Ads

Perbedaan Windows 32-bit Dan 64-Bit


Halo sobat, apa kabar? Semoga sehat selalu dan baik - baik saja. Oke kali ini saya akan membahas tentang Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit. Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem operasi Windows, sistem operasi yang kalian gunakan sehari - hari untuk bermain game, browsing, mengerjakan tugas,dll. Sistem operasi Windows memanglah sistem operasi yang sangat friendly dengan penggunanya. Kita dimudahkan dalam mengoperasikan komputer melalui sistem operasi Windows.

Tapi, kalian pasti pernah mendengar sistem operasi Windows 32-bit dan 64-bit. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan Windows 32-bit dan 64-bit? Komputer 32-bit adalah komputer yang dapat memproses 232 data dalam satu waktu. Nah, kalau komputer 64-bit adalah komputer yang mampu memproses 264 data dalam satu waktu.

Jadi, untuk peforma seperti rendering, gaming, animasi, atau pekerjaan - pekerjaan berat. Maka, menggunakan Sistem Operasi 64-bit adalah langkah yang tepat. Begitupun sebaliknya dengan 32-bit, hanya untuk pekerjaan - pekerjaan ringan, seperti mengetik, menggambar, browsing, dll.

Apa Perbedaan 32-Bit dan 64-Bit?

Kapasitas RAM Yang Dapat Digunakan

Perbedaan yang paling mendasar yaitu, kapasitas RAM yang dapat digunakan pada masing - masing komputer 32-bit dan 64-bit. Sistem 32-bit hanya dapat menampung RAM sebesar 4GB, dikarenakan sistem 32-bit digunakan untuk pekerjaan ringan. Selain itu sistem 32-bit akan lebih optimal jika menggunakan RAM 2GB atau 1GB. Sedangkan untuk sistem 64-bit digunakan untuk pekerjaan - pekerjaan berat sehingga, sistem 64-bit dapat menampung RAM lebih dari 4GB.

Dari Segi Peforma

Tentu saja kalau peforma, 64-bit sangat direkomendasikan ditambah didukung dengan prosesor 64-bit. Sehingga pekerjaan berat dapat dikerjakan secara lancar, berbeda dengan 32-bit. sistem 32-bit hanya mampu bekerja sistem yang berbasis dibawah 32-bit, contoh 16-bit. Apabila 32-bit mengerjakan sistem 64-bit maka tidak akan mampu.

Kompabilitas Software

Software yang berjalan pada sistem 32-bit maka dapat juga berjalan pada sistem 64-bit. Sedangkan software yang berjalan pada 64-bit tidak dapat bekerja pada sistem 32-bit, karena terdapat perbedaan arsitektur.

Apa Kelebihan Dan Kekurangan 32-bit Serta 64-bit?

Kelebihan 32-bit :

  • Dapat menjalankan aplikasi dibawah 32-bit.
  • Menjadi lebih optimal ketika menggunakan RAM 2GB.
  • Kompatibel dengan driver - drive lama.

Kekurangan 32-bit :

  • Tidak dapat menggunakan RAM lebih dari 4GB.
  • Kurang kompatibel dengan aplikasi atau driver yang baru.
  • Tidak direkomendasikan untuk pekerjaan berat (rendering,gaming,animasi,dll)

Kelebihan 64-bit :

  • Peforma lebih kuat dari 32-bit.
  • Kompatibel dengan aplikasi atau driver terbaru.
  • Mampu memproses software berat.

Kekurangan 64-bit : 

  • Kurang optimal jika menggunakan komputer jadul.
Itulah beberapa perbedaan dan kelebihan serta kekurangan Windows 32-bit dan 64-bit. Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi saya dan pembaca. Anda dapat membagikan artikel ini melalui tombol share dibawah.

0 Response to "Perbedaan Windows 32-bit Dan 64-Bit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel