Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Mac OS Atau Windows? 5 Kelebihan Dan Kekurangan Mac OS Dan Windows

Komputer pada zaman sekarang sudah menjadi kebutuhan bagi orang - orang termasuk saya dan anda. Komputer menjadikan pekerjaan manusia menjadi lebih cepat dan menghemat waktu. Tak hanya itu, komputer di zaman sekarang sudah menjadi multifungsi. Selain mempermudah pekerjaan, komputer juga dapat digunakan untuk membuat karya secara digital dan mencari apa yang kita butuhkan melalui komputer dan masih lebih banyak lagi.

Terdapat 2 platform yang sangat populer, seperti yang kita kenal yaitu Windows dan Mac(Apple). Masing - masing dari platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Tak hanya itu, kedua platform tersebut memiliki perbedaan. Sehingga, membuat kita bingung ingin menggunakan platform dari Windows atau Mac. 

Pada artikel kali ini saya mau kasih rekomendasi bagi kalian yang bingung ingin membeli komputer berbasis Windows atau Mac. Jadi pada kesempatan ini saya akan berikan perbandingan antara Windows dengan Mac OS.

Pada dasarnya, kita harus melihat kebutuhan kita terlebih dahulu. Laptop atau PC yang nantinya akan kita gunakan dan akan dibutuhkan untuk apa? Misal, anda menginginkan sebuah komputer yang dapat digunakan untuk keseharian saja seperti mengerjakan tugas,bermain game,browsing,mengetik,dll atau membuat program(coding), project web, design,dll. Langsung saja mari kita simak Pilih MAC OS Atau Windows? 5 Kelebihan Dan Kekurangan Mac OS Dan Windows.


Kelebihan Dan Kekurangan Platform Windows


Kelebihan Platform Windows

Mendukung Berbagai Jenis Hardware

Kelebihan Windows yaitu, cocok dengan berbagai hardware. Sekalipun kita mengganti salah satu hardware yang terdapat pada komputer, maka Windows akan tetap sinkron dengan hardware tersebut. Salah satu yang dapat membantu me-sinkronkan antara Windows dengan hardware adalah driver. Driver ini lah yang akan membuat hardware tersebut sinkron dengan Windows, sehingga Windows dapat berjalan secara optimal.

Berbeda dengan Mac OS yang hanya dapat berjalan secara optimal pada platform dari apple itu sendiri. Misal, OS X yang terdapat pada Macbook, Mac pro, dsb. 

Rekomendasi Untuk Gamers

Windows adalah sistem operasi yang sangat direkomendasikan untuk para gamer. Banyak sekali para developer game yang menyesuaikan game ciptaannya tersebut agar dapat berjalan optimal di Windows. Jadi, apabila anda seorang game maka saya rekomendasikan menggunakan Windows. Selain itu, game yang support dengan Windows lebih banyak dari pada Mac OS. 

Dari Segi Harga

Dari segi harga, platform Windows menang jauh dari platform Mac OS. Platform Windows harganya cenderung lebih murah dibanding dari harga Mac OS. Memang, platform Windows ini menurut saya di tujukan untuk semua kalangan. Sehingga, semua kalangan dapat mencoba platform Windows maka dari itu harga pun juga disesuaikan dengan semua kalangan.

Adanya Fitur Troubleshooting

Apabila pada komputer anda mengalami masalah, maka anda dapat menggunakan fitur yang terdapat pada Windows untuk memecahkan masalah tersebut. Fitur tersebut adalah troubleshooting, jadi fitur ini akan mengidentifikasi masalah yang terdapat pada Windows anda. Jika fitur troubleshooting menemukan suatu masalah yang terdapat pada Windows anda, maka fitur tersebut akan memberi tau kepada anda jika terjadi masalah pada bagian ini dan akan memberikan anda solusi untuk masalah tersebut.


Multifungsi

Platform Windows merupakan multifungsi, banyak sekali kegiatan yang dapat anda lakukan pada Windows. Seperti coding,rendering,animasi,menggambar digital,main game,mengetik,menonton film,mendengarkan musik,dll.

Kekurangan  Platform Windows

Rentan Terserang Virus

Banyak sekali macam - macam virus komputer dan virus tersebut rata - rata di ciptakan untuk menyerang para pengguna Windows. Hal ini membuat kenyamanan pengguna Windows terganggu dengan adanya virus tersebut. 

Biaya Lisensi

Sistem operasi Windows memiliki biaya lisensi yang cukup membuat dompet anda tipis. Harga lisensi Windows ini cukup mahal, kurang lebih biaya lisensi Windows 1jutaan.

Memerlukan RAM Yang Besar

Banyaknya sistem yang berjalan sistem operasi Windows ini membuat ruang penyimpanan RAM termakan cukup besar. Maka dari itu, Windows memerlukan RAM yang besar agar dapat menjalankan sistem yang banyak dan aplikasi - aplikasi secara bersamaan.

Update Yang Terlalu Sering

Salah satu yang membuat pengguna Windows merasa terganggu yaitu dengan adanya Windows Update yang terlalu sering. Proses Windows Update pun memerlukan koneksi internet untuk mengunduh sistem - sistem yang akan di perbaharui. Ukuran dari sistem - sistem yang di update pun cukup besar. Sehingga, pengguna harus menunggu hingga proses unduhan tersebut selesai. Belum lagi, pengguna harus menunggu proses pemasangan tersebut hingga selesai.

Keamanan Yang Kurang

Sistem keamanan dari Windows banyak yang menganggap kurang aman. Bukti dari keamanan Windows kurang yaitu adanya crack atau Windows bajakan. Banyak sekali Windows bajakan yang tersebar di internet. Maka, Windows dapat di dapat secara gratis.

Kelebihan Dan Kekurangan Platform Mac OS


Kelebihan Platform Mac OS

Sangat Sulit Terserang Virus

Walaupun sebenarnya semua sistem operasi dapat terserang virus, akan tetapi Mac OS sangat jarang sekali terserang virus. Contoh pada sistem OS X yang secara rutin meminta password apabila ingin merubah file sistem. Selain itu, tidak hanya karena sistem tersebut akan tetapi dikitnya pengguna Mac OS ini membuat para penyerang malas untuk membuat virus ataupun malware jahat lainnya. Para penyerang lebih suka menargetkan pengguna Windows yang lebih banyak.

Desain Yang Eksklusif

Keunggulan dari platform Mac OS yaitu, desain yang elegan dan eksklusif tidak hanya itu Macbook rata - rata slim dan ringan untuk dibawa. Dari desain yang sangat simple ini menimbulkan kesan yang mewah dan menarik bagi penggunanya. Hal ini akan membuat penggunanya di anggap kaum eksklusif.

Lebih Stabil Dan Cepat

Platform Windows menggunakan spesifikasi tinggi untuk lebih mengoptimalkan kinerja Windows. Berbeda dengan platform Mac OS, platform Mac OS cenderung lebih stabil dan cepat di banding dengan Windows. Salah satunya proses booting yang hanya memerlukan beberapa detik saja dan proses shutdown yang sangat cepat.

Proses Update Yang Dapat Di Tentukan Sendiri

Apabila Windows Update mengharuskan update pada waktu yang telah di tetapkan. Berbeda dengan Mac Os, pengguna Mac OS dapat menunda proses pengunduhan update. Sehingga, pengguna dapat mengunduh proses update tersebut di lain hari.

Cocok Untuk Designer

Kenapa cocok untuk designer? ringannya Mac OS membuat kapasitas RAM yang tersedia lebih besar belum lagi didukung Mac OS yang stabil. Sehingga, membuat stabilnya aplikasi yang berjalan pada Mac OS.

Kekurangan Platform Mac OS

Harganya Cukup Mahal

Walaupun Jenis Mac bervariasi akan tetapi untuk masalah harga tetap sama. Harga yang ditawarkan platform Mac OS cukup tinggi, hal ini membuat para pembeli berpikir terlebih dahulu apabila ingin mengambil platform Mac OS.

Banyak Aplikasi Yang Kurang Kompatibel

Kurangnya aplikasi yang kurang kompatibel dengan Mac OS ini membuat pengguna mengalami kesusahan. Hal ini dikarenakan para developer lebih fokus mengembangkan programmnya ke platform Windows.

Sulit Upgrade Hardware

Platform Mac OS tidak dapat upgrade hardware, karena platform Mac OS di desain agar tidak dapat diupgrade sesuka hati. Jadi, apabila anda membeli platform Mac OS dengan RAM 4GB maka seterusnya anda tidak dapat menambah RAM tersebut menjadi 8 GB ataupun 16GB.

Tidak Rekomendasi Untuk Gamer

Sedikit sekali game yang kompatibel dengan Mac OS. Seperti GTA V yang tidak kompatibel dengan Mac OS. Jadi, saya sarankan apabila anda ingin bermain game maka jangan gunakan platform Mac OS.

Tidak Dapat Di Rakit Sendiri

Nah, apabila anda memberi platform Mac OS maka, anda tidak dapat membongkar ataupun merakit. Sekalipun dibongkar pun anda harus ke service center Mac, karena Mac terdapat lisensi hardware juga.

Kesimpulan

Jika anda benar - benar bingung, maka anda harus menentukan kedepannya akan digunakan untuk apa komputer anda. Apabila untuk keseharian saja saya sarankan gunakan platform Windows, keseharian saja yaitu seperti gaming, melihat film, browsing, dll. Akan tetapi apabila untuk sebuah projek coding, design, web, dll maka anda dapat menggunakan platform Mac os.

Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan saya. Saya harap anda juga sudah dapat menentukan pilih platform windows atau mac os. Anda dapat membagikan artike ini melalui tombol share di bawah.

Post a Comment for "Pilih Mac OS Atau Windows? 5 Kelebihan Dan Kekurangan Mac OS Dan Windows"