Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Dan Cara Membuat Blog Bule Yang Bikin Kaya Mendadak


Pernah mendengar istilah "blog bule"? Blog bule adalah sebuah blog yang terdapat artikel yang membahas sebuah informasi ataupun masalah yang menggunakan selain bahasa Indonesia. Rata - rata blog bule yang dibuat oleh para Blogger Indonesia menggunakan bahasa Inggris, hal itu karena mengingat bahasa Inggris adalah termasuk bahasa Internasional. Blog bule di targetkan untuk pengunjung atau visitor yang beralamatkan luar negeri. Seperti, Amerika, United Kingdom, German, Rusia, dll.

Para blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah blog bule, karena blog bule terkenal dengan CPCnya yang sangat tinggi dalam bentuk mata uang dollar. Wow!, hal ini membuat para blogger khususnya blogger indonesia yang sangat tertarik untuk mencoba membuat blog bule.

Akan tetapi, pastinya tidak akan mudah untuk membuat blog bule. Seperti kalian harus mampu menguasai bahasa inggris, walaupun ada alat yang berfungsi untuk translate dari bahasa indonesia ke bahasa inggris.

Nah, tapi santai saja ada beberapa tips dari Sarjana Pedia untuk langkah bagaimana cara membuat blog bule bagi kalian yang tertarik sama blog bule. Yuk, mari simak Tips Dan Cara Membuat Blog Bule Yang Bikin Kaya Mendadak.

Oh iya, apabila kalian belum bisa membuat blog. Kalian dapat membaca Cara Membuat Blog Untuk Pemula dan 5 Cara Membuat Tampilan Blog Kalian Lebih Menarik.


1. Tentukan Niche Blog Kalian


Apa itu niche? niche menggantikan istilah topik yang terdapat pada blog, atau dapat disebut topik pembahasan yang terdapat pada blog. 

Jadi, maksudnya apa?

Niche merupakan pokok bahasan yang terdapat pada blog. Misalnya terdapat sebuah blog yang membahas tentang bisnis, berarti blog tersebut rata - rata artikel yang dibuat bertujuan untuk membahas tentang topik bisnis.

Contoh lain, blog yang saya buat ini. Sarjana pedia termasuk ke dalam niche tentang teknologi, khususnya komputer dan gadget. Masih bingung? Di bawah ini ada beberapa niche yang cukup populer di mesin pencari.
  • Kesehatan
Niche kesehatan biasanya lebih ke pembahasan tentang solusi untuk penyakit yang di deritanya, ataupun memberi informasi tentang bagaimana tips sehat setiap saat serta memberi informasi apa penyebab penyakit tersebut datang. 

Lalu, apa hal yang membuat niche kesehatan populer? 

Mengingat biaya berobat ke dokter cukup mahal, maka blog yang membahas tentang kesehatan memberikan solusi untuk pengidap penyakit yang diderita tanpa harus pergi ke dokter. 
  • Teknologi
Niche yang satu ini lebih ke pembahasan tentang teknologi terbaru, komputer, maupun gadget. Pasti kalian sudah tidak asing dengan niche yang satu ini. Banyak sekali blog yang membahas tentang teknologi, baik untuk memberi solusi atau sekedar memberi informasi teknologi terbaru terkini serta review gadget, solusi untuk masalah gadget serta lebih banyak lagi.
  • Internet Marketing
Kalau niche yang satu ini, lebih ke pembahasan tentang strategi pemasaran di dunia maya khususnya target pemasaran di sosial media seperti facebook, instagram, twitter, dsb. Akan tetapi tidak hanya strategi pemasaran melalui sosial media, strategi internet marketing dapat melalui website ataupun blog.

Niche ini pas untuk kalian yang memiliki usaha di bidang internet. Kalian dapat menggunakan niche internet marketing untuk berbagi pengalaman dengan pembaca, memberi tips sukses berjualan melalui internet ataupun memberi informasi seputar internet marketing.
  • Travel
Niche travel cocok untuk kalian yang hobi jalan - jalan atau berwisata. Niche travel biasanya membahas tentang tempat - tempat wisata dan merekomendasikan para pembaca untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.

Tidak hanya itu, ada beberapa blog yang memberi info tentang biaya berangkat ke tempat wisata tersebut secara detail.
  • Bisnis
Niche ini berfokus pada tips dan cara mensukseskan bisnis yang dimiliki, memberi tutorial atau tips berbisnis, dan memberi informasi tentang bisnis. Niche bisnis ini menjadi populer karena banyaknya pemula yang akan berbisnis tetapi tidak tau tentang bisnis. Maka, niche ini menjadi solusi untuk pebisnis pemula dan banyak peminat pembacanya.
  • Otomotif
Baik roda dua maupun roda empat, niche yang membahas tentang otomotif banyak diminati oleh para peselancar di dunia maya melalui mesin pencari. Blog atau website yang membahas tentang otomotif biasanya berfokus pada review kendaraan, memberi informasi seputar harga kendaraan, serta memberi solusi untuk masalah yang terdapat pada kendaraan.
  • Download
Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan men-download. Aktifitas mengunduh sudah menjadi sehari - hari bagi masyarakat Indonesia. Seperti mengunduh film dan video, mengunduh games untuk gadget maupun platform komputer, serta mengunduh musik dan software atau aplikasi yang dibutuhkan. 

Munculnya blog atau website yang mempunyai niche download, untuk mempermudah dalam mengunduh apa yang dibutuhkan. Banyak sekali blog dan website dengan niche download baik yang gratis maupun berbayar.

Di atas adalah beberapa niche yang cukup populer atau kata kunci yang banyak di cari di mesin pencari. Menentukan niche berarti menentukan kedepan blog atau website kalian seperti apa. Apabila kalian memilih niche yang jarang di cari oleh orang - orang, maka kemungkinan blog atau website yang kalian buat tidak akan ramai pengunjung.

Jadi, jangan sampai salah pilih niche yaa....

2. Menentukan Target Situs Untuk Negara Mana


Tentukan target blog atau situs kalian untuk negara mana. Contoh, kalian menentukan target untuk negara Amerika Serikat, berarti country id negara Amerika Serikat yaitu US. 

Lalu, bagaimana cara menargetkannya? Kalian dapat menambahkan blog kalian ke Google Webmaster Tools dan setting blog kalian untuk negara US. Belum terdaftar di Google Webmaster? Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster.

Langkah - langkahnya.

  • Sign in terlebih dahulu ke Google Webmaster.
  • Lalu, pilih blog atau website yang kalian daftarkan ke Google Webmaster.
  • Pilih menu Search Traffic.
  • Lalu, pilih International Targeting.
  • Pilih tab Country.
  • Selanjutnya, cari negara Amerika Serikat.

3. Gunakan Tools Apabila Tidak Paham Bahasa Inggris

Apabila kalian tidak cukup paham dengan bahasa Inggris atau tidak sesuai dengan grammar bahasa Inggris, kalian dapat menggunakan beberapa alat di bawah ini untuk membantu kalian dalam membuat artikel bule. 

Pastikan, kalian mempunyai artikel dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu. Jika belum membuat kalian dapat menulis dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu sebelum di terjemahkan ke bahasa Inggris.

Adapun beberapa alat yang dapat kalian gunakan untuk menerjemahkan bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris.
Di atas adalah beberapa alat yang dapat membantu kalian dalam menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan terdapat alat yang memperbaiki grammar bahasa Inggris dari hasil terjemahan Bing Translator.

Belum tau langkahnya? Di bawah ini langkah cara mengubah artikel bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris.
  • Tulis artikel dalam bahasa Indonesia
  • Copy seluruh artikel dan pastekan di Bing Translator
  • Selanjutnya, apabila sudah di terjemahkan dalam bentuk bahasa Inggris. Copy hasil tersebut dan pastekan ke Grammar Checker dari Small SEO Tools dan klik Check Grammar.
  • Apabila proses check grammar sudah selesai, kalian dapat copy hasil tersebut ke Plagiarism Checker dari Small SEO Tools dan klik Check Plagiarism. Selesai.
Tetapi, apabila kalian mahir bahasa Inggris tetap saya sarankan untuk menulis artikel dalam bahasa Inggris langsung tanpa melalui terjemahan.

Itulah ketiga tips dalam membuat blog bule.

Tips Tambahan

Kalian jangan lupa untuk mendaftarkan blog yang kalian buat ke Google Adsense dan melakukan strategi pemasaran ke sosial media atau forum - forum yang membahas sesuai dengan niche blog atau website kalian.

Kalian dapat mengikuti group - group bule dan membagikan artikel dalam bahasa Inggris yang telah kalian buat. Semoga sukses selalu yaa....

4 comments for "Tips Dan Cara Membuat Blog Bule Yang Bikin Kaya Mendadak"