer yang terinfeksi virus cerber3. Jadi, seluruh partisi atau data yang ada di komputer harus di format maka virus ransomware yang bersarang akan hilang seketika. Kondisi komputerpun akan menjadi segar kembali setelah install ulang total.

Cara Melindungi Komputer Dari Serangan Virus Ransomware

Jika komputer kita dalam keadaan baik - baik saja jangan lupa untuk selalu memberikan perlindungan kepada komputer kita. Admin memberi rekomendasi 5 antivirus terbaik yang dapat kalian gunakan untuk memberikan perlindungan kepada komputer yang kalian gunakan agar terhindar dari serangan virus.


Kesimpulan

Virus ini tergolong berbahaya dan membutuhkan perhatian yang sangat serius. Karena masalah ini menyangkut dengan data - data yang penting. Pernah terbayang tidak? Apabila kalian memiliki data yang sangat penting lalu data terhapus secara tiba - tiba. Tentu sangat merugikan kita. Maka dari itu, kita harus menghindari penyebab komputer terinfeksi virus ransomware dan memulai memberikan perlindungan kepada komputer kita dengan menggunakan antivirus. Apabila sudah terlanjut terinfeksi, segera lakukan cara menghapus virus ransomware.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Virus Ransomware Cerber3"