Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Laptop Ngeblank Di Windows 10

Cara Memperbaiki Laptop Ngeblank Di Windows 10 - Ternyata laptop yang kita gunakan untuk membantu dalam mempercepat menyelesaikan pekerjaan ini terkadang justru justru dapat menambah masalah kepada kita. Bagaimana tidak, setiap produk ciptaan manusia pasti memiliki kelemahan dan salah satunya kelemahan yang terdapat pada laptop. 

Laptop yang kita gunakan tidak selamanya akan berjalan lancar, kecuali apabila laptop tersebut tidak pernah kita operasikan. Terkadang masalah kecil virus adware, laptop atau komputer ngehang, hingga masalah yang berkaitan dengan hardware atau mengancam keamanan data kita. 

Salah satunya laptop ngeblank yang harus kita perhatikan karena penyebab laptop ngeblank ini juga dapat berkaitan dengan hardware. Lalu, apabila berkaitan dengan hardware ujung - ujungnya kita harus merogoh kocek untuk mencari cara memperbaiki laptop ngeblank. 

Selain itu, terkadang laptop ngeblank ini muncul ketika kita sedang asyik - asyik bermain game atau mengerjakan beberapa pekerjaan. Maka dari itu, kita harus segera mengatasi laptop ngeblank dan mencari cara memperbaiki laptop ngeblank.

Cara Memperbaiki Laptop Ngeblank Di Windows 10

Penyebab lebih detail akan kita ketahui di bawah ini. Apabila berkaitan dengan hardware, pasti masalah ini tidak berkaitan dengan hardisk ataupun komponen inti lainnya. Akan tetapi, masalah ini dapat berkaitan dengan layar laptop yang digunakan apakah bermasalah atau tidak. 

Tetapi, apabila tidak bermasalah kemungkinan besar berkaitan dengan software ataupun beberapa driver yang tidak kita update secara rutin. Driver di sini sangat berpengaruh dengan kinerja hardware yang digunakan.

Cara Mengatasi Laptop Ngeblank Saat Di Nyalakan

Selain itu, masalah ini paling banyak di temui ketika laptop sedang di nyalakan. Setelah kita menekan tombol power harusnya kita akan menemui logo merek laptop kita, tetapi yang ada layar laptop menjadi black screen

Nah kali ini, Sarjana Pedia akan memberikan beberapa tips untuk cara mengatasi laptop ngeblank di windows 10. Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat kalian lakukan.

Pastikan RAM Dan Slot RAM Dalam Keadaan Bersih Dari Debu

Terkadang masalah seperti debu ini dapat menghambat kinerja hardware dalam memproses data yang dikirim oleh pengguna. Terutama debu sangat sensitif kepada perangkat RAM dan slot RAM. 

Jadi, kalian dapat mengecek RAM dan slot RAM apakah terdapat debu atau tidak. Apabila terdapat debu, kalian dapat menggunakan penghapus untuk membersihkan debu - debu yang menempel pada kuningan.

Tetapi, apabila debu terdapat pada slot RAM kalian dapat menggunakan kompresor untuk membersihkan debu yang menempel pada slot RAM. Oh iya, sebelum membersihkan RAM dan slot RAM kalian dapat mencopot casing laptop bagian bawah yang ada bautnya.

LCD Laptop Bermasalah

LCD yang terdapat pada laptop juga dapat menjadi masalah utama pada kasus ini. LCD adalah perangkat yang akan menampilkan seluruh hasil pemrosesan CPU melalui GPU. Nah, apabila kasus laptop ngeblank ini muncul hal pertama yang dapat kalian curigai adalah LCD bermasalah.

Penyebab LCD bermasalah ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan software. LCD bermasalah ini bisa jadi penyebabnya adalah laptop terbanting atau kabel konektor kondisinya sudah tidak layak.

Solusi untuk LCD bermasalah ini adalah satu - satunya kalian dapat mengganti LCD laptop dengan LCD yang baru. Oh iya, usahakan menggantinya dengan LCD yang baru untuk meminimalisir adanya masalah LCD dikemudian hari.

Driver VGA Tidak Di Update

Driver di sini memiliki fungsi yang sangat penting bagi kinerja hardware yang terdapat pada laptop maupun komputer. Untuk lebih lengkap dan jelasnya kalian dapat membaca artikel mengenai Fungsi/Kegunaan Driver Pada Komputer Yang Tidak Kalian Ketahui.

Cara mengatasi driver vga tidak diupdate ini kalian dapat mencari driver terbaru di situs resmi sesuai dengan merek vga yang kalian gunakan. Apabila laptop kalian menggunakan produk dari Nvidia, kalian dapat mencari driver di situs resmi Nvidia.

Atau apabila laptop kalian menggunakan produk dari AMD, kalian dapat mencari driver tersebut di situs resmi AMD. Cari driver yang sesuai dengan merek dan kode seri dari vga yang kalian gunakan. Contoh, laptop admin menggunakan Nvidia Geforce 940MX maka admin harus mencari driver VGA untuk Nvidia Geforce 940MX. Dimana Geforce 940MX adalah seri vga dari Nvidia.

Salah Setting Resolusi Layar Laptop

Admin pernah melakukan konfigurasi layar di sebuah laptop dan admin waktu itu salah memilih ukuran resolusi laptop. Hasilnya, laptop tersebut tidak dapat menampilkan apa - apa, karena resolusi ukuran tersebut lebih besar dari kemampuan yang dimiliki oleh laptop tersebut.

Solusi untuk kasus yang satu ini, kalian dapat memilih 2 cara. Setting ulang melalui safe mode atau instal ulang. Hanya 2 cara itu untuk mengatasi salah setting resolusi laptop.

Ketahui Suplai Daya Stabil Atau Tidak

Ketidakstabilan suplai daya juga dapat menjadi penyebab laptop ngeblank. Karena seluruh komponen yang ada di laptop pasti membutuhkan suplai daya listri, akan tetapi apabila suplai daya listrik tidak sampai ke LCD maka LCD tidak akan berfungsi.

Yang lebih parah lagi, laptop atau komputer akan restart - restart sendiri hingga berulang kali. Hal ini harus kita perhatikan lebih lanjut karena kaitannya dengan kelistrikan dan baterai yang digunakan oleh laptop.

Solusi untuk masalah ini adalah cek kelistrikan dari sumber utama dan kondisi baterai laptop. Copot baterai laptop dan hubungkan langsung dengan laptop lalu coba nyalakan, apabila laptop berjalan normal berarti masalahnya ada di baterai. Apabila tidak menghasilkan apapun bisa jadi charger yang digunakan tidak dapat memberikan suplai daya yang cukup ke laptop.

Kesimpulan

Selalu perhatikan kondisi dan kesehatan perangkat laptop kita harus mengenal lebih dalam mengenai spesifikasi laptop yang kita gunakan. Jangan sampai kita membebani terlalu berat sehingga laptop tidak dapat berjalan normal. Satu lagi, hindarkan perangkat laptop dari debu yang menempel agar perangkat keras yang terdapat di laptop dapat bekerja dengan maksimal serta lancar tanpa gangguan kotoran debu.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Laptop Ngeblank Di Windows 10"