Ads

Cara Memberi Password Pada Flash Disk Windows 10

Cara Memberi Password Pada Flash Disk Windows 10

Cara Memberi Password Pada Flash Disk Windows 10 - Flashdisk merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan secara permanent atau bersifat non-volatile. Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan perangkat keras yang satu ini, flashdisk dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file.

Seperti, dokumen, musik, video, dan masih banyak lagi dan apabila melihat dari kapasitas pun bermacam - macam. Ada flashdisk yang mempunyai kapasitas 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, dan 128GB. Tentu dengan adanya flashdisk ini sangat membantu kita, khususnya dalam menyimpan data atau file.

Harganya pun bervariasi dari yang sangat murah hingga yang mahal dan banyak sekali merk yang membuat produk flashdisk, di bawah ini beberapa merk flashdisk yang sangat populer.
  • Kingston
  • Toshiba
  • Sandisk
  • Transcend
  • Datatraveler
  • Adata
  • V-Gen
  • Dan sebagainya
Tidak hanya merk yang bermacam - macam, tetapi dari segi bentukpun ada yang tergolong unik. Flashdisk berbentuk kunci pintu, lipstick, peluru senapan, kunci mobil, dan sebagainya. Hal itu, membuat daya tarik pembeli semakin tinggi dan tertarik untuk membelinya karena tergolong unik.

Tetapi, terkadang flashdisk pun juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya bocornya dokumen atau informasi pribadi yang tersimpan pada flash disk. Contohnya, flash disk dipinjamkan ke orang yang kurang dipercaya ataupun flashdisk tercuri dan hilang. 

Nah, Sarjana Pedia memberikan kalian tips untuk mengamankan flashdisk dari kemungkinan pencurian dokumen dengan memberi password pada flashdisk. Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat kalian terapkan ke flashdisk kalian agar data - data atau file yang kalian simpan selalu aman.


1. Memberi Password Pada Flash Disk Menggunakan Notepad

Notepad dapat digunakan untuk memberikan password? Bisa dong. Jadi, kita akan membuat sebuah script yang berisi perintah - perintah untuk memberikan proteksi pada flashdisk kita.

on error goto 0dim s,quest,sd,m,winpath,fsset sd=createobject(“Wscript.shell”)set fs=createobject(“Scripting.FileSystemObject”)set winpath=fs.getspecialfolder(0)set s=wscript.createobject(“wscript.shell”)do while quest=””quest=inputbox(“Masukkan Password Anda“,”http://sarjana-pedia.blogspot.com/“)if quest=”” thenm=MsgBox(“Maaf anda belum memasukkan password…!“, 0+0+48, “http://sarjana-pedia.blogspot.com/“)end ifloopif quest=”PASSWORD KAMU” thens.run “shutdown -a”sd.run winpath & “\explorer.exe /e,/select, ” & Wscript.ScriptFullnameelses.run “shutdown -s -t 0″end if

Copy kode di atas dan masukkan ke notepad lalu simpan dengan ekstensi .vbs, jangan lupa ubah Save As Type dengan All Files. Lalu, pada kolom File Name isi dengan namaflashdisk.vbs.

[Autorun]shellexecute=wscript.exe passwordlock.vbsaction= Successfully, you can use flashdisk now.

Langkah selanjutnya, kalian dapat mengopy kode di atas kembali dan masukkan ke dalam notepad. Lalu, simpan dengan nama autorun dan ekstensi .inf

Setelah itu autorun.inf masukkan ke dalam flashdisk dan hidden file tersebut. O iya, jangan lupa file dengan ekstensi .vbs tadi di masukkan ke dalam flashdisk juga.

2. Memberi Password Menggunakan Bitlocker Drive Encryption

Bitlocker Drive Encryption merupakan sebuah fitur enkripsi yang terdapat pada sistem operasi Windows dan mempunyai fungsi melindungi data dengan cara melakukan enkripsi ke seluruh partisi. 

Bitlocker Drive Encryption ini menggunakan algoritma AES dalam mode Code Block Chaining dan mempunyai panjang kunci 128 bit. Tidak hanya menggunakan algoritma AES pada Bitlocker akan tetapi, algoritma AES digabungkan dengan Elephant Diffuser untuk meningkatkan kualitas keamanan dan enkripsi.

Lalu, bagaimana cara menggunakan bitlocker untuk mengamankan flashdisk kita?

Langkah pertama, hubungkan flashdisk kalian dengan komputer atau laptop yang kalian gunakan.

Langkah kedua, kalian dapat menuju Control Panel > System and Security > Bitlocker Drive Encryption. Lalu, cari removable disk atau flashdisk yang terdapat pada menu tersebut.

Langkah ketiga, klik Turn on Bitlocker dan tunggu proses hingga selesai.

Langkah keempat, masukkan password yang kalian inginkan dan masukkan password yang sama pada kolom kedua. Lalu, jangan lupa untuk memberi tanda checklist pada Use a password to unlock the drive dan klik Next.

Langkah kelima, kalian juga dapat menyimpan kata sandi tersebut dalam bentuk text apabila kalian lupa. Klik Save to a file lalu klik Save dan klik Next.

Langkah keenam, centang Encrypt Entire Drive dan klik Next

Langkah ketujuh, lakukan Start Encrypting dan tunggu proses hingga selesai. 

Terdapat 2 langkah untuk memberi keamanan pada flashdisk, baik membuat manual melalui notepad atau menggunakan fitur yang di sediakan oleh Windows. Semoga tutorial ini dapat memberi manfaat kepada pembaca. Terima kasih telah berkunjung.

0 Response to "Cara Memberi Password Pada Flash Disk Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel