Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih HDD Atau SSD? Baca Ini


Pilih HDD Atau SSD? Baca Ini - Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Pilih HDD atau SSD? Anda pasti sudah tidak asing dengan harddisk atau HDD, akan tetapi apakah anda tau apa itu SSD?

SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive fungsi dari SSD-pun sama dengan HDD, yaitu menyimpan data atau file secara non-volatile atau permanen. Jadi, SSD tidak jauh beda dengan HDD hanya ada beberapa perbedaan yang mendasar pada SSD.

Apa Perbedaan HDD Dengan SSD?

Dari Segi Harga

Dari segi harga, HDD dengan SSD sangat jauh ya. HDD relatif lebih murah dibanding SSD, apabila dengan uang 1juta kita dapat membeli HDD dengan kapasitas hingga 1TB. Akan tetapi tidak pada SSD, dengan uang 1juta kemungkinan kita hanya dapat SSD dengan kapasitas 128GB. SSD pada masa kini masih realtif tinggi harganya.

Dari Segi Berat Dan Ukuran

Untuk dari segi ukuran, HDD lebih besar dan lebih berat dibanding SSD. Hal ini di karenakan HDD masih menggunakan magnetic disk yang cukup membuat HDD semakin besar.

Berbeda dengan SSD, SSD sudah tidak lagi menggunakan magnetic disk sebagai penyimpanan. Akan tetapi, SSD menggunakan chip sebagai tempat penyimpanan. Sehingga hal ini cukup memperkecil ruang dan berat dari SSD.

Dari Segi Kecepatan

Untuk kecepatan dalam membaca dan menulis data, SSD pemenanglah. SSD bekerja dalam membaca atau menulis data 8X lebih cepat dari HDD. Bahkan, laptop yang menggunakan SSD dalam booting tidak memerlukan waktu lama, hanya butuh kurang dari 1 menit saja untuk booting. Sangat cepat bukan?

Lalu, Pilih HDD Atau SSD?

Nah, semua tergantung dengan budget anda. Apabila budget anda lebih dari cukup maka saya sarankan menggunakan SSD. Apabila budget anda pas - pas-an, maka anda dapat menggunakan HDD sebagai penyimpanan anda.

Selain itu, SSD juga sangat direkomendasikan untuk pekerjaan - pekerjaan berat. Seperti, rendering,animasi,gaming,dll. Hal ini di karenakan SSD yang bekerja 8X lebih cepat dari HDD, sehingga pekerjaan berat anda juga dapat di selesaikan dengan SSD dengan cepat. 

SSD juga tidak dapat mengeluarkan suara - suara seperti HDD, di karenakan SSD sudah tidak lagi menggunakan piringan. Sehingga suara - suara yang timbul dari penyimpanan tidak ada. Berbeda dengan HDD yang menggunakan piringan, pasti anda pernah mendengar suara - suara dari HDD.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi saya dan anda. Anda dapat membagikan artikel ini kepada teman anda melalui tombol share dibawah.

Post a Comment for "Pilih HDD Atau SSD? Baca Ini"