Ads

Cara Cek Windows Original Atau Palsu

Cara Mudah Cek Windows Original

Sarjana Pedia - Sistem Operasi Windows merupakan sistem operasi yang sangat populer di dunia komputer. Karena, kelebihan sistem operasi Windows adalah pengoperasiannya yang sangat mudah bahkan untuk orang awam yang baru mengenal komputer pun dapat mengoperasikannya dan ditambah tampilan dari sistem operasi Windows yang menarik serta friendly. Kelemahan dari sistem operasi Windows adalah terdapat pada keamanan dan rentan terkena virus. Termasuk adanya penembusan keamanan terhadap sistem operasi Windows sehingga, muncul banyaknya Windows lisensi palsu yang tersebar di internet dan disebar dengan tanpa bayar atau gratis.

Windows lisensi palsu dan Windows lisensi original terkadang sulit untuk dibedakan tetapi, tetap terdapat perbedaannya. Nah, pada artikel kali ini admin akan memberikan tips untuk kalian yang bingung membedakan Windows lisensi original dengan Windows lisensi palsu. Menggunakan Windows lisensi palsu pun juga memiliki resiko, kita tidak tau file yang kita gunakan untuk aktivasi lisensi palsu apakah aman untuk data - data kita atau tidak. Sedangkan, apabila kita menggunakan Windows lisensi original maka sudah tentu aman untuk data - data kita dan tentunya mendapat pembaharuan keamanan yang up-to-date

Bagaimana Cara Mengetahui Windows Original Atau Palsu?

Di bawah ini ada beberapa tips bagaimana cara cek Windows original atau palsu. Kalian dapat mencobanya dan mengamati apakah Windows yang kalian gunakan original atau palsu.

1. Lihat Dari Perbandingan Harga

Harga Lisensi Windows 10 Pro Original Dari Microsoft

Ini yang paling menonjol, dari segi harga antara Windows original dengan Windows palsu berbeda sangat jauh. Kita liat di situs resmi Microsoft bahwa harganya pun sangat tinggi sekitar 3 juta lebih sekian. Nah, untuk Windows lisensi palsu biasanya harga tidak sampai segitu bahkan 50% dari harga asli pun tidak sampai. Terkadang penjual mematok harga sangat murah sekitar 100ribuan, 50ribuan, dan lain - lain dalam bentuk kepingan DVD atau USB. 

Disitus - situs tidak resmi pun tersebar file instalasi sistem operasi Windows dan dibagikan secara gratis tanpa di pungut biaya, tetapi harus tetap kita waspadai file tersebut terkadang mengandung virus yang justru akan merugikan ke kita sendiri. Bisa jadi, file tersebut terpasang malware yang dapat membuat komputer kita lemot hingga layar menjadi black screen. Jadi, apabila ingin menggunakan Windows lisensi palsu saya ingatkan agar berpikir kembali terhadap keamanan data - data kalian. Windows pun juga memberikan masa trial jadi apabila kalian belum mempunyai uang untuk membeli Windows lisensi original, kalian dapat mencoba masa uji coba (trial).

2. Melalui Perintah Command Prompt

Di sistem operasi Windows terdapat fitur Command Prompt dimana melalui cmd ini kita dapat mengirim perintah - perintah tertentu apabila kita mau meeksplorasi perintah - perintah yang terdapat pada command prompt ini kita dapat terbantu. Hanya saja, CMD ini berbasis CLI (Command Line Interface)

Oke, langsung saja langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka command prompt di sistem operasi Windows. Kalian dapat membuka melalui menu Start atau melalui kombinasi tombol Windows + R, setelah itu akan muncul kotak Run dan ketikkan cmd.

Cara Cek Windows Asli Atau Bajakan Melalui CMD

Nah, apabila sudah terbuka command prompt nya kalian dapat mengetikkan perintah slmgr /xpr. Setelah itu tunggu proses beberapa detik dan akan admin beri tahu apakah sistem operasi Windows yang kalian gunakan bajakan atau tidak. Jadi, apabila muncul notifikasi dalam bentuk window bertuliskan.
  • Volume Activation Will Expire Tanggal
Maka, sistem operasi yang kalian berlisensi palsu atau tidak lisensi original. Apabila, hasil notifikasinya.
  • The Machine Is Permanently Activated
Maka sistem operasi Windows yang kalian gunakan berlisensi asli.

Selain itu, terdapat perintah - perintah lain yang dapat kalian jalankan untuk mengetahui detail mengenai lisensi windows yang kalian gunakan.


  • slmgr /ato 
Jadi, perintah ini akan menampilkan notifikasi dalam bentuk windows yang berisi aktivasi Windows serta kunci lisensi yang digunakan.
  • slmgr /dli (
Nah, kalau perintah ini akan diberikan informasi mengenai aktivasi Windows disertai Partial Product Key.
  • slmgr /dlv (mengetahui secara lengkap keseluruhan detail aktivasi windows kamu)
Kalau perintah terakhir ini berfungsi untuk mengetahui secara lengkap dan detail seluruh aktivasi di sistem operasi Windows yang kalian gunakan.

0 Response to "Cara Cek Windows Original Atau Palsu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel