Ads

Solusi Cara Mengatasi Layar Black Screen


Halo sobat sarjana pedia, udah beberapa hari ini saya gak update artikel di blog. Kali ini, sarjana pedia akan memberi solusi lagi bagi kalian yang mengalami masalah pada komputer atau laptop kalian. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang layar black screen dan bagaimana cara memperbaiki layar black screen pada Windows 7,8,10.

Layar black screen pada windows ini termasuk masalah umum dan banyak sekali komputer yang menggunakan sistem operasi windows yang mengalami masalah ini, termasuk saya. Masalah layar black screen dapat di sebabkan oleh software/aplikasi ataupun kerusakan pada hardware komputer.

Di bawah ini adalah beberapa penyebab terjadinya layar black screen pada windows.


Penyebab Layar Black Screen

Sebelum melakukan problem solving masalah layar black screen, anda harus mengetahui apa penyebab layar anda menjadi hitam. Setelah, mengetahui penyebab terjadinya layar black screen langkah selanjutnya melakukan problem solving.


Driver VGA Yang Tidak Cocok/Kompatibel

Driver VGA yang tidak kompatibel dengan hardware ataupun sistem operasi, dapat menyebabkan layar menjadi black screen. Biasanya masalah ini terdapat pada file driver mengalami corrupt, sehingga file yang di install tidak 100% terpasang pada sistem operasi ataupun pengguna komputer tidak membaca versi driver dan kompabilitas driver tersebut dengan sistem operasi serta hardware VGA yang digunakan.

Kerusakan Hardware

Hardware juga dapat menjadi salah satu penyebab masalah layar menjadi hitam. Walaupun sebenarnya masalah black screen ini lebih cenderung karena adanya kerusakan ataupun masalah pada sistem operasi atau software yang terinstall. Akan tetapi, kalian juga dapat mengidentifikasi masalah black screen pada komponen hardware komputer seperti RAM, VGA, dan Slot RAM/VGA.

Software Bermasalah

Ingat - ingat lagi, kalian habis menginstall software apa. Bisa jadi, software tersebut dapat menjadi penyebab layar monitor kalian menjadi hitam. Karena software yang tidak kompatibel dengan sistem operasi ataupun perangkat keras yang digunakan dapat menyebabkan berbagai masalah seperti masalah komputer blue screen dan salah satunya black screen .

Itulah beberapa penyebab yang dapat kalian identifikasi pada komputer kalian. Lalu, bagaimana solusi untuk permasalahan ini?


Solusi Layar Black Screen

Di bawah ada beberapa solusi untuk kalian apabila mendapat masalah black screen di laptop atau komputer kalian.

Re-install Driver VGA

Apabila terdapat masalah pada driver VGA yang tidak kompatibel dengan sistem operasi ataupun perangkat keras komputer kalian. Maka, solusinya kalian dapat reinstall driver VGA dengan driver yang kompatibel.  

Hardware Bermasalah

Apabila yang bermasalah pada hardware seperti VGA dan RAM, kurang lebih monitor kalian tidak akan menampilkan apapun. Tetapi, apabila monitor kalian black screen dan terdapat cursor maka, kalian dapat membersihkan slot RAM dan slot VGA.

Hilangkan debu - debu yang menempel pada komponen komputer kalian, hal itu akan menganggu kinerja komponen komputer tersebut. Sehingga komputer menjadi tidak stabil dalam menjalankan program.

Software Crash Atau Tidak Kompatibel

Nah, apabila masalah yang terdapat pada software yang terpasang pada komputer kalian. Kalian dapat uninstall software yang bermasalah atau yang baru kalian pasang lalu, ganti dengan software yang versinya kompatibel dengan sistem operasi atau kompatibel dengan perangkat keras komputer kalian.

Nah, ketiga solusi tersebut yang dapat kalian lakukan pada komputer yang bermasalah khususnya masalah black screen. Ketiga penyebab dan solusi tersebut merupakan yang paling umum terjadi pada komputer dan laptop. 

Terima kasih sudah membaca artikel saya dan berkunjung ke blog saya. Semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan masalah pada komputer kalian. Apabila kalian punya solusi yang lain, kalian dapat komentar dibawah agar pembaca lain dapat terbantu.

0 Response to "Solusi Cara Mengatasi Layar Black Screen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel