Ads

Cara Membersihkan Virus Di Smartphone Android

Cara Membersihkan Virus Di Smartphone Android

Cara Membersihkan Virus Di Smartphone Android - Adanya virus yang terdapat pada smartphone android kita tentunya sangat menganggu sekali. Virus yang terdapat smartphone tidak kalah dengan yang ada di komputer, akan tetapi virus yang paling umum menyerang smartphone adalah virus malware semacam adware. Dimana, smartphone korban akan ditanami sebuah iklan dan akan iklan tersebut akan terbuka sendiri secara otomatis. Selain itu, virus smartphone android tidak hanya malware dan virus iklan akan tetapi masih banyak lagi yang dapat kita ketahui apabila kita penasaran dengan apa saja virus yang menyerang smartphone.

Lalu, bagaimana proses virus smartphone dalam menyerang smartphone kita? Rata - rata virus smartphone menyebar melalui sebuah aplikasi, ekstensi di smartphone android adalah .apk. Contohnya, memasang aplikasi yang tidak resmi dan memasang aplikasi yang tidak jelas developer ataupun publishernya. Jadi, apabila kita memasang aplikasi tidak melalui app store (Google Play Store) sebaiknya kita harus berhati - hati. Pasalnya virus tersebut dapat menempel di aplikasi yang tidak resmi atau tidak jelas.

Efek Dari Virus Yang Menginfeksi Smartphone

Efeknya apabila kita segera mengatasi virus di android ini, tentunya akan sangat berbahaya untuk keamanan data - data kita. Untuk akibat yang paling umum adalah smartphone akan menjadi lemot dan sangat susah untuk kita operasikan, hal ini disebabkan karena adanya proses dari virus tersebut yang berjalan serta memakan kapasitas RAM yang cukup besar. Sehingga, apabila kita ingin mengakses beberapa aplikasi pasti akan terasa berat. 

Tetapi tidak hanya smartphone lemot, yang paling parah adalah menginfeksi data - data penting kita. Contohnya seperti, foto / gambar, dokumen, kartu kredit, dan lain - lain. Tentunya, hal itu dapat merugikan kita apabila virus yang terdapat di smartphone berlarut - larut bersarang di smartphone kita. Maka dari itu, sesegera mungkin kita mengatasi virus smarphone.

Bagaimana Cara Mengatasi Virus Di Android?

Admin akan memberikan beberapa tips yang dapat kalian lakukan apabila virus menginfeksi smartphone kalian. Tetapi, ada beberapa tips yang dapat membuat data - data yang ada di smartphone kalian terhapus. Jadi, kalian dapat melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan beberapa tips yang dapat menghapus data kalian.

Lakukan Reset Pabrik (Factory Reset)

Ini merupakan cara yang paling ampuh menurut admin, karena smartphone kita akan di kembalikan ke kondisi seperti semula. Akan tetapi, data - data kita pun akan ikut terhapus, karena kondisi semula tidak ada data kita. Jadi, virus - virus yang bersarang di smartphone kita pun ikut ter-reset dan sudah dipastikan hilang. Nah, apabila kalian akan melakukan langkah ini admin sarankan agar memikirkan kembali karena data - data yang ter-reset pun tidak akan ikut kembali. Kalian dapat menemukan fitur reset pabrik melalui menu setting.

Hapus Aplikasi Melalui Safe Mode

Jadi, pada smartphone di lengkapi fitur safe mode. Dimana, apabila kita masuk ke dalam safe mode maka hanya sistem saja yang berjalan dan aplikasi - aplikasi tidak akan berjalan termasuk virus yang berjalan di balik layar tidak akan bekerja karena tidak termasuk ke dalam proses sistem. Setiap merek smartphone, rata - rata cara masuk ke safe mode berbeda - beda. Kalian dapat mencari tau melalui situs resmi atau membaca buku manual. Apabila kalian sudah masuk ke dalam safe mode, kalian dapat menghapus aplikasi - aplikasi yang terpasang sebelumnya dan beberapa aplikasi yang tidak kalian pasang akan tetapi terpasang sendiri.

Hapus Hak Akses Administrator Virus

Virus dapat melakukan lock screen di smartphone karena ada hak akses tertinggi yaitu admin. Maka, virus dapat melakukan apapun yang dapat dilakukan tidak hanya lock screen akan tetapi juga dapat memasang dan mengunduh secara otomatis. Hal ini, dapat membuat penyebaran virus semakin besar dan berpotensi membuka celah bagi virus - virus yang lebih berbahaya. Untuk menghapus hak akses virus tersebut, kalian dapat masuk ke safe mode terlebih dahulu dan masuk ke menu setting > security > device administrator

Langkah Mencegah Virus Menginfeksi Smartphone

Nah, kalau untuk mencegah adanya serangan virus ke smartphone kita. Hanya ada 2 cara,

Hindari Pemasangan Aplikasi Yang Tidak Jelas

Jangan memasang aplikasi yang tidak jelas sumbernya dan tidak resmi. Usahakan apabila kalian membutuhkan sebuah aplikasi, kalian cari aplikasinya di app store seperti Google Play Store. Karena, melalui app store sudah jelas - jelas aman serta jelas siapa developer dan publisher aplikasi tersebut. Sehingga, potensi adanya virus yang menempel pada aplikasi tidak ada.

Gunakan Aplikasi Antivirus Untuk Smartphone

Kalian dapat menggunakan antivirus khusus smartphone. Banyak sekali penyedia layanan keamanan yang mengembangkan antivirus untuk smartphone dan layanan tersebut pun disediakan secara gratis. Kalian dapat mengunduhnya melalui app store, contohnya 
  • Karspersky Mobile Antivirus
  • Avast Mobile Security
  • Bitdefender Antivirus Free
  • McAfee Mobile Security & Lock
  • Dan Masih Banyak Lagi

0 Response to "Cara Membersihkan Virus Di Smartphone Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel