Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam Macam Processor Yang Terdapat Pada Smartphone


Kita hidup di zaman dimana teknologi gencar gencarnya berkembang dengan sangat pesat. Salah satu bentuk berkembangnya teknologi di zaman sekarang adalah Smartphone. Siapa yang tidak tau smartphone? Benda yang berbentuk persegi panjang ini memiliki banyak sekali fungsi yang dapat mempermudah manusia.

Smartphone merupakan bukti dari perkembangan dari ponsel genggam, mulai dari era ponsel genggam yang hanya bisa melakukan sms dan calling hingga sekarang ponsel genggam dapat digunakan untuk mencari apa yang kita butuhkan bahkan dapat melakukan transaksi secara online.

Tentu, di balik banyaknya fungsi dari smartphone yang dapat kita rasakan ada terdapat 1 komponen yang terdapat smartphone. Komponen tersebut menjadi pusat segala aktivitas yang kita lakukan di smartphone atau dapat bisa kita katakan komponen tersebut menjadi otak smartphone.
Gambar Processor Komputer

Processor yang terdapat pada komputer maupun smartphone mempunyai fungsi yang sama. Fungsi dari processor adalah mengontrol seluruh jalannya sistem dan digunakan untuk melakukan perhitungan dan menjalankan proses.

Jadi, processor ini merupakan komponen yang sangat berpengaruh dengan kinerja dan kemampuan komputer atau smartphone. Pada saat ini, sudah banyak sekali processor processor yang di luncurkan dan memiliki kelebihan masing masing, serta kekurangan masing masing. 

Gambar Processor Smartphone
Nah, lalu apa bedanya dengan processor yang terdapat pada komputer? Banyak sekali perbedaan yang dapat kita identifikasi. Adapun beberapa perbedaan antara processor komputer dengan smartphone yang paling mendasar.

  • Peforma yang berbeda jauh dengan peforma processor komputer.
  • Skala kerja yang berbeda antara komputer dengan smartphone.
  • Processor smartphone didesain dengan thermal design power yang rendah.
Walaupun terdapat perbedaan antara processor smartphone dan smartphone komputer. Tetapi, tetap saja processor baik yang terdapat pada smartphone ataupun komputer memiliki fungsi yang sama. Oke, selanjutnya langsung ke macam macam processor yang terdapat pada smartphone.

Macam Macam Processor Yang Terdapat Pada Smartphone

Qualcomm Snapdragon

Processor smartphone buatan amerika ini, banyak sekali terdapat pada smartphone. Ada beberapa smartphone yang menggunakan processor Qualcomm Snapdragon.

  • Xiaomi Redmi 5 Plus.
  • Xiaomi Mi A1.
  • Lenovo P2.
  • Motorola Moto Z Play.
  • Asus Zenfone 3.
  • Vivo V5 Plus.
  • BlackBerry Keyone.
  • Samsung Galaxy C7.
Chipset ini tergolong lebih berkelas dibanding dengan chipset chipset merk lainnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya produk smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon.

Kelebihan dari chipset ini salah satunya yaitu, memiliki konektivitas yang sangat baik ditambah lagi apabila smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon didukung dengan jaringan 4G. 

Selain itu, chipset ini juga mendukung fast charging dan memiliki kualitas foto yang bagus dengan dukungan Qualcomm Spectra 160 Image Signal Processor. Jadi beberapa kelebihan tersebut membuat chipset Qualcomm Snapdragon menjadi lebih unggul dan dipercaya untuk digunakan pada vendor vendor smartphone.

MediaTek

Processor Mediatek dianggap oleh banyak orang menjadi saingan Qualcomm Snapdragon. Walaupun hanya anggapan oleh banyak orang akan tetapi faktanya chipset Mediatek ini memang menjadi saingan chipset Snapdragon. Adapun beberapa smartphone yang menggunakan chipset mediatek.

  • Sony Xperia C4.
  • Vivo X5 Max Platinum Edition.
  • Meizu MX4.
  • Advan i6.
Kelebihan dari chipset Mediatek ini diantaranya, chipset ini menjadi chipset pertama kali yang menggunakan True Octa Core pertama. Apa itu true octa core? True octa core merupakan proseso yang memiliki 8 inti yang mana semua inti tersebut memiliki kecepatan yang sama.

Tidak hanya true octa core, akan tetapi Mediatek juga menjadi produk chipset pertama yang meluncurkan produk chipsetnya yang memiliki Deca Core (10 inti). Nama produk chipset yang memiliki 10 inti dari Mediatek adalah, Helio X20.

Selain itu, kelebihan chipset Mediatek yaitu harga yang relatif lebih murah dibanding chipset Qualcomm Snapdragon.

Exynos

Processor yang satu ini buatan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang elektronik yaitu Samsung. Walaupun buatan Samsung, ternyata tidak hanya digunakan oleh produk produk dari Samsung sendiri. Vendor smartphone Meizu juga tertarik menggunakan chipset buatan Samsung ini yaitu Exynos.

Di antaranya ada Meizu M6S yang menggunakan chipset Exynos 7872 dan Meizu Pro 5 yang menjadi smartphone pertama dari vendor Meizu yang menggunakan chipset Exynos 7420 Octa.

Adapun beberapa kelebihan dari chipset Exynos, keunggulan dari chipset ini yaitu tidak terlalu banyak mengonsumsi daya (hemat baterai) dan kinerja multitasking yang sangat optimal. Tidak hanya itu, kecepatan dari chipset Exynos pun juga tidak kalah saing yaitu 1.6 Ghz.

Nvidia Tegra

Processor buatan dari perusahaan Nvidia ini juga tergolong berkelas dan mempunyai kemampuan yang tidak kalah dengan processor lainnya. Chipset ini cocok untuk kalian yang hobi bermain game di platform smartphone. Adapun beberapa smartphone yang menggunakan chipset Nvidia tegra.

  • Xiaomi Mi3.
  • Nvidia Shield Tablet.
  • Nvidia Shield LTE.
  • Nvidia Shield.
  • Nvidia Shield K1.
Kelebihan dari chipset ini adalah kemampuannya dalam mengolah grafis dan konsumsi daya yang rendah. Sehingga, smartphone yang dilengkapi dengan chipset ini menjadi lebih optimal dan cocok untuk seorang gamer smartphone.

Post a Comment for "Macam Macam Processor Yang Terdapat Pada Smartphone"