Ads

Berkenalan Dengan Bahasa C++



Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bahasa pemrograman C++. C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh programmer untuk membuat sebuah program yang nantinya dapat dijalankan pada sistem operasi. Bahasa C++ termasuk bahasa tingkat tinggi, karena bahasa ini sudah terstruktur dan bahasa C++ sudah menggunakan bahasa manusia sehari - hari tetapi dalam bahasa inggris.


Bahasa pemrograman C++ ditemukan oleh Bjarne stroustrup dan bahasa pemrograman ini merupakan perkembangan dari bahasa C yang dikembangkan di Bong Labs pada tahun 1970-an. Lalu, apa perbedaan bahasa pemrograman C++ dengan bahasa pemrograman C? Salah satu perbedaan yang paling mendasar antara bahasa C dan C++ yaitu bahasa pemrograman C++ bersifat pada Object Oriented Programming(OOP).

Bahasa C++ memerlukan compiler agar program dapat dijalankan pada komputer. Lalu, apa fungsi compiler? fungsi compiler dalam C++ yaitu menerjemahkan source code yang anda tulis menjadi bahasa mesin yang nantinya dapat dimengerti oleh mesin komputer lalu, jika source code tersebut tidak terdapat error maka akan menampilkan output.

Bahasa pemrograman dapat anda tulis di beberapa vendor software yang tersedia compiler C++ seperti notepad++,Dev C++,Microsoft Visual Studio,dll. Saya menggunakan Dev C++ 5.11 karena simple dan ringan dalam menulis atau me-compile program C++. Jika anda ingin yang lebih professional, saya sarankan anda menggunakan Microsoft Visual Studio.

Bahasa pemrograman C++ juga mempunyai struktur - struktur. Lalu, apa saja struktur yang terdapat pada C++?

Komentar



Komentar pada program berfungsi untuk memberi keterangan. Source code atau tulisan yang berada didalam keterangan maka tidak dapat dieksekusi oleh compiler, karena hanya sebagai pengingat atau keterangan saja. Ada 2 jenis komentar, yaitu :
  • // komentar disamping disebut komentar 1 baris.
  • /* komentar */ komentar disamping disebut komentar multi baris.

Preprocessor Directive



Apa itu Preprocessor Directive? Dalam bahasa C++ Preprocessor Directive berfungsi untuk memberitahu compiler dengan preprocessor apa yang akan digunakan untuk membaca file header. Preprocessor di simbolkan dengan bentuk "#". Ada macam - macam directive seperti include,define,if,ifdef,else,dll.

Fungsi utama dan prosedur

  • Fungsi utama


Fungsi utama atau fungsi main dalam bahasa C++ adalah fungsi pertama kali yang akan di eksekusi oleh compiler. Walaupun terdapat fungsi yang lain akan tetapi, fungsi main ini adalah program utama jadi, fungsi main yang akan pertama kali di proses atau dieksekusi sebagai program utama. Ciri - ciri fungsi utama yaitu adalah terdapat kata main() dan disusul dengan simbol { } yang berisi perintah - perintah atau instruksi program.

  • Prosedur


Fungsi tambahan atau dapat disebut prosedur adalah fungsi yang akan diproses atau dieksekusi setelah fungsi utama sudah diproses. Jadi, fungsi ini hanya sebagai tambahan saja dan hanya untuk mempermudah apabila terdapat error pada source code sehingga, dapat diperbaiki dengan cepat. Ciri - ciri dari prosedur atau fungsi tambahan yaitu, terdapat parameter dan variabel. Contoh :

void variabel(parameter){
     statement;
}

Kurang lebih begitulah struktur penulisan prosedur atau fungsi tambahan.


Deklarasi Variabel

Apa itu variabel? Variabel adalah tempat yang memungkinkan suatu program mengingat sesuatu data yang bisa berupa nilai ataupun konstanta.



Contoh program diatas berfungsi menghitung luas lingkaran. Didalam program tersebut terdapat deklarasi variabel luas dan r dengan tipe data float. Variabel luas memuat rumus luas lingkaran yaitu 3.14*r*r atau dapat dibaca 3,14 X R X R, variabel disini berfungsi sebagai penampung nilai jari - jari. 

Nah, setelah kita berkenalan dengan C++ next artikel saya akan menulis tentang coding menggunakan bahasa C++. Bahasa C++ sebenarnya tidaklah sulit untuk dipelajari hanya saja untuk pertama kali jika benar - benar belum mengetahui dasar - dasar C++ maka akan terlihat sulit. Apabila anda sudah mengetahui dasar - dasar struktur C++ pasti anda akan mudah dalam menulis source code anda. Terima kasih anda telah membaca artike saya, anda dapat membagikan artikel ini jika artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Berkenalan Dengan Bahasa C++"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel