Ads

Tips Memilih Power Supply Yang Baik Untuk Komputer Anda


Halo sobat kembali lagi sama sarjana pedia, kali ini saya mau memberi tips bagaimana cara memilih power supply untuk komputer kalian. Komponen ini termasuk sangat penting bagi komputer kalian, jadi power supply yang terdapat pada komputer kalian berfungsi untuk menyuplai tenaga berupa tegangan listrik dan di alirkan ke komponen - komponen lainnya yang terhubung dengan power supply.

Power supply sangatlah berpengaruh pada hardware atau komponen - komponen lainnya yang terdapat pada komputer. Kekurangan supply tenaga ke komponen komputer pun akan membuat komputer kalian berjalan tidak normal. Contohnya seperti komputer restart sendiri, hal tersebut bisa saja penyebabnya terdapat pada power supply yang tidak bagus atau rusak.

Maka dari itu memilih power supply pun harus di perhatikan, tidak asal memilih. Memang walaupun power supply yang bagus harga sedikit lebih mahal di banding power supply yang biasa - biasa saja. Akan tetapi kualitas dari power supply tersebut membuat komputer kita berjalan secara optimal. Langsung saja, mari kita simak Tips Memilih Power Supply Yang Baik Untuk Komputer Anda.

Pilih Power Supply Yang Bersertifikasi 80+


Jika anda belum apa itu 80+ yang terdapat pada power supply. Maka, 80+ adalah sertifikasi dari program Ecos Consulting yang mana PSU akan mendapatkan label 80+ apabila tingkat efisiensi dari PSU tersebut di atas 80% pada load tertentu, seperti 20%, 50%, dan 100% dari nilai beban.

Apa pengaruhnya?

Karena 80+ adalah sertifikasi ke-efisienan PSU maka, tingkat panas pada PSU yang kita gunakan akan berkurang. Tidak hanya itu, tagihan listrikpun juga akan berkurang.

Pilih PSU Sesuai Dengan Spesifikasi Komputer Anda


Pilihlah PSU yang sesuai dengan spesifikasi komputer kalian. Misal, komputer server memerlukan PSU yang kuat untuk 24/7 tanpa mati. Sehingga PSU yang cocok untuk komputer server adalah PSU yang memiliki cooling system yang baik dan daya yang cukup.

Contoh lain komputer gaming, komputer gaming memerlukan PSU yang memiliki watt tidak begitu besar, kurang lebih 500 watt - 1000 watt. Kalian juga dapat menggunakan kalkulator power supply secara online, untuk menghitung berapa daya yang dibutuhkan agar komputer yang kalian gunakan dapat berjalan secara normal. 

Jadi, jangan gunakan PSU yang memiliki watt kurang dari spesifikasi komputer kalian. Pastinya jika komputer kekurangan daya maka komputer kalian akan mengalami masalah.

Memiliki Kemampuan Yang Ekstra

Active PFC(Power Faction Correction), ini adalah sebuah rangkaian khusus yang berfungsi untuk mengukur seberapa efisien konsumsi daya listrik.

Over Voltage Correction, ini adalah kemampuan power supply untuk mencegah kerusakan komponen yang terhubung karena adanya lonjakan voltase listrik yang tidak menentu.

Continuous Output, ini adalah kemampuan memberikan daya ketika dibutuhkan. Jadi, kemampuan ini membuat listrik kalian hemat.

Reduction of Hazardous Substances, ini adalah teknologi yang ramah lingkungan bertujuan untuk meminimalisir panas berlebih pada PSU atau material berbahaya.

Pilih PSU Yang Bermerk

Apakah merk berpengaruh dengan kualitas PSU? Berpengaruh, ada beberapa merk atau brand PSU yang kualitas kurang baik. Saya akan cantumkan beberapa list brand atau merk PSU yang kualitas cukup baik saja. *Kalian dapat menambahkan brand atau merk PSU yang rekomendasi melalui kolom komentar dibawah.
  • Corsair
  • XFX
  • Cooler Master
  • Thermaltake
  • FSP
  • VenomRX
  • Enlight

Mempunyai Label Spesifikasi PSU


Dengan adanya label spesifikasi power supply, maka kita dapat menge-test spesifikasi power supply tersebut apakah spesifikasi yang tertera pada label tersebut sesuai atau tidak.

Berat PSU

Berat PSU juga berpengaruh pada kualitas PSU. Biasanya PSU yang berkualitas cenderung lebih berat, karena PSU yang berkualitas menggunakan bahan - bahan yang tidak biasa atau dapat kita sebut menggunakan bahan yang bagus. Ataupun tembaga yang terdapat pada kabel lebih tebal dari power supply biasa dan menggunakan kapasitor yang lebih banyak. Tidak hanya itu, PSU yang berkualitas menggunakan Cable Sleeving atau kabel pelindung yang berbentuk seperti jaring.

Nah, beberapa tips di atas adalah memilih power supply yang baik untuk komputer kalian. 

Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian dan saya. Kalian dapat membagikan artikel ini kepada teman - teman kalian di sosial media melalui tombol share dibawah.

0 Response to "Tips Memilih Power Supply Yang Baik Untuk Komputer Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel