Ads

Cara Menghapus Virus .CRAB Di Komputer


Artikel kali ini Sarjana Pedia kembali membahas tentang permasalahan yang terdapat pada komputer kembali khususnya sistem operasi Windows. Virus komputer merupakan masalah yang sangat umum, hanya saja penanganannya berbeda-beda. Ada yang hanya dengan menggunakan anti virus lalu virus akan musnah hingga penanganan serius seperti, harus melakukan decrypt agar komputer kembali normal atau melakukan install ulang sistem operasi.

Dengan keberadaan virus yang bersarang pada komputer kita, tentu sangat menganggu dalam mengoperasikan komputer kita dengan baik. Gangguan - gangguan yang diberikan virus-pun bermacam-macam, karena virus tidak hanya 1 jenis akan tetapi, banyak sekali jenis - jenisnya. Adapun dibawah ini beberapa jenis - jenis virus yang sangat populer dan dikenal masyarakat dunia maya.

  • Malware
Malware memiliki kepanjangan yaitu Malicious Software. Malware ini adalah sebuah gangguan pada komputer yang banyak sekali yang sudah menjadi korban dari virus komputer yang satu ini.

Penyebab sebuah komputer terjangkit virus malware ini karena, mengunduh sebuah software yang tidak resmi, mengakses website yang mengandung malware, tersebar melalui e-mail, memasang aplikasi yang terjangkit malware.

Malware mencakup virus trojan horse, worm, rootkit, spyware, adware, dan sebagainya. Cara kerjanya pun pastinya membuat komputer yang diserang menjadi susah dikontrol ataupun mencuri informasi yang terdapat pada komputer yang diinfeksi. 

Contoh virus CloudNet yang termasuk ke dalam virus berjenis malware - adware. 
  • Trojan Horse
Trojan horse berasal dari asal usul perang troya, dimana pasukan yunani menyerang kota troya yang memiliki benteng yang sangat kokoh. Menurut cerita kota troya dikepung selama 10 tahun lamanya dan mampu serangan dari pasukan yunani. 

Akan tetapi, pasukan yunani memiliki taktik yaitu membuat kuda troya yang sangat besar. Dimana, didalam kuda troya tersebut diisi oleh pasukan - pasukan yunani lalu, kuda troya tersebut di tinggal didepan benteng kota troya.

Melihat pasukan - pasukan yunani mundur dari garis, maka orang - orang troya dan mengangkut kuda troya tersebut masuk kedalam benteng mereka. Kuda troya tersebut menurut orang - orang troya menjadi simbol menyerah dari pasukan yunani.

Malam pun tiba, pasukan - pasukan yunani keluar dari kuda troya tersebut dan menyerang kota troya hingga menundukkan kota troya.

Nah, virus trojan horse ini cara kerjanya seperti kuda troya yang dikirim oleh pasukan yunani. Jadi, virus trojan horse akan menempel pada aplikasi yang akan di pasang di komputer. Apabila kalian memasang aplikasi yang terinfeksi trojan horse maka, virus pun akan menyebar ke seluruh komputer kalian.
  • Worm
Worm merupakan gangguan komputer yang berbentuk virus lalu kemampuan dari virus ini adalah dapat menggandakan dirinya sendiri dengan memanfaatkan jaringan LAN/MAN/WAN hingga menjadi banyak dan menyebar ke internet ataupun melalui media penyimpanan.

Virus worm akan memperlambar kinerja komputer sehingga, komputer yang terjangkit virus worm akan terasa berat sekali apabila ingin dioperasikan walaupun tidak menjalankan aplikasi berat.

Virus worm menyebar melalui internet baik melalui e-mail ataupun website - website yang terjangkit virus worm. Jadi, hati - hati apabila ingin mengakses sebuah situs yang kurang trusted.
  • Ransomware
Kalau virus yang satu ini, merupakan evolusi atau perkembangan dari virus komputer. Pasalnya, virus ini perlu penanganan yang sangat serius. Bagaimana tidak, virus ini melakukan enkripsi ke seluruh file kita. Biasanya file yang dienkripsi oleh virus ransomware mempunyai ekstensi .docx (Word), .mp3 (Music), .exe (Aplikasi), .mp4 (Video), dan masih banyak lagi.

Sudah banyak sekali pengguna komputer yang menjadi korban virus penculik ini. Virus ini akan meminta tebusan berupa uang kepada pemilik komputer yang terinfeksi, dengan memberi notifikasi pada komputer tersebut dan meminta tebusannya dalam bentuk mata uang virtual (bitcoin).

Contoh dari virus ransomware adalah WannaCry, virus wannacry sempat membuat heboh seluruh dunia karena ulah dari virus ini. Total ada 300ribu komputer yang terinfeksi virus wanncry dari 150 negara dan Indonesia masuk kedalam peringkat kedua yang banyak menjadi korban virus wannacry. Tidak hanya itu, tebusan yang dimintapun tembus hingga 600 juta wow! fantastis bukan?
  • Adware
Adware merupakan sebuah iklan digital yang terdapat pada website dan terdapat script pada halaman web tersebut agar adware dapat berjalan sendiri secara otomatis. Biasanya, adware ini datang dari ekstensi atau add on pada browser yang terinstall. Contohnya, MyWay Search Bar yang terpasang adware dan spyware.

Apabila komputer kalian terinfeksi adware maka, ciri khas dari virus ini adalah membuat browser sendiri dan membuka alamat website yang tidak jelas dan itu berkali kali bahkan sangat sering. Tentunya sangat menganggu bukan?
  • Spyware
Virus spyware didesain menjadi mata mata untuk sebuah komputer. Cara kerja virus ini tidak terlihat layaknya seorang agen khusus. Sesuai namanya, virus ini memata matai komputer yang terinfeksi dan bahkan hingga mencuri informasi dan dikirim ke pembuat virus spyware. Sangat berbahaya apabila yang dicuri adalah dokumen rahasia.

Itulah beberapa jenis virus yang populer didunia maya maka dari itu, kita jangan lupa untuk memberikan perlindungan untuk komputer kita seperti menggunakan 5 anti virus yang direkomendasikan oleh Sarjana Pedia


Virus .CRAB dan .KRAB

Akan tetapi, kita tidak akan membahas tentang jenis jenis virus tersebut. Kita akan membahas virus GandCrab, virus ini termasuk jenis ransomware. Virus ini meminta tebusan sebesar $500 dan file yang terenkripsi ekstensinya akan berubah menjadi .crabPenyebarannya melalui spam email.

Virus ini juga sudah memiliki perkembangan yaitu, GandCrab V4 yang mana file yang terenkripsi menjadi .KRAB. Selain itu, virus ini meminta tebusan sebesar $1000 atau sekitar 14juta rupiah. 


Bagaimana Cara Mengatasinya?


  • Menggunakan Aplikasi Pemindai SpyHunter



Kalian memerlukan aplikasi anti malware bernama SpyHunter 4. Antimalware ini pernah saya gunakan dalam mengatasi virus CloudNet yang pernah menginfeksi laptop teman saya. Memang, antimalware Spyhunter ini banyak dijadikan senjata utama melawan malware. Untuk instruksi panduan instalasi, kalian dapat melihatnya di Forum Sensor Tech. Setelah itu, kalian dapat mulai melakukan pemindaian dengan menjalankan Start New Scan.
  • Melakukan System Restore
System Restore merupakan sebuah fitur yang terdapat pada sistem operasi Windows. Fitur ini berfungsi untuk mengembalikan kondisi sistem operasi ke titik yang ditentukan. Fitur system restore mirip dengan Undo, hanya saja yang dikembalikan adalah kondisi sistem operasi Windows.

Jadi, apabila kalian melakukan system restore pada komputer kalian. Maka, file dan data yang terdapat pada komputer kalian akan terhapus permanent. Termasuk virus virus yang bersarang komputer, sekilas memang mirip install ulang. Tetapi tetap berbeda, karena kita tidak memerlukan sebuah bootable.
  • Install Ulang
Ini senjata paling ampuh, yaitu mengganti seluruh sistem utama Windows dengan yang baru. Induk dari virus akan hilang, akan tetapi kalian memerlukan Data Recovery Pro agar file yang terenkripsi dapat pulih kembali. Tapi, tidak semuanya akan pulih ya ada beberapa file yang tidak dapat dipulihkan karena memang sudah rusak karena virus ransomware.


Sebelum itu, kalian harus mengunduh aplikasi Data Recovery Pro di situs resmi terlebih dahulu. Apabila sudah, kalian dapat menginstall aplikasi tersebut pada komputer kalian dan menjalankan lalu akan muncul seperti gambar diatas. Kalian dapat memulai pemindaian dengan menekan tombol Start Scan.


Tunggu hingga proses pemindaian selesai. Yang terpindai, berarti file tersebut masih dapat diselamatkan.
  • Mengubah Versi Windows Ke Versi Lama
Cara ini memiliki syarat yaitu, komputer harus sudah melakukan system restore.

1. Kalian klik kanan pada file yang ingin kalian pulihkan.
2. Pilih Properties.
3. Lalu, pilih tab previous version
4. Setelah itu, pada kolom File Version: pilih long time ago dan akan muncul file kalian lalu klik Restore.

0 Response to "Cara Menghapus Virus .CRAB Di Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel