Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Aplikasi Yang Wajib Ada Di Komputer Kamu


Jika membicarakan tentang komputer pasti tidak jauh dengan Software dan Hardware. Nah, pada kesempatan kali ini admin mau membahas tentang 8 Aplikasi Yang Wajib Di Komputer Kamu

Aplikasi yang terdapat komputer maupun smartphone sudah banyak sekali kita jumpai maupun kita operasikan dan memiliki fungsi masing - masing. Tetapi, kita tidak akan membahas aplikasi yang terdapat pada smartphone. Akan tetapi, kita akan membahas tentang aplikasi yang terdapat pada komputer.

Aplikasi termasuk ke dalam sub kelas dari Software. Untuk contoh, pasti kalian sudah tau bentuk - bentuk aplikasi seperti apa dan kalianpun pasti menggunakan aplikasi setiap hari baik melalui PC,laptop,ataupun smartphone. Adapun beberapa jenis aplikasi - aplikasi yang kita jumpai ataupun kita gunakan.

  • Aplikasi pengolah gambar.
  • Aplikasi editing video.
  • Aplikasi pemutar media.
  • Aplikasi permainan.
  • Aplikasi pengolah kata.
  • dan lain - lain.
Nah, tetapi ada 8 aplikasi yang wajib kalian pasang di komputer kalian. aplikasi - aplikasi tersebut diantaranya ada yang memiliki fungsi untuk melindungi komputer kalian, membantu pekerjaan kalian, mengoptimalkan kinerja komputer kalian, dan sebagainya. Yuk, simak 8 aplikasi di bawah ini.

1. Driver



Admin tidak akan menjelaskan terlalu panjang tentang aplikasi driver ini karena, artikel mengenai aplikasi driver sudah admin buat sebelumnya.

Driver dapat berbentuk sebuah aplikasi ataupun berbentuk fisik (CD/DVD) dan driver termasuk ke dalam aplikasi utilitas karena, fungsi dari driver ini untuk mengoptimalkan kinerja perangkat keras atau juga dapat menyinkronkan antara perangkat lunak dengan perangkat keras.

Jadi, apabila komputer kalian tidak terdapat driver maka ada beberapa aplikasi ketika kalian buka tidak dapat berjalan. Hal ini dikarenakan, aplikasi tersebut memerlukan program utilitas agar software dan hardware dapat bekerja dengan benar untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, kalian dapat membaca artikel Fungsi/Kegunaan Driver Pada Komputer Yang Tidak Kalian Ketahui.


2. Anti Virus


Aplikasi yang satu ini pasti kalian sudah tidak asing lagi. Aplikasi antivirus berfungsi untuk melindungi komputer kalian dari serangan virus. Bentuk serangan dari viruspun bermacam - macam, mulai dari memanipulasi, mencuri data, merusak sistem, meminta tebusan, virus iklan. Maka dari itu, admin rekomendasikan 5 antivirus yang ampuh untuk melindungi komputer kalian.

Aplikasi antivirus tergolong aplikasi yang wajib di komputer kamu, demi keamanan dan kenyamanan komputer kamu. Tetapi ada beberapa antivirus yang malah membuat komputer kamu lemot karena memakan RAM terlalu banyak. Nah, solusi untuk masalah tersebut kalian dapat menggunakan antivirus untuk RAM kecil atau menggunakan Windows Defender yang cukup ampuh untuk mengatasi virus.


3. Microsoft Office Word


Nah, kalau aplikasi yang satu ini pasti kalian juga sudah kenal bahkan sudah sangat akrab dengan menggunakan Microsoft Office Word setiap harinya untuk mengetik tugas, membuat tabel, dan sebagainya.

Kenapa word begitu penting? Sebenarnya tergantung kebutuhan juga, tetapi aplikasi ini tetap menjadi aplikasi yang wajib di komputer kamu. Fungsi dari Microsoft Office Word selain menjadi pengolah kata, juga dapat untuk menentukan ukuran foto dengan satuan cm.

Saya pernah mencetak foto ukuran 3X4 melalui Microsoft Office Word ini. Ternyata, banyak sekali fungsi yang dapat kita lakukan melalui aplikasi Office Word.


4. Microsoft Office Excel



Aplikasi Microsoft Office Excel sudah menjadi satu paket apabila kalian menginstall paket Microsoft Office. Microsoft Office Excel juga sangat penting untuk kalian yang bekerja di kantor, aplikasi ini sangat berguna untuk membantu kalian dalam menyelesaikan laporan SPJ atau laporan keuangan.

Di dalam aplikasi excel ini juga terdapat fitur penjumlahan, pengurangan, pembagian, rata - rata, dan sebagainya. Jika, kalian ingin mempelajari Microsoft Office Excel lebih dalam pasti banyak sekali manfaat yang akan kita ketahui dari aplikasi ini selain untuk menjumlahkan atau mengurangkan.


5. Microsoft Office Power Point


Kalau yang ini, pasti wajib untuk seorang siswa atau mahasiswa termasuk saya. Aplikasi power point sangat berguna untuk membantu kita dalam membuat presentasi untuk memenuhi pekerjaan atau menyelesaikan tugas.

Banyak sekali fitur yang disediakan power point demi mempermudah penggunanya dalam membuat presentasi. Mulai dari menentukan tema presentasi, mengunggah gambar dan video, menentukan jenis font dan ukuran font, serta menata letak agar hasil presentasi yang kita buat menjadi lebih professional dan mempermudah kita dalam menjelaskan.

Aplikasi power point juga sudah menjadi satu paket dalam Microsoft Office. Jadi, jika kalian menginstall paket Microsoft Office di komputer kalian maka, kalian juga akan mendapatkan produk Power Point.

6. Browser


Browser merupakan perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan berinteraksi dengan sebuah server(penyedia layanan). Contohnya, kalian mengetikkan alamat facebook atau google di browser berarti, kalian meminta request dari server utama facebook atau google dengan melakukan interaksi melalui browser.

Nah, kalian pasti sudah tau jika belum tau mana mungkin kalian sampai ke artikel ini hehehe. Banyak sekali browser yang tersedia dengan keunggulan masing - masing, saat ini pengguna Google Chrome menjadi pilihan terbanyak oleh masyarakat dunia maya.

Jadi, untuk point ini tidak terlalu panjang ya.

7. Pemutar Media


Aplikasi pemutar media berfungsi untuk menjalankan berkas multimedia dalam bentuk audio atau video. Nah formatnya pun bermacam - macam sekarang, ada yang memiliki format .mp3, .mp4, .mkv, .wav, dan sebagainya.

Aplikasinya pun juga banyak sekali, ada Windows Media Player produk pemutar media dari Microsoft, Winamp, KMPlayer, VLC Media Player, dan lain - lain.

8. Winrar


Aplikasi yang satu ini kalian juga tidak asing lagi karena, fungsi dari Winrar adalah selain membuat arsip juga dapat berfungsi untuk mengkompres sebuah file hingga 40%.

Misal, jika kalian mempunyai sebuah file berukuran 100 MB maka jika kalian buat arsip menggunakan Winrar ukuran arsip tersebut dapat berubah menjadi 40MB dengan format .RAR atau .ZIP. Jadi, dengan adanya fitur kompres dapat menghemat kapasitas drive kalian.

Selain itu, banyak sekali file yang diarsipkan dalam bentuk .RAR dan .ZIP jadi, kalian harus menggunakan Winrar untuk membuka arsip tersebut.

Itulah 8 aplikasi yang wajib ada di komputer kalian, terima kasih semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.

Post a Comment for "8 Aplikasi Yang Wajib Ada Di Komputer Kamu"