Ads

5 Cara Mudah Mengamankan Komputer Dari Serangan Virus


Komputer diciptakan untuk mempermudah dan meringankan beban pekerjaan manusia. Akan tetapi, tidak selamanya komputer dapat membuat meringankan beban pekerjaan manusia. Kadang kala terdapat kendala atau masalah, dan salah satunya adalah serangan virus. Apabila komputer kita terkena serangan virus tentunya kita berusaha untuk mengamankan komputer kita agar tidak terlalu parah ataupun menyebar.

Nah, apabila komputer kita tidak terkena virus alangkah baiknya kita persiapan untuk melindungi komputer kita dari adanya serangan virus nantinya. Terkadang serangan virus terjadi karena ulah kita sendiri. Adapun beberapa penyebab terjadinya serangan virus ke komputer kita.
  • Mengunduh aplikasi tidak jelas yang dapat berpotensi menciptakan serangan berjenis trojan ataupun malware.
  • Menonaktifkan firewall.
  • Tidak memasang antivirus.
  • Menghubungkan flashdisk yang terinfeksi virus ke komputer kita.
  • Dan masih banyak lagi.
Maka dari itu, kita sebagai pengguna komputer harus melindungi komputer kita dari serangan virus yang nantinya akan membuat masalah dan menganggu pekerjaan kita. Sarjana Pedia akan memberikan 5 Cara Mudah Mengamankan Komputer Dari Serangan Virus.


Selalu Memasang dan Mengaktifkan Antivirus


Terkadang banyak orang yang menyepelekan software yang satu ini, yaitu antivirus. Antivirus sangat berguna dalam memberikan perlindungan atau proteksi terhadap komputer kita dari adanya potensi serangan virus. 

Banyak sekali produk - produk digital antivirus yang dapat kalian gunakan untuk melindungi komputer dari gangguan virus. Selain itu, tidak hanya untuk memproteksi komputer dari virus. Akan tetapi, banyak fitur yang ditawarkan seperti flashdisk protection, E-mail scanner, Safe surfing, dan masih banyak lagi.

Apabila kalian bingung ingin menggunakan antivirus mana yang cocok untuk komputer kalian. Sarjana Pedia merekomendasikan 5 antivirus dengan layanan terbaik 2018.

Usahakan Menggunakan Produk Original / Asli


Usahakan selalu menggunakan produk original atau asli. Selain menghindari adanya virus yang menyusup, kita juga turut membantu developer atau pembuat aplikasi tersebut serta menghargai developer dengan tidak menggunakan software bajakan.

Menggunakan produk bajakan dapat mengundang virus dapat dibuktikan ketika menginstall atau menjalankan KMS ilegal dan software antivirus mendeteksi aplikasi KMS ilegal tersebut sebagai virus.

Tidak hanya itu, kita juga tidak tau siapa yang membuat KMS ilegal tersebut dan apakah terdapat code atau script yang berbahaya untuk komputer kita atau tidak. Nah, aplikasi tersebut dapat kita sebut aplikasi yang tidak jelas asal usulnya.


Mengaktifkan Firewall dan Windows Defender


Karena sistem operasi Windows banyak sekali penggunanya dan sangat rentan terhadap serangan virus. Maka, Windows mengembangkan fitur Windows Defender. Fitur ini sangat berguna dan berfungsi untuk melindungi pengguna sistem operasi Windows dari program illegal. 

Konsepnya sama dengan antivirus pada dasarnya, hanya saja apabila kalian membeli sistem operasi Windows original maka kalian berhak mendapatkan Windows Defender dengan layanan maksimal dan Windows Firewall secara gratis.

Adapun beberapa fitur - fitur unggulan yang terdapat pada Windows Defender. Yaitu, Firewall & network protection, App & browser control, Family options, dsb.


Lakukan System Update Setiap Saat


Melakukan pembaharuan pada system juga dapat meningkatkan keamanan serta mengganti file - file system rusak yang dapat berpotensi menjadi celah untuk virus menyusup ke komputer kita.

Memang melakukan system update membutuhkan waktu yang lama serta koneksi yang stabil agar pengunduhan proses system update menjadi lancar. Akan tetapi, apabila kalian update melalui koneksi Wi-fi yang stabil proses pengunduhan dapat selesai dengan normal.


Berhati hati Dalam Mengakses Internet


Virus tidak hanya menyusup melalui aplikasi. Akan tetapi, juga dapat melalui website yang terinfeksi malware. Banyak sekali website yang telah terinfeksi malware dan kita tidak tau apakah website tersebut terdapat virus atau tidak.

Jadi, kalian perlu berhati - hati dalam berselancar di dunia maya. Pastikan website yang kalian kunjungi menggunakan protokol HTTPS, protokol https dapat dibilang lebih aman antara komunikasi client dengan server dibanding dengan protokol HTTP. Adapun beberapa perbedaan antara protokol HTTPS dengan HTTP.

0 Response to "5 Cara Mudah Mengamankan Komputer Dari Serangan Virus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel