Ads

Belajar C++ Part 4 (Switch)


Halo sobat, lama tidak update artikel tentang pemrograman. Oke kali ini saya akan membahas tentang Switch yang terdapat pada bahasa pemrograman C++. Contoh program yang kita buat menggunakan operasi switch adalah program peminjaman mobil.

Tujuan dari program peminjaman mobil yaitu, peminjam dapat memilih mobil dan mengetahui harganya. Akan tetapi, tidak hanya satu mobil akan tetapi ada beberapa mobil yang tersedia. Lansung saja simak, Belajar C++ Part 4.


Apa Maksud Dari Perintah Di Atas?

int angka;

Kita membuat variabel "angka" dan mempunyai tipe data integer.

switch(angka){};

Operasi switch digunakan untuk memecahkan masalah yang mempunyai lebih dari 2 kondisi. Misalnya seperti contoh program di atas, pembeli dapat menginputkan mobil avanza/xenia/fortuner. Maka menggunakan switch dan membuat 3 kondisi yaitu case 1,2,dan 3.

case 1:

Ini berfungsi untuk mengevaluasi kondisi apakah bernilai benar atau salah. Apabila benar maka akan dilanjutkan ke statement, statement di sini adalah "Harga sewa mobil Avanza 500rb/hari.".

break;

Ini berfungsi untuk mengakhiri statement di atas, tanpa menjalankan instruksi di bawahnya lagi.

Bagaimana Hasilnya?


Hasil dari program di atas adalah seperti gambar diatas. Apabila kita menginputkan 1, maka akan muncul statement "Harga Sewa Mobil Avanza 500rb/hari.".

Sampai disini tutorial pemrograman C++ kali ini, terima kasih sudah membaca artikel saya. Semoga dapat bermanfaat bagi anda dan saya.

0 Response to "Belajar C++ Part 4 (Switch)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel