Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Artikel Kita Muncul Di Pencarian Google


Dalam menekuni dunia blogging, pasti kita berusaha membuat artikel semenarik mungkin sehingga artikel yang kita buat dapat mendatangkan pengunjung yang banyak dan organik. Akan tetapi, ada banyak halangan yang kita dapat dalam menulis ataupun membuat artikel. Entah kita kehabisan ide, kehabisan inspirasi, dan apabila kita sudah mempublikasikan artikel tersebut tidak muncul di pencarian Google. 

Hal ini yang membuat semangat para blogger - blogger berkurang, saya akan memberikan tips agar artikel anda terindex di mesin pencarian Google. Akan tetapi, untuk rating dari artikel anda tergantung dari kualitas konten artikel anda. Konten artikel juga sangat berpengaruh dalam rating di pencarian Google.

Syarat dari tips ini adalah anda harus Mendaftarkan blog anda ke Google Webmaster/Search Console. Apabila anda sudah mendaftar, kita lanjut ke langkah - langkah.

Login ke Google Webmaster


Langkah pertama yang anda harus lakukan adalah, login ke Google Webmaster menggunakan email blog anda yang sudah terdapat situs atau blog yang anda daftarkan pada Google Webmaster.

Masuk Ke Property Situs Anda


Masuk ke property situs anda.

Masuk Ke Menu Crawl


Jika sudah masuk ke property situs anda, maka anda akan melihat menu di samping kiri. Anda klik menu Crawl > Fetch As Google.

Masukan URL Artikel Anda



Nah, pada step ini anda masukan URL artikel anda dengan format seperti di bawah ini.


Anda copy URL anda yang terdapat pada blok biru tersebut.


Anda masukan pada kolom tersebut, jika sudah anda dapat klik tombol Fetch



Lalu anda akan melihat pada list dibawah. Anda dapat menekan tombol Request Indexing.


Lalu, anda dapat menyelesaikan captcha dan pilih Crawl Only this URL. Jika sudah anda dapat menekan tombol Go.


Nah, pada step ini anda sudah menambahkan artikel anda ke mesin crawl Google Webmaster. Selanjutnya, anda tinggal menunggu hingga saatnya Robot Crawl mengindex artikel anda.

Cara Cek Artikel Terindex Apa Belum


Anda dapat mengetikkan pada kotak pencarian Google.

site:blog anda atau situs anda.

Sesuai dengan property pada Google Webmaster anda. Jika sudah terindex maka artikel anda akan muncul pada kotak pencarian tersebut.

Nah, tips cara agar artikel kita muncul di pencarian google sudah selesai. Bagaimana mudah bukan? Fungsi dari Google Webmaster atau Search Console yaitu mengoptimalkan blog atau situs kita pada mesin pencari Google. Sekian tutorial dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi saya dan pembaca. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya.

1 comment for "Cara Agar Artikel Kita Muncul Di Pencarian Google"