Ads

3 Cara Menyembunyikan/Menyamarkan Alamat IP Komputer


Setiap perangkat baik komputer,laptop,dan gadget hingga smartwatch yang terhubung ke internet, pasti memiliki sebuah alamat yang digunakan untuk sarana berkomunikasi antara server dengan client(pengguna) maupun Pair-to-Pair(P2P)

IP memiliki kepanjangan Internet Protocol yang secara arti memiliki fungsi sebagai alat identifikasi host antara muka(interface), alamat setiap device/perangkat yang terhubung ke internet berbeda - beda.

Jadi, ibaratnya rumah A terdapat pada jalan bunga sedangkan rumah B terdapat pada jalan sayur. Apabila rumah A ingin mengirim surat/paket ke rumah B maka, rumah A memerlukan alamat rumah B yang detail yaitu nama jalan dan nomor rumah begitupun sebaliknya apabila rumah B ingin mengirim surat/paket ke rumah A. IP Address terdiri dari 4 blok angka bertipe desimal dan tidak boleh melebihi 255, contoh penulisan IP : 

192.168.20.1

Alamat IP terdiri dari 2 versi, yaitu IPv4 dan IPv6. Alamat IPv4 ini adalah yang biasa kita gunakan sehari - hari, alamat IPv4 dapat menampung alamat hingga 4.294.967.296. Sedangkan IPv6 dapat menampung hingga pangkat 4 dari jumlah seluruh alamat IPv4.

Alamat IP juga merupakan privasi kalian lho, polisi siber dapat menemukan peretas dengan melacak melalui alamat IP maupun para penjahat dunia maya dapat melakukan aksinya dengan mengetahui alamat target terlebih dahulu.

Maka dari itu, IP yang kalian gunakan dapat disembunyikan atau disamarkan. Salah satu alat yang digunakan untuk menyembunyikan IP adalah VPN, apabila kalian belum tau apa itu VPN. Kalian dapat membaca artikel Apa Itu VPN dan kelebihan serta kekurangannya.

Nah, aku mau kasih tips cara menyembunyikan alamat IP kalian.

1. Menggunakan Alamat IP Publik

Nah, menggunakan alamat IP Publik dapat menyamarkan perangkat anda. Menggunakan alamat IP publik seperti di warnet, terhubung ke wifi, dan sebagainya. Misal, apabila sudah terhubung ke jaringan wifi maka jaringan tersebut akan terbagi bagi dengan pengguna lainnya.

2. Terhubung Ke Proxy Server

Langkah ke-2 menggunakan proxy, walaupun pertama kali menggunakan proxy server prosesnya agak lama, karena proxy tersebut harus memuat halaman yang anda akses. Tetapi, apabila proxy selesai memuat halaman tersebut suatu saat apabila anda mengakses halaman tersebut melalui proxy akan menjadi lebih cepat.

Menggunakan proxy pun dapat membuka konten yang disaring atau diblokir. Menggunakan proxy pun dapat mengubah lokasi alamat IP kamu. Akan tetapi, kelemahan menggunakan proxy ini koneksi internet yang kalian gunakan akan menjadi sedikit lemot.

3. Menggunakan Virtual Private Network

Banyak sekali penyedia layanan VPN baik gratis maupun berbayar serta dapat menjaga privasi dan perlindungan dari penyerang. Nah, untuk kualitas pastinya yang berbayar lebih terjamin di banding VPN yang tidak berbayar. 

Kelebihan menggunakan layanan VPN ini pastinya alamat IP kalian tersamarkan dan untuk masalah koneksi dapat ditentukan dari kualitas server VPN yang digunakan. Untuk terhubung ke sebuah server VPN kalian memerlukan username dan password serta tunnel seperti, OpenVPN.

Layanan VPN pun sekarang juga terdapat pada smartphone tidak hanya pada platform PC. Contohnya, pada Google Playstore banyak sekali aplikasi - aplikasi penyedia layanan VPN baik berbayar dan gratis, serta memilih negara mana yang ingin kalian hubungkan dengan gadget kalian.

Di atas adalah beberapa cara untuk menyembunyikan alamat IP kalian. Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian. Kalian dapat membagikan artikel ini ke sosial media melalui tombol share dibawah.

0 Response to "3 Cara Menyembunyikan/Menyamarkan Alamat IP Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel