Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus History di Google dan Youtube


Halo sobat Sarjana Pedia, bagaimana kabar kalian? Pastinya baik baik saja dan sehat selalu. Sudah lama Sarjana Pedia tidak mempublish artikel di karenakan admin sibuk dengan final projek kuliah yang banyak sekali. Selain itu, admin juga baru selesai UAS sehingga baru hari ini admin dapat mengurus blog ini kembali.

Oke langsung saja, pada artikel kali ini Sarjana Pedia akan memberikan kalian tips sedikit. Kalian pastinya sudah tidak asing lagi dengan mesin pencari Google dan situs penyedia layanan streaming Youtube. Ya, kedua situs ini pasti kalian kunjungi setiap hari dan tidak akan lepas dari kedua situs ini. 

Sebelum mendapati apa yang kalian cari, pasti kalian harus mengetikkan sebuah kata kunci yang berkaitan dengan apa yang kalian cari. Contohnya, kalian mencari gambar buah apel segar, kalian dapat mengetikkan gambar buah apel maka, mesin pencari Google akan menayangkan hasil pencarian dan akan diberikan kepada anda.

Selain mendapati hasil apa yang kalian cari, hasil dari apa yang kalian cari tersebut disimpan ke sebuah history yang terdapat pada browser maupun email kalian. Menghapus history pada browser sangatlah mudah, karena kita hanya masuk ke menu setting dan memilih menu hapus riwayat pencarian.

Nah, kalau menghapus hasil pencarian pada Google dan Youtube bagaimana? Memang kelihatannya mudah tetapi banyak orang yang tidak tau bagaimana cara menghapus history pencarian di Google dan Youtube lho.

Yuk, simak Cara Menghapus History di Google dan Youtube.


Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google

Google My Activiy adalah sebuah fitur yang di sediakan oleh Google yang berfungsi untuk memantau seluruh aktivitas akun Google kalian, baik melakukan aktivitas melalui smartphone maupun PC.

Seluruh aktivitas tersebut di simpan pada Google My Activity. Mulai dari kalian membuka aplikasi pada smartphone atau mengetikkan kata kunci pada mesin pencari Google hingga jam,tanggal,dan tahun kapan kalian melakukan aktivitas tersebut. Sehingga, fitur ini sangat berguna untuk melihat aktivitas apa saja yang kalian lakukan di hari - hari sebelumnya.

Selain melihat aktivitas akun Google kalian. Google My Activity juga menyediakan fitur mengontrol aktivitas kalian. Contohnya, menghapus riwayat pencarian, melihat video yang kalian sukai dan tidak di sukai pada situs Youtube, dan masih banyak lagi.

Nah, lalu bagaimana caranya menghapus riwayat di situs Google dan Youtube?

Langkah pertama, kalian harus login akun Google terlebih dahulu. Jika belum punya akun Google kalian dapat mendaftar terlebih dahulu, apabila belum punya akun Google kalian dapat melihat artikel Cara Mendaftar Email.

Jika kalian sudah login, kalian dapat menuju Google My Activity dengan menuliskan https://myactivity.google.com/myactivity pada address bar di browser kalian masing - masing.



Nanti kalian akan masuk ke sebuah halaman seperti gambar di atas. Selanjutnya, kalian dapat menuju menu Delete activity by pada sebelah kiri layar.



Nah pada langkah ini, kalian dapat memilih produk yang ingin kalian hapus riwayatnya dan pada Delete by date kalian dapat menentukan dari mana riwayat akan di hapus.



Contoh, saya ingin menghapus riwayat aktivitas pada situs Youtube. Maka, All products dapat di ganti dengan Youtube. Selanjutnya, klik Delete dan nanti kalian akan mendapat notifikasi terlebih dahulu yang isinya bahwa apabila riwayat aktivitas anda di hapus maka tidak dapat dipulihkan kembali. Jika sudah, kalian dapat klik Delete kembali.

Apabila ingin menghapus riwayat pencarian pada mesin pencari Google, kalian dapat mengganti All products dengan Search.

Cara Menghapus Riwayat Pada Situs Youtube


Selanjutnya cara menghapus riwayat pada situs youtube. Pada situs Youtube juga terdapat fitur History yang dapat kalian lihat kembali dan kalian kontrol. Fungsi fitur history pada situs Youtube tidak jauh beda dengan Google My Activity. Lalu, bagaimana caranya menghapus riwayat pada situs Youtube?

Langkah pertama, kalian dapat menuju fitur History pada Youtube. Kalian dapat mengetikkan alamat atau klik link di samping https://www.youtube.com/feed/history. Selanjutnya, kalian pilih menu CLEAR ALL WATCH HISTORY untuk menghapus seluruh riwayat aktivitas kalian pada situs Youtube.

Apabila kalian ingin menghapus riwayat pencarian pada situs Youtube, kalian dapat memilih Search History.


Jika kalian sudah menekan CLEAR ALL WATCH HISTORY maka nanti akan muncul notifikasi seperti di atas dan kalian dapat menekan tombol yang bertuliskan CLEAR WATCH HISTORY yang bewarna merah untuk menghapus seluruh riwayat pada situs Youtube.

Post a Comment for "Cara Menghapus History di Google dan Youtube "