Ads

Pilih HTTP Atau HTTPS? Perbedaan HTTP Dan HTTPS


Para peselancar dunia maya pasti sudah tidak asing lagi dengan kata HTTP dan HTTPS. Tapi, apakah anda tau apa itu HTTP dan HTTPS? Serta kelebihan dan kekurangan dari HTTP dan HTTPS. Mungkin banyak orang yang sudah tau tentang dua protokol ini, akan tetapi apabila anda belum tau apa itu http dan https maka anda dapat membaca artikel ini.

Anda dapat menemukan kedua protokol ini pada situs - situs tertentu seperti facebook, google, youtube, yahoo, dsb. Kedua protokol ini berperan penting untuk mengetahui seberapa amankan situs tersebut untuk menyimpan data - data client.

Pada umumnya, kita membutuhkan kelancaran dalam berkomunikasi maupun keamanan dalam bertransaksi secara online melalui internet. Jadi, kedua protokol ini memilik fungsi untuk memudahkan komunikasi antar client dengan server dan mengamankan jalur komunikasi tersebut dari serangan yang memadai.

HTTP

Http memiliki kepanjangan Hypertext Transfer Protocol. Http berfungsi untuk berkomunikasi antara sistem yang berbeda, protokol http digunakan untuk mengirim data - data dari web server ke browser sehingga muncul tampilan halaman utama website.
Contoh penulisan http pada browser.

http://www.google.com/

HTTPS

Yang kedua HTTPS, https memiliki kepanjangan Hypertext Transfer Protocol Secure. Fungsi dari protokol ini tidak jauh beda dengan protokol http, akan tetapi terdapat perbedaan yang mendasar. Protokol https jauh lebih aman di banding protokol http dalam hal mengirim maupun bertukar data antara web server dengan client.

Protokol https biasa digunakan pada situs - situs besar seperti bank, online shop, atau yang terdapat fitur login area. Dengan menggunakan protokol https, maka dapat meningkatkan keamanan client dalam mengakses ke web server. Contoh penulisan https pada browser.

https://www.google.com/


Perbedaan HTTP Dan HTTPS

Kedua protokol ini walaupun terdapat kesamaan, akan tetapi kedua protokol ini juga mempunyai perbedaan yang jauh. Di bawah ada beberapa perbedaan antara protokol http dengan https.

1. Dari Segi Keamanan

Protokol http tidak menjamin keamanan untuk bertransaksi antara client dengan server. Hal ini membuat protokol http tidak cocok untuk situs - situs besar seperti bank. 

Sebaliknya, protokol https sangat cocok untuk situs yang menyediakan fitur transaksi. Yang mana situs tersebut membutuhkan keamanan untuk menjamin kenyamanan client. Ada 3 aspek yang ditangani oleh protokol https.
  • Autentikasi Server.
  • Kerahasiaan Data.
  • Integritas Data.

2. SSL

Protokol http digunakan untuk berkomunikasi antara client dengan server. Sedangkan protokol https mempunyai fungsi yang sama, hanya saja protokol https dilengkapi dengan SSL (Secure Socket Layer) atau TLS (Transport Layer Security). Kedua teknik enkripsi tersebut berfungsi untuk mengamankan jalurnya pertukaran data agar tidak ada terjadinya serangan seperti man in middle attacks

Jadi, tidak heran apabila anda menemukan protokol ini di situs - situs besar seperti paypal, bank, online shop. Karena situs - situs tersebut membutuhkan protokol yang dapat mengamankan data - data client.

3. Port

Kedua protokol ini juga mempunyai perbedaan yang sangat mendasar, yaitu http menggunakan port 80 sedangkan, https menggunakan port 443.

Keuntungan Menggunakan Protokol HTTPS

Keuntungan menggunakan protokol https yaitu, data yang anda kirimkan ke web server akan di enkripsi terlebih dahulu. Data - data yang terenkripsi termasuk nama, nomor kartu kredit, alamat, dsb. Dari web server pun juga akan melalui proses enkripsi apabila web server mengirimkan sebuah halaman kepada anda. Hal ini yang membuat protokol https penting untuk digunakan pada sebuah situs.

Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Apabila ada yang salah dengan artikel ini anda dapat berkomentar melalui kolom komentar di bawah.

0 Response to "Pilih HTTP Atau HTTPS? Perbedaan HTTP Dan HTTPS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel