Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar C++ Part 3 (Menghitung Luas Lingkaran)


Beberapa hari ini saya tidak dapat update artikel ke blog saya, karena banyaknya tugas kuliah dan ada kepentingan keluarga yang tidak dapat ditinggalkan. Sekarang saya sudah punya cukup waktu untuk membuat artikel di blog saya.

Pada kesempatan kali ini, saya membuat artikel mengenai Belajar C++ Part 3. Sebelumnya kita membahas mengenai variabel dan penjumlahan, kalau sekarang kita menghitung luas lingkaran menggunakan rumus dalam C++. Yuk, mari kita simak Belajar C++ Part 3 (Menghitung Luas Lingkaran).


Apa Maksud Dari Perintah Di Atas?

int r;

Instruksi ini adalah membuat variabel bernama r dan mempunyai tipe data integer.

float phi;

Kalau instruksi yang ini tidak jauh beda, hanya saja instruksi ini menggunakan tipe data float

Kenapa menggunakan tipe data float? Bukan integer? Karena phi dalam matematika berarti 3,14. Nah, kalau tipe data integer tidak dapat menampung bilangan desimal akan tetapi tipe data integer hanya dapat menampung bilangan bulat.

Tipe data float kebalikan dari tipe data integer, tipe data float ini dapat menampung bilangan desimal.

cout<<"Masukan Jari - Jari : ";

Instruksi ini berarti menampilkan "Masukan Jari - Jari : ".

cin>>r;

Apabila kita menginputkan sebuah nilai maka, nilai tersebut akan di simpan pada variabel r.

phi=3.14;

Kalau ini berarti variabel phi bernilai 3.14.

cout<<"Hasil Luas Lingkaran : "<<phi*r*r<<endl;

Instruksi pada baris ini berarti, menampilkan "Hasil Luas Lingkaran : " lalu akan diproses sesuai dengan rumus luas lingkaran yaitu phi x R2 atau dalam bahasa C++ kita dapat menulis tersebut dengan phi*r*r.

Bagaimana Hasilnya?


Nah, hasilnya akan seperti gambar di atas. Apabila kita menginputkan nilai 3 maka akan di simpan pada variabel r setelah itu akan menampilkan hasil dengan rumus phi x r x r atau 3,14 x 3 x 3.

Sampai sini dulu tutorial kali ini, terima kasih sudah berkunjung ke situs saya. Apabila artikel ini bermanfaat, anda dapat menekan tombol share dibawah ini.

Post a Comment for "Belajar C++ Part 3 (Menghitung Luas Lingkaran)"