Ads

Layar Menjadi Blue Screen? Atasi Dengan 5 Cara Ini


Pernah mengalami masalah ini pada komputer kalian? Atau komputer kalian sekarang mengalami masalah ini? Blue Screen atau layar berubah menjadi biru merupakan masalah yang sangat sering terjadi, biasanya penyebab dari blue screen atau biasa di sebut Blue Screen of Death(BSOD) terdapat pada salah satu komponen yang crash atau terdapat kesalahan pada sistem yang berjalan.

BSOD ini terjadi pada sistem operasi windows saja, untuk pengguna Mac OS tidak akan mungkin menemui masalah seperti ini. Walaupun ada masalah yang hampir sama dengan BSOD pada Mac OS, akan tetapi penyebutannya berbeda. Di Mac OS di sebut Gray Screen of Death.

Di dalam BSOD akan memunculkan kode - kode yang mungkin kita tidak tau apa maksud dari kode - kode tersebut. Sebenarnya kode - kode ini mempunyai arti, yang mana akan mengarahkan ke sumber masalah terjadinya BSOD ini. Hanya saja, kita perlu teknisi yang sudah tau tentang reparasi komputer dan akan menjelaskan apa arti kode ini.

Adapun beberapa penyebab terjadinya BSOD pada komputer.

1. Driver Tidak Sesuai/Driver Crash

Driver merupakan software utility yang mana fungsi driver ini akan membuat perangkat keras yang bekerja menjadi lebih optimal dan efisien ketika digunakan. Nah, apabila driver yang terinstall tidak sesuai dengan perangkat keras yang digunakan. Maka dapat menyebabkan crash dan akan muncul BSOD.

Akibatnya pekerjaan kalian akan terganggu dengan munculnya BSOD ini. BSOD yang terjadipun dapat secara berkala atau bahkan setiap anda menggunakan komputer maka akan muncul BSOD. Yang terjadi apabila BSOD terlalu sering muncul, perangkat keras yang digunakan dapat mengalami kerusakan.

Apabila kalian mendapati pesan VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE, 0x0000000A, atau IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL pada saat BSOD, maka dapat dipastikan terdapat kerusakan atau ketidak cocokan driver dengan perangkat keras yang kalian gunakan.

2. RAM Mengalami Kerusakan

RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat keras yang bersifat volatile. RAM akan mengolah dan menyimpan data, lalu data tersebut akan terhapus apabila tidak terdapat daya atau energi berupa listrik.

Lalu apa hubungannya? Apabila RAM yang kalian gunakan tidak bekerja dengan normal, maka program yang diolah tidak akan berjalan sempurna. Sehingga, menimbulkan Blue screen pada layar monitor kalian. Biasanya pesan yang terdapat pada BSOD yaitu, DATA_BUS_ERROR atau PEN_LIST_CORRUPT.

3. Aplikasi Crash

Untuk masalah ini mudah untuk mencari solusinya. Apabila letak masalah dari BSOD adalah aplikasi crash, maka aplikasi yang kalian jalankan tidak kompatibel dengan sistem operasi atau perangkat keras komputer kalian.

Jadi, setiap aplikasi mempunyai spesifikasi masing - masing. Nah, spesifikasi tersebut merupakan syarat untuk berjalannya aplikasi tersebut pada komputer dan apabila spesifikasi yang di butuhkan memenuhi syarat maka dapat membuat aplikasi yang digunakan dapat berjalan dengan lancar tanpa ada masalah.

Di atas adalah beberapa penyebab umum terjadinya blue screen. Lalu, bagaimana solusinya untuk masalah BSOD ini? Di bawah ini ada beberapa solusi untuk komputer kalian apabila mengalami BSOD.

Gunakan Aplikasi Blue Screen View

Nah, sudah tersedia aplikasi untuk problem solving blue screen pada komputer kalian. Kalian dapat menggunakan aplikasi ini untuk mencari masalah apa yang menyebabkan BSOD.


Bagaimana aplikasi ini bekerja? Aplikasi ini akan mencari file mini-dump yang dibuat windows ketika BSOD terjadi, tidak hanya itu selanjutnya akan menampilkan crash yang terjadi.

Update Driver

Apabila BSOD terjadi pada driver, maka anda dapat melakukan update driver. Dengan melakukan update driver, maka driver akan di tingkatkan dan akan di perbaharui dengan baik. Sehingga, driver ini akan bekerja dengan baik dan akan optimal dengan perangkat keras yang digunakan.

Lakukan System Restore

Kalian dapat melakukan cara ini apabila aplikasi dan update driver tidak menyelesaikan masalah BSOD. System restore akan mengembalikan sistem operasi yang kalian gunakan seperti keadaan semula. Sehingga, data - data yang terdapat pada komputer kalian akan terhapus.

Jadi, sebelum melakukan system restore kalian dapat melakukan backup data - data yang kalian anggap penting. Seperti dokumen - dokumen, foto, dan sebagainya.

Mengidentifikasi Masalah Pada Hardware

Lakukan penge-cekan pada perangkat keras pada komputer kalian. Terutama pada RAM, Slot VGA, HDD, dan Prosesor. BSOD dapat terjadi karena kerusakan pada perangkat keras yang digunakan. Akibat dari kerusakan ini membuat komputer tidak berjalan secara normal atau mengalami kerusakan.

Install Ulang Windows

Install ulang merupakan jalan terbaik apabila langkah identifikasi hardware, update driver, dan system restore tidak dapat memecahkan masalah BSOD. Install ulang sistem operasi windows akan membuat seluruh sistem komputer yang kalian gunakan menjadi segar kembali. 

File - file sistem yang rusak akan diganti dengan file sistem yang baru. Sehingga, potensi untuk mengembalikan komputer kalian seperti keadaan normal menjadi lebih besar.

Bawa Komputer Ke Tempat Servis

Nah, ini adalah langkah terakhir untuk solusi dari masalah blue screen. Di tempat servis akan dilakukan pengecekan lebih lanjut agar BSOD tidak terlalu parah. Bahkan, apabila BSOD terlalu parah dapat menyebabkan perangkat keras mengalami kerusakan. Sehingga, anda akan mengeluarkan uang yang terlalu banyak untuk mengganti perangkat keras yang rusak.

Itulah beberapa solusi untuk mengatasi BSOD yang terjadi pada komputer. Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga artikel ini dapat menyelesaikan permasalahan tentang BSOD yang kalian alami. Kalian dapat komentar apabila ada yang salah dengan artikel saya.

0 Response to "Layar Menjadi Blue Screen? Atasi Dengan 5 Cara Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel