Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Situs Riset Keyword Terbaik Gratis Dan Berbayar

Situs Riset Kata Kunci

Sarjana Pedia - Aktivitas blogging pada masa kini menjadi daya tarik oleh banyak orang, terutama para peselancar dunia maya. Dengan adanya aktivitas blogging ini, kita dapat mengisi waktu luang untuk saling berbagi mengenai pengalaman atau berbagi informasi yang sekiranya bermanfaat bagi pembaca, sekaligus dapat memotivasi pembaca. Tidak hanya itu, kita juga dapat menjadi publisher iklan dengan bekerja sama dengan penyedia layanan iklan sehingga kita mendapatkan earning. Oh iya, perlu kita ketahui atau kalian sudah tau? Pastinya sudah tau apabila sudah berkecimpung di dunia blog. 

Blogging Dan Situs Riset Keyword Gratis

Apabila kita membangun sebuah blog pasti tidak lepas dari SEO (Search Engine Optimization), karena memang blog berkaitan erat dengan mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo Search, dan sebagainya. Banyak sekali teknik SEO yang dapat diterapkan, salah satunya riset keyword. Ya, riset keyword ini merupakan bagian dari teknik SEO, dimana kita menentukan kata kunci utama dari konten kita dan berharap konten yang kita buat mendapat ranking yang bagus melalui kata kunci yang kita bidik.

Baca Juga : Strategi SEO 3 Cara Optimasi Gambar Pada Blogger

Bagi blogger melakukan riset kata kunci sudah menjadi hal yang wajib. Karena, bagaimana kita akan tau seberapa besar persaingan dan seberapa besar populer kata kunci yang kita bidik. Maka dari itu, kita membutuhkan situs riset keyword agar bidikan kata kunci utama kita kena. Nah, admin pada kali ini akan merekomendasikan 11 situs riset kata kunci terbaik gratis dan berbayar. Situs riset keyword ini dapat kalian coba dan terkadang setiap situs akan menampilkan hasil riset keyword yang berbeda - beda. Maka dari itu, kalian dapat mencobanya satu persatu dan membuat kesimpulan mengenai kata kunci yang kalian bidik. Atau kalian dapat riset keyword di website penyedia layanan SEO tools, biasanya terdapat alat riset keyword.


11 Situs Untuk Riset Kata Kunci Terbaik Gratis Dan Berbayar

Kalian dapat memilih apakah ingin menggunakan layanan situs riset kata kunci yang gratis atau berbayar. Tentu, fitur yang gratis dan berbayar memiliki perbedaan khususnya pada hasil riset kata kunci yang ditampilkan. Oke, langsung saja dibawah ini ada 11 situs riset kata kunci gratis dan berbayar.


1. Google Suggest

Google Suggest Sebagai Situs Riset Kata Kunci Gratis

Ternyata, Google sendiri juga dapat kita gunakan untuk perencanaan kata kunci atau biasa kita sebut riset kata kunci. Seperti gambar diatas, apabila kita mengetikkan kata kunci utama maka Google akan memberikan rekomendasi kata kunci turunan. Kalian dapat melakukan riset kata kunci melalui Google Suggest dan melihat seberapa besar pesaing pada kata kunci tersebut. Selanjutnya kalian dapat eksperimen melalui Google Suggest ini. Oh iya, ini sama sekali tidak berbayar yaa jadi masuk kategori situs untuk riset kata kunci gratis.

2. Ubersuggest

Ubersuggest Situs Untuk Riset Kata Kunci

Mungkin dari kalian tidak asing lagi dengan situs untuk riset kata kunci yang satu ini. Ubersuggest tidak berbeda dengan situs lainnya ditambah ubersuggest memberikan layanan riset kata kunci gratis. Tidak hanya itu, selain kita mendapatkan sugesti kata kunci, kita juga mendapatkan seberapa besar persaingan di kata kunci tersebut. Mulai dari hasil SERP (Search Engine Results Page) hingga berapa banyak artikel dari pesaing yang telah dibagikan ke sosial media. Caranya cukup muda, kalian hanya mengetikkan kata kunci utama dan pilih negara, setelah itu tekan tombol search.


3. Keywordtool.io

Keywordtool.io Menjadi Situs Riset Keyword Gratis Terbaik

Situs riset riset keywordtool.io ini juga cukup populer tidak kalah dengan situs - situs riset kata kunci lainnya. Karena, hasil dari riset tersebut cukup lengkap dan kelebihan dari situs keywordtool.io ini adalah, kita tidak hanya riset untuk kepentingan website saja. Akan tetapi, kita juga dapat riset kata kunci untuk youtube, mesin pencari bing, situs toko online terbesar yaitu amazon, lalu ada ebay, app store, sosial media terpopuler instagram, dan twitter. Tentunya fitur tersebut sangat menarik, mengingat tidak hanya blogger saja yang membutuhkan riset kata kunci.

4. Google Keyword Planner

Cara Mudah Riset Keyword Dengan Google Keyword Planner

Google Keyword Planner juga sangat populer bagi kalangan SEO Experts. Hasil yang ditampilkan sangat relevan dan detail, mulai dari tingkat kompetisi apakah tinggi,sedang, atau rendah dan berapa besar pencarian kata kunci tersebut dalam waktu sebulan serta harga biaya per klik dalam mata uang dollar. Akan tetapi, apabila kalian ingin menggunakan fitur Google Keyword Planner kalian harus mempunyai akun Google Ads terlebih dahulu. Apabila kalian memiliki akun Google Ads maka kalian dapat menggunakan fitur Google Keyword Planner. Tetapi, apabila kalian tidak punya akun Google Ads saya rekomendasikan situs - situs riset kata kunci selain Google Keyword Planner seperti di atas dan di bawah ini.

5. KWFinder

KWFinder Situs Riset Kata Kunci Terbaik Berbayar

Situs ini termasuk ke dalam situs riset keyword berbayar terbaik. Harga dari layanan dari KWFinder ini bermacam - macam, mulai dari $29.90 per bulan kita akan mendapatkan 100 kata kunci dan 200 sugesti kata kunci untuk per pencarian kata kunci utama. Tetapi, tidak hanya mendapat layanan riset kata kunci, kita juga mendapatkan layanan lain seperti SERP Analysis, Rank Tracking, Backlink Analysis, Website Analysis, dan Account Management. Walaupun berbayar akan tetapi sebanding dengan beberapa fitur premium yang sangat berguna untuk mendukung membangun blog atau website kita. Tetapi, untuk versi gratis juga disediakan kita hanya tinggal mendaftar terlebih dahulu dan untuk versi gratis tidak dibutuhkan kartu kredit. Tetapi kita hanya dapat meriset sebanyak 5 kata kunci utama, dan KWFinder hanya akan memberikan sugesti dari kata kunci utama sebanyak 50.

6. Bing Keyword Research

Bing Keyword Research Situs Riset Keyword Mudah Dan Gratis

Bing Keyword Research ini terdapat pada Bing Webmaster jadi kalian harus mendaftarkan blog atau website kalian ke Bing Webmaster terlebih dahulu. Cara mendaftar blog atau website ke Bing Webmaster sangatlah mudah, tidak jauh beda dengan mendaftarkan blog atau website di Google Webmaster. Nantinya, kalian akan diminta untuk memverifikasi apakah kalian pemilik website atau blog tersebut dengan cara mengunggah file html ataupun meletakkan meta tag pada template blog. Fitur ini dapat kalian gunakan untuk melihat seberapa besar populernya kata kunci yang terdapat pada mesin pencari Bing. Tidak hanya itu, kita juga dapat melihat grafik seberapa populer kata kunci tersebut dalam waktu. Caranya juga mudah, kalian tinggal mengetikkan kata kunci utama pada kolom search dan memilih target negara kata kunci tersebut.

7. Moz Keyword Explorer

Situs Terbaik Untuk Riset Kata Kunci Moz Keyword Explorer

Moz merupakan situs berfokus di bidang layanan SEO salah satunya keyword explorer. Moz juga menyediakan layanan berbayar atau gratis. Kalian dapat memilih, tentunya terdapat perbedaan antara fitur berbayar dengan yang gratis. Tapi, pada dasarnya sama hanya saja hasil riset kata kunci yang ditampilkan akan berbeda. Hasil yang ditampilkan akan lebih lengkap ketika kita menggunakan Moz versi pro. Tetapi tunggu dulu, kalian akan diberikan masa percobaan selama 30 hari kedepan dan kalian juga harus mempunyai kartu kredit untuk mendapatkan masa percobaan selama 30 hari.

8. Small SEO Tools

Situs Riset Keyword Rekomendasi Para SEO Experts

Situs Small SEO Tools ini benar - benar menyediakan layanan SEO secara lengkap ditambah semua layanan ini 100% gratis tanpa membayar. Banyak sekali layanan yang ditawarkan mulai dari, plagiarism checker, article rewriter, grammar checker, image compression, backlink checker, website SEO score checker, keyword research, long tail keyword suggestion, dan masih banyak lagi. Kalian, dapat memanfaatkan fitur keyword research pada situs ini dengan maksimal dan mengembangkan kata kunci utama tersebut. Selain itu, kalian juga dapat mengetahui seberapa besar kompetisi pada sebuah kata kunci melalui fitur Keyword Competition Tool.

9. Keyword Everywhere

Situs Riset Kata Kunci Terbaik 2019

Di keyword everywhere kita melakukan riset keyword tidak lansung di situs tersebut. Akan tetapi, kita harus mengunduh ekstension untuk browser kita pada mozilla firefox atau google chrome. Cara kerja ekstensi ini nantinya apabila kita mengetikkan kata kunci di mesin pencari, maka akan muncul besar biaya per klik, seberapa besar pencarian dalam perbulan, dan besarnya kompetisi dalam kata kunci tersebut. Dengan adanya ekstensi ini sebenarnya, membuat kita dalam melakukan riset lebih mudah dan cepat. Ekstensi keyword everywhere ini 100% gratis tidak berbayar kalian dapat mengunjungi situs resmi keyword everywhere dan memasang ekstensi di browser kalian masing - masing.

10. Google Trends

Situs Riset Kata Kunci Google Trends


Sebagian blogger pasti sudah mengetahui apa fungsi Google Trends. Google Trends disini menyediakan topik - topik terpopuler tahun ini ataupun tahun sebelumnya. Apabila kita mencari kata kunci abadi atau artikel abadi, maka harus menggunakan Google Trends. Kita dapat melihat seberapa besar kata kunci yang di ketikkan oleh pencari dari seluruh dunia dan untuk jangka waktunya pun dapat kita atur. Misal, kita ingin melihat topik KPOP seberapa lama populernya dan kita tentukan waktunya 5 tahun kebelakang maka kita akan melihat grafik kata kunci KPOP. Banyak orang yang mengatakan, apabila grafik diatas 50 maka kata kunci tersebut dapat kita jadikan artikel, karena pencarian setiap bulannya cenderung stabil.

11. Wordtracker

Rekomendasi Situs Untuk Riset Keyword

Nah, wordtracker ini juga merupakan situs untuk riset kata kunci. Terdapat 2 versi, yaitu berbayar dan gratis dimana versi berbayar akan menampilkan hasil yang lebih banyak dari pada versi gratis atau kalian hanya membutuhkan sugesti beberapa kata kunci saja. Maka kalian dapat menggunakan versi gratis.

Bonus Rekomendasi Terbaru

What'sMySerp

What'sMySerp juga menyediakan layanan Keyword Rank Tracker dan Related Keyword secara gratis dan ada juga yang berbayar. Rank Tracker dapat kita gunakan untuk mengetahui posisi website kita yang ada pada mesin pencari menggunakan kata kunci yang kita tentukan. Misalnya, kalian memiliki website tutorial android dan kalian ingin mengetahui ketika menggunakan kata kunci "Tutorial Android" website kalian akan berada posisi berapa.

What'sMySerp


Sedangkan, related keyword juga dapat kalian gunakan untuk riset kata kunci. Seperti, mengembangkan kata kunci long tail dan mengetahui volume pencarian dan CPC pada kata kunci tersebut. Related keyword atau WMS Everwhere yang diberikan oleh What'sMySerp gratis tanpa memungut biaya dan untuk Rank Trackernya untuk versi gratisnya di batas sebanyak 25 kata kunci.

What'sMySerp


Untuk menggunakan layanan gratis ini, kalian dapat mengunduh WMS Everywhere dan memasang plugin tersebut di browser Google Chrome kalian. Sehingga nanti secara otomatis plugin tersebut akan aktif ketika kalian mengetikkan kata kunci di Google. Serta akan menampilkan list related keyword.

Post a Comment for "11 Situs Riset Keyword Terbaik Gratis Dan Berbayar"