Ads

Solusi Komputer Mati Sendiri Secara Tiba Tiba Dan Penyebab Komputer Mati Sendiri

Solusi Komputer Mati Sendiri Secara Tiba Tiba Dan Penyebab Komputer Mati Sendiri

Di zaman sekarang, orang - orang tidak lepas dari perangkat digital. Baik smartphone, laptop, maupun komputer karena perangkat digital sudah menjadi bagian dari kehidupan orang - orang zaman sekarang. Salah satu perangkat digital yang paling sering dijumpai adalah komputer. 


Komputer merupakan salah satu perangkat yang memudahkan pekerjaan manusia contohnya, mengetik, membuat karya, mempermudah pendataan, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, terkadang masalah dapat datang kapan saja. Begitupun dengan komputer, banyak sekali masalah yang dapat muncul melalui komputer. Salah satunya ketika kita sedang asyik - asyik bermain video games atau mengerjakan pekerjaan kita, tiba - tiba komputer kita mati sendiri tanpa sebab.

Pastinya hal itu membuat kita panik dan menganggu pekerjaan kita serta tentunya ada penyebabnya kenapa komputer kita mati secara tiba - tiba. Banyak orang yang mengalami masalah ini, dan rata - rata penyebabnya pun juga sama. Jadi, masalah komputer mati secara tiba - tiba merupakan masalah yang umum walaupun penyebabnya juga dapat cukup fatal karena juga berkaitan dengan perangkat keras komputer. Ada 2 kemungkinan, antara rusaknya sistem utama pada sistem operasi atau terdapat kerusakan pada hardware komputer. Berikut, solusi dan penyebabnya kenapa komputer kita mendadak mati secara tiba - tiba.

Penyebab Komputer Mendadak Mati Secara Tiba - Tiba

1. Kurangnya Sistem Pendingin Disertai Penggunaan Yang Sangat Lama

Solusi Komputer Mati Sendiri Secara Tiba Tiba Dan Penyebab Komputer Mati Sendiri

Ini merupakan penyebab paling umum, dimana komputer mengalami overheat pada prosesor. Sehingga, komputer langsung mati tiba - tiba karena menghindari terjadinya kerusakan komponen pada prosesor. Selain itu, bisa jadi kipas prosesor tidak dapat bekerja maksimal hingga menyebabkan prosesor mengalami overheat.

Tidak hanya itu, bisa jadi pasta yang terdapat pada prosesor yang berfungsi mendukung mendinginkan prosesor terjadi kekeringan sehingga prosesor mengalami overheat. Penggunaan komputer yang tidak memperhatikan jam juga perlu di perhatikan kembali, karena tentunya itu akan membuat komputer bekerja sangat keras dan suhu yang dihasilkan akan cukup tinggi dan menyebabkan komputer mati secara tiba - tiba.

2. Komputer Bekerja Terlalu Melebihi Beban

Komputer tentunya memiliki batas kemampuan masing - masing dan dengan spesifikasi masing - masing. Contoh, komputer dengan prosesor pentium dipaksa rendering video dengan kualitas HD atau diatasnya. Tentunya komputer tersebut tidak bekerja dengan beban yang sesuai. Hal ini juga dapat menyebabkan komputer mati secara tiba - tiba apabila kita memaksa komputer melakukan pekerjaan diluar spesifikasi komputer.

3. Terdapat Masalah Pada Komponen Penyuplai Daya Listrik

Listrik menjadi sumber energi utama dari komputer, apabila tidak listrik maka komputer tidak dapat berjalan. Jadi, komponen penyuplai daya listrik atau biasa disebut PSU (Power Supply) juga dapat menjadi penyebab terjadinya komputer mati sendiri secara tiba - tiba atau paling minimal komputer akan mengalami restart secara sendirinya

Kalian dapat mengecek terlebih dahulu komponen penyuplai daya listrik terlebih dahulu sebelum ke komponen lainnya. Karena, bagaimanapun apabila listrik tidak dapat menyuplai  energi listrik ke seluruh komponen komputer maka dapat memunculkan masalah yang lain, bahkan yang lebih fatal lagi komponen perangkat keras dapat mengalami kerusakan. 

4. Kerusakan RAM Dan Adanya Debu Pada RAM

RAM pada komputer merupakan komponen yang penting didalam struktur cpu. Karena, RAM berfungsi menyimpan data yang bersifat volatile jadi aplikasi yang kalian jalankan pada komputer akan tersimpan pada RAM akan tetapi sifatnya tidak permanent apabila komputer dalam keadaan mati, maka seluruh proses atau data yang disimpan pada RAM akan hilang seketika.

Jadi, apabila RAM mengalami kerusakan atau terdapat masalah. Maka, komputer akan langsung mati dengan sendirinya karena tidak terdapat komponen yang digunakan untuk memproses data yang bersifat volatile. Debu pun juga dapat menjadi masalah apabila menempel pada soket RAM, dapat menganggu kinerja RAM alhasil komputer dapat mengalami mati sendiri atau blue screen. Bahkan hingga komputer hidup tetapi tidak tampil dimonitor akan tetapi, masalah itu sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya.

Solusi Untuk Komputer Mati Mendadak Secara Tiba - Tiba

1. Jika Komputer Mengalami Overheat

Apabila komputer mengalami kepanasan dapat menggantik kipas prosesor dengan yang lebih baik, atau paling rekomen water cooling. Selain itu, selalu cek pasta mengalami kekeringan atau tidak, apabila kering kalian dapat menambahkan kembali pasta. Apabila masih mengalami mati sendiri, dapat ditambah komponen pendingin seperti kipas pada casing.

2. Apabila Komputer Bekerja Melebihi Beban

Nah, kalau yang satu ini kalian sendiri yang dapat mengaturnya. Apabila di rasa aplikasi yang dijalankan tidak sesuai dengan spesifikasi komputer kalian. Maka sebaiknya kalian jangan menjalankan aplikasi tersebut, karena akan menyebabkan komponen komputer bekerja sangat keras. Apabila kalian membutuhkan aplikasi tersebut, kalian dapat melakukan upgrade perangkat keras yang sesuai dengan aplikasi tersebut.

3. Apabila Terdapat Masalah Pada Komponen Penyuplai Daya Energi Listrik

Apabila terdapat masalah pada komponen penyuplai daya energi listri, satu - satunya langkah yang lebih baik adalah menggantinya dengan yang baru. Karena, apabila di servis tidak 100% akan bertahan lama. Jadi, lebih baik kalian mengganti komponen tersebut dengan yang baru dan berkualitas. Apabila kalian belum tau bagaimana ciri - ciri Power Supply yang bagus, kalian dapat membaca artikel Tips Memilih Power Supply Yang Baik Untuk Komputer Anda.

4. RAM Terdapat Debu Atau Mengalami Kerusakan

Apabila RAM terdapat debu, kalian cukup dengan menggosokkan penghapus karet ke soket RAM secara perlahan. Setelah itu, kalian dapat memasangnya kembali ke main board setelah di bersihkan. Nah, apabila RAM mengalami kerusakan satu - satunya jalan yaitu mengganti RAM dengan yang baru. RAM tidak dapat di servis atau di perbaiki, lebih baik ganti RAM dengan yang baru agar masalah komputer mati sendiri dapat teratasi.

0 Response to "Solusi Komputer Mati Sendiri Secara Tiba Tiba Dan Penyebab Komputer Mati Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel