Ads

Belajar C++ Part 2 (Variabel dan Penjumlahan)


Artikel kemarin kita belajar bahasa C++ tentang menampilkan output ke layar. Sekarang, kita akan belajar bahasa C++ bertemakan Variabel dan Penjumlahan. Penjumlahan dan variabel termasuk materi yang paling mendasar dalam bahasa pemrograman C++. Akan tetapi, ini adalah salah satu syarat sebagai dasar untuk melanjutkan ke level yang lebih tinggi.


Variabel dalam bahasa pemrograman C++ berfungsi untuk menampung karakter yang mempunyai tipe data seperti float,integer,string,dll. Langsung saja, mari kita simak Belajar C++ Part 2 (Variabel dan Penjumlahan)Jangan lupa siapkan aplikasi compiler untuk bahasa C++, saya menggunakan IDE Dev C++ untuk mengcompile source code saya.



Source code di atas adalah contoh penjumlahan antara variabel A dan B lalu akan menampilkan output berupa hasil penjumlahan. 

Apa Maksud Dari Instruksi - Instruksi Di Atas?

int a,b;

Instruksi ini bermaksud untuk membuat variabel a dan b lalu bertipe data integer. Apa itu integer? Integer adalah sebuah tipe data yang berupa angka bulat seperti 1,2,3,1000. Ada banyak tipe data, akan tetapi akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Setiap variabel dengan tipe data yang sama di pisahkan dengan simbol "," misal. 

int nilai,hasil,bagi;

Instruksi di atas bermaksud membuat variabel nilai,hasil,dan bagi dengan tipe data integer.

float c;

Nah, instruksi ini juga sama seperti instruksi sebelumnya. Akan tetapi instruksi ini menggunakan tipe data float. Apa itu float? Float adalah sebuah tipe data yang berupa angka seperti integer akan tetapi float memiliki desimal. Contoh, 12.4 dan 15.3 adalah angka bertipe data float.

cout<<"Masukan angka ke variabel A : ";cin>>a;

Instruksi ini saya kira anda sudah paham apabila anda telah membaca artikel Belajar C++ Part 1. Instuksi ini akan menampilkan Tulisan "Masukan angka ke variabel A : " dan anda harus menginputkan sebuah angka, lalu angka tersebut akan di tampung ke variabel a.

cout<<"Masukan angka ke variabel B : ";cin>>b;

Instruksi ini juga sama, akan tetapi angka yang kita inputkan akan di tampung pada variabel b.

cout<<endl;

Instruksi ini berarti membuat baris baru. 

cout<<"Hasil : "<<a+b<<endl;

Instruksi ini akan menampilkan hasil dari penjumlahan antara variabel a dan b. Variabel masing - masing yang telah kita inputkan angka, maka akan di proses di baris ini dengan instruksi a+b. Tidak hanya dijumlah akan tetapi dapat juga di kurang,bagi,modulus,dll. Nah, tanda +,-,/,dll dalam bahasa C++ di sebut Operator Aritmatika. Dibawah adalah contoh penulisan operator - operator aritmatika.
  • a-b : variabel a dikurangi variabel b.
  • a/b : variabel a dibagi variabel b.
  • a*b : variabel a dikali variabel b.
  • a%b : variabel a modulus variabel b.
  • a++ : variabel a sama dengan a+1.
  • a-- : variabel a sama dengan a -1.

Hasil dari Program Di Atas?


Di atas adalah hasil dari penjumlahan antara variabel a dan b. Anda dapat mencoba seperti a kurangi b atau a dikali b dengan operator aritmatika di atas. Lalu, apa fungsi float c;? Di situ saya tulis hanya sebagai pengetahuan saja. Tidak hanya menggunakan tipe data integer akan tetapi float juga dapat digunakan untuk operasi matematika.

Misal, seperti menghitung luas lingkaran. Maka, kita memerlukan tipe data integer, karena phi dalam rumus luas lingkaran bernilai 3.14 maka kita menggunakan tipe data float bukan integer.

Sampai disini terlebih dahulu tutorial mengenai bahasa pemrograman C++. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel saya, semoga dapat bermanfaat bagi anda dan saya. Anda dapat membagikan artikel ini dengan menekan tombol sosial media di bawah.

0 Response to "Belajar C++ Part 2 (Variabel dan Penjumlahan)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel