Ads

5 Ramalan Bill Gates Mengenai Perkembangan Teknologi Yang Menjadi Nyata Di Masa Kini

5 Ramalan Bill Gates Mengenai Perkembangan Teknologi Yang Menjadi Nyata Di Masa Kini

Siapa yang tidak dikenal dengan Bill Gates? Bill Gates merupakan founder dari perusahaan raksasa di masa kini yaitu Microsoft. Perusahaan Microsoft merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi khususnya komputer. Banyak sekali produk yang telah di rilis dari perusahaan ini. Salah satunya, sistem operas yang kita gunakan sehari - hari yaitu Microsoft Windows XP, Microsoft Windows 7, Microsoft Windows 8. Microsoft Windows 8.1, dan yang terbaru Microsoft Windows 10. Bahkan, Bill Gates sendiri pernah di nobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Walaupun di masa sekarang posisinya menjadi orang terkaya tergeser oleh bos Amazon yaitu Jeff Bezos.


Tetapi, kali ini kita tidak akan membahas mengenai profil Bill Gates ataupun profil dari perusahaan Microsoft. Kehidupan Bill Gates tidak jauh dengan teknologi, ia selalu memperhatikan dan menganalisis perkembangan teknologi serta menjadi pelopor kemajuan teknologi khususnya di dunia komputer. Ada yang menarik dari buku yang di tulis oleh Bill Gates. 

Buku tersebut berjudul "Business @ The Speed of Thought" yang ia tulis pada tahun 1999. Lama sekali ya? Tetapi di dalam buku tersebut terdapat prediksi Bill Gates mengenai perkembangan teknologi kedepan dan hal itu terbukti teknologi tersebut ada di masa sekarang. Bahkan, kita pun tidak lepas dari teknologi tersebut. Lalu, apa saja teknologi yang telah di prediksi oleh Bill Gates tersebut? Di bawah ini prediksi teknologi - teknologi yang pernah di tulis oleh Bill Gates 20 tahun silam.

5 Teknologi Yang Telah Di Prediksi Oleh Bill Gates Melalui Tulisan Di Bukunya

1. Sistem Penjualan dan Transaksi Keuangan Berbasis Online Melalui Internet

Prediksi ini benar dan sangat tepat, di masa sekarang banyak sekali layanan digital dalam bentuk keuangan. Contohnya, E-Wallet atau dompet online yang menyediakan layanan simpan uang dan dapat di kelola melalui aplikasi tersebut. Selain itu, juga dapat melakukan transfer ke orang lain ataupun membelanjakan uang tersebut.

Sistem penjualan berbasis online pun di masa sekarang saya rasa kalian sudah tidak bingung lagi. Contohnya, online shop atau toko online. Di Indonesia saja toko online sudah sangat populer dan banyak orang yang melakukan transaksi melalui toko tersebut. Selain itu, dengan adanya toko online orang - orang merasa dipermudah dalam melakukan transaksi penjualan ataupun pembelian. Ditambah lagi layanan jasa antar yang membuat pengguna semakin sangat dipermudah.

2. Perkembangan Perangkat Seluler Menjadi Lebih Pintar

Hal ini di buktikan dengan adanya smartphone yang sudah beredar sangat luas di seluruh dunia. Smartphone kini sudah menjadi teman aktivitas keseharian orang di seluruh dunia bahkan, seharipun orang masa kini tidak lepas dari smartphone yang ada di genggamannya. Perkembangan perangkat seluler ini sangat pesat dan cepat, di tahun kurang dari 2000an perangkat seluler ini hanya dapat digunakan untuk komunikasi saja.

Di masa sekarang, perangkat seluler tidak hanya dapat melakukan komunikasi dalam bentuk suara. Tetapi, komunikasi dalam bentuk video pun juga dapat dilakukan atau biasa kita sebut denga Video Call

Tak hanya itu, perangkat seluler sekarang juga mendapat julukan smartphone (Perangkat Seluler Pintar). Hal ini karena, smartphone dapat melakukan apa yang kita butuhkan. Contohnya, apabila kita tersesat kita dapat menggunakan fitur navigasi dengan memanfaatkan perangkat GPS yang tersedia di smartphone kita.

Selain itu, juga terdapat fitur asisten virtual. Contohnya, Google Assistant. Dimana kita tinggal mengucapkan apa yang kita cari ataupun apa yang kita lakukan di smartphone kita, maka Google Assistant akan memproses perintah tersebut. Sehingga, perangkat seluler sekarang benar - benar mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga menjadi perangkat seluler yang pintar.

3. Implementasi Internet of Things Yang Semakin Banyak

IoT atau disebut Internet of Things, jadi saya akan menjelaskan sedikit saja mengenai IoT ini. Simpelnya IoT ini menghubungkan alat - alat elektronik yang ada di sekitar kita agar dapat saling berkomunikasi melalui internet. Contohnya, lampu yang dapat di kontrol melalui smartphone dengan memanfaatkan jaringan internet. Hal tersebut sudah masuk ke dalam konsep IoT, karena kita tidak perlu berjalan dan menekan tombol saklar lamput tetapi kita hanya menggunakan smartphone untuk mengirim perintah untuk mematikan lampu tersebut.

Bahkan, IoT sekarang sudah masuk ke dalam dunia pendidikan khususnya di Indonesia. IoT ini kedepannya sangat berpotensi dan sangat penting dalam perkembangan dunia teknologi dan langkah - langkah membuat produk berbasi IoT pun dapat kita temukan melalui mesin pencari. Tidak hanya itu, produk berbasis IoT juga dapat kita dapat dengan membeli melalui toko online ataupun kita mendatangi toko yang menjual produk berbasis IoT. Bill Gates membuat prediksi ini benar dan terjadi di masa sekarang.

4. Media Sosial

Media sosial sudah menjadi keseharian kita, dimana kita berkomunikasi dengan teman atau kerabat kita melalui media sosial. Selain itu, media sosial di masa kini sudah berkembang sangat jauh. Tidak hanya berkomunikasi dengan teman ataupun kerabat, tetapi kita juga dapat berbagi keseharian, berbagi foto, berbagi video, dan masih banyak lagi. 

Media sosial ini cakupannya sangat luas, bahkan seluruh dunia. Kita juga dapat mencari informasi melalui media sosial. Tidak hanya itu, bahkan sekarang media sosial juga menjadi bagian dari strategi pemasaran dengan harapan agar mendapat profit melalui media sosial tersebut. Hal ini dikarenakan, sosial media memiliki cakupan yang sangat luas sehingga melakukan pemasaran di sosial media dapat menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, banyak sekali yang dapat kita lakukan melalui media sosial dan juga tergantung kebutuhan kita juga tujuan apa kita menggunakan sosial media.

Bill Gates sudah memprediksi melalui bukunya, bahwa di masa mendatang akan terdapat situs web pribadi untuk teman dan keluarga dimana anda dapat mengobrol dan merencakan acara dengan teman anda.

5. Virtual Assistant

Virtual Assistant sudah saya sebutkan contohnya di nomor 2 tentang perkembangan perangkat seluler menjadi lebih pintar. Seperti yang kita ketahui, bahwa asisten virtual ini sangat membantu pengguna dalam mencari ataupun melakukan apa yang kita inginkan. Asisten virtual ini dapat kita temukan di perangkat seluler pintar kita. 

Google mempunya asisten virtual dan dinamai dengan Google Assistant. Sedangkan, Apple memiliki asisten virtual juga untuk produknya, yaitu Siri. Nah, Microsoft juga tidak mau ketinggalan, asisten virtual ini dapat kita temukan di sistem operasi Windows 10 dan dinamai Cortana. Prediksi Gates benar, bahwa suatu saat terdapat teknologi asisten yang dapat mempermudah manusia dan terbukti di masa sekarang banyak sekali asisten virtual yang dapat kita gunakan untuk mempermudah kita.

0 Response to "5 Ramalan Bill Gates Mengenai Perkembangan Teknologi Yang Menjadi Nyata Di Masa Kini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel