Ads

5 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Yang Lemot


5 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Yang Lemot - Pengguna smartphone sekarang dimanjakan dengan fitur - fitur dan aplikasi yang terdapat pada smartphone, sehingga hal itu membuat penggunanya merasa nyaman dan terpenuhi akan kebutuhannya. 

Smartphone dizaman sekarang mempunyai banyak sekali manfaat salah satunya aplikasi ojek online. Dengan adanya aplikasi ojek online yang terdapat pada smartphone kita, maka kita tidak perlu jalan kaki ke pangkalan ojek akan tetapi kita hanya perlu menghubungi driver ojek melalui aplikasi tersebut. 

Tidak hanya itu, aplikasi online shop yang terdapat pada smartphone kita juga memudahkan kita dalam membeli barang - barang secara online. Kita tidak perlu datang ke toko untuk membeli barang, akan tetapi kita hanya memerlukan aplikasi online shop dan memilih barang lalu membayarnya dengan kartu kredit. Setelah itu, kita tinggal menunggu barang tersebut datang ke rumah kita dalam bentuk paket.

Smartphone zaman sekarang pun juga dilengkapi dengan spesifikasi yang tinggi untuk mempercepat kinerja smartphone tersebut. Akan tetapi, walaupun smartphone mempunyai spesifikasi tinggi pasti pernah mengalami "lemot". Lalu, apa sebenarnya penyebab smartphone menjadi lemot?

Penyebab Smartphone Android Lemot

Memasang aplikasi terlalu banyak


Apabila aplikasi yang terpasang pada smartphone kita terlalu banyak, maka kapasitas RAM-pun akan berkurang karena memproses aplikasi - aplikasi yang terlalu banyak. Sehingga, smartphone kita akan terasa berat apabila kita mengoperasikan smartphone

Multitasking yang berlebihan

Multitasking yang terlalu banyak akan membuat kinerja pada RAM menumpuk dan smartphone anda akan terasa berat dan lemot. Penyebab ini dikarenakan RAM yang terbatas atau multitasking yang sangat berlebihan.


Solusi Smartphone Android Lemot?

Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Hapus aplikasi - aplikasi yang tidak penting atau aplikasi yang jarang anda gunakan pada smartphone anda. Hal ini akan memperluas kapasitas penyimpanan internal anda dan akan mengurangi kinerja pada RAM smartphone anda.

Walaupun aplikasi tersebut tidak anda buka atau dijalankan, akan tetapi aplikasi tersebut dapat berjalan di balik layar tanpa anda ketahui. Anda dapat cek apakah berjalan di balik layar atau tidak pada menu Setting > Aplikasi di smartphone anda masing - masing.

Update OS Android Yang Baru

Lakukan update secara rutin atau hanya pada saat anda diberi notifikasi untuk update sistem operasi anda. Apakah dengan update OS dapat menghilangkan lemot pada smartphone? Pada dasarnya update OS akan memperbaiki dan meningkatkan peforma dari sistem operasi tersebut.

Maka dari itu, apabila ada salah satu sistem yang terdapat pada smartphone anda yang crash atau rusak menyebabkan smartphone anda lemot, maka akan diperbaiki dengan update sistem operasi tersebut, sehingga potensi terhindar dari smartphone lemot sangat besar.

Jangan Terlalu Banyak Widget

Widget memang dapat mempercantik tampilan smartphone anda. Akan tetapi, tidak disarankan untuk smartphone yang memiliki spesifikasi pas - pas-an. Hal ini akan membuat kapasitas pada RAM anda semakin kecil, sehingga apabila anda membuka aplikasi maka dapat membuat smartphone anda lemot.

Solusi untuk hal ini adalah, anda dapat mengurangi tampilan widget pada layar smartphone anda dengan menghapus widget yang menurut anda tidak digunakan.

Hapus Cache Pada Smartphone Anda

Cache menyimpan file - file yang sering anda buka, seperti cache pada browser yang berfungsi menyimpan sebuah website pada memori internal anda sehingga apabila anda membuka situs itu kembali, anda tidak perlu menunggu lama. Karena browser memiliki cache yang menyimpan situs tersebut.

Tetapi, apakah anda tau cache juga dapat membuat smartphone anda lemot. Cache apabila semakin menumpuk akan membuat smartphone anda terasa berat atau lemot. Lalu, solusi untuk masalah ini anda dapat menggunakan aplikasi seperti CCLEANER yang akan menghapus cache yang tersimpan pada smartphone anda.

Lakukan Reset Pabrik

Apabila 4 langkah di atas masih tidak berefek pada smartphone anda. Maka solusi terakhir anda dapat melakukan Factory Reset atau reset pabrik. Fitur ini akan mengembalikan smartphone anda seperti semula, sehingga data - data yang ada didalam smartphone anda akan terhapus secara permanent.

Bagaimana caranya? anda dapat masuk ke menu Setting > lalu Cadangkan dan Reset > setelah itu anda dapat mencari tulisan reset pabrik atau Factory Reset.

Nah, ke-lima tips di atas yang dapat saya berikan kepada anda. Smartphone android lemot banyak sekali penyebabnya, maka dari itu anda dapat melakukan ke-lima tips di atas. Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan saya. Jangan lupa untuk share ke teman - teman anda melalui tombol share di bawah.

0 Response to "5 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Yang Lemot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel