Ads

Cara Hapus Virus Shortcut Di Flashdisk 2018

Cara Hapus Virus Shortcut Di Flashdisk 2018

Kembali lagi bersama Sarjana Pedia, Artikel kali ini kita akan membahas kembali tentang masalah utama yang terjadi pada komputer yaitu virus komputer. Virus komputer memang diciptakan untuk merusak komputer, memperlambat kinerja komputer, menganggu pengguna komputer, mencuri data pada komputer, memata - matai aktivitas pengguna di komputer, dan banyak lagi yang tentunya bersifat merusak.

Tidak hanya itu, virus komputer pun memiliki jenis yang bermacam - macam. Mulai dari yang sangat berbahaya sehingga membutuhkan penanganan khusus hingga kelas yang tidak terlalu membahayakan.

Kita akan membahas tentang virus shortcut, bagi yang pernah berurusan dengan virus shortcut pasti tidak ingin lagi komputernya terinfeksi virus ini. Virus shortcut merupakan virus yang berjenis worm nama lain dari virus shortcut adalah ramnit. 

Ada 2 jalur penyebaran dari virus ini yaitu, melalui internet atau melalui media penyimpanan contohnya flashdisk. Tetapi banyak kasus virus shortcut ini menyebar melalui flashdisk yang telah terinfeksi oleh virus shortcut. Nah, solusi satu - satunya yaitu menumpas virus shortcut yang terdapat pada flashdisk tersebut.

Baca Juga : 5 Situs Penyedia Layanan Scan Malware Komputer Secara Online Gratis

Cara Mengatasi Virus Shortcut Menggunakan Antivirus

Apabila komputer kalian terdapat antivirus, kalian dapat menggunakan antivirus tersebut untuk menumpas induk virus shortcut tersebut. Karena virus shortcut ini tergolong masalah umum akan tetapi harus sangat diperhatikan agar infeksi tidak terlalu parah sehingga meminimalisir adanya data komputer yang rusak akibat infeksi virus shortcut ini.

Kalian dapat menggunakan fitur full scan dan lakukan scanning pada flashdisk kalian yang terinfeksi virus shortcut. Apabila kalian bingung antivirus apa yang ampuh untuk mengatasi virus shortcut, Sarjana Pedia merekomendasikan 5 antivirus yang memiliki reputasi baik di tahun 2018.

Cara Mengatasi Virus Shortcut Tanpa Antivirus

Kalian juga dapat mencoba tips menghapus virus shortcut tanpa menggunakan antivirus apabila di komputer kalian tidak terdapat antivirus. Pada sistem operasi Windows terdapat Command Prompt dimana nanti CMD tersebut kita gunakan untuk memanggil sebuah perintah agar menampilkan seluruh folder dan file yang tersembunyi. Oke langsung saja ke langkah - langkahnya.

Langka pertama, kalian dapat menekan Windows + R secara bersamaan pada keyboard kalian. Sehingga, nanti akan muncul kota Run apabila sudah muncul kotak run kalian dapat mengetikkan CMD untuk menampilkan Command Prompt.


Cara Hapus Virus Shortcut Di Flashdisk 2018 | Langkah 1

Langkah kedua, CMD akan muncul seperti gambar dibawah.


Cara Hapus Virus Shortcut Di Flashdisk 2018 | Langkah 2

Langkah ketiga, ketikkan drive flashdisk kalian. Misal, flashdisk saya pada drive F maka saya ketikkan F: pada CMD agar kita dapat masuk ke drive F melalui CMD.


Cara Hapus Virus Shortcut Di Flashdisk 2018 | Langkah 3

Langkah keempat, apabila sudah masuk ke drive flashdisk kalian. Selanjutnya, kalian dapat mengetikkan perintah attrib -s -h -r /s /d pada CMD dan tunggu proses hingga selesai.


Cara Hapus Virus Shortcut Di Flashdisk 2018 | Langkah 4

Disini akan saya jelaskan sedikit tentang apa maksud dari perintah tersebut. 

  • ATTRIB merupakan singkatan dari attribute dimana fungsi dari perintah ini adalah untuk melihat atau merubah atribut pada sebuah file atau folder.
  • -S atribut sistem.
  • -H atribut hidden.
  • -R atribut read only.
  • /S menyertakan file yang terdapat pada sub-folder.
  • /D menyertakan semua file dalam folder.
Nah, selanjutnya kalian dapat buka flashdisk kalian melalui windows explorer nanti akan terlihat seluruh file yang terhidden oleh virus shortcut ini. Kalian dapat menghapus folder atau file yang masih berekstensi shortcut.

0 Response to "Cara Hapus Virus Shortcut Di Flashdisk 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel