Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Merawat HP Agar Tidak Cepat Rusak Dan Aman


Tips merawat gadget - gadget atau handphone smartphone dizaman now banyak sekali yang memilikinya mungkin termasuk anda juga memiliki gadget. Gadget selain mempunyai kelebihan, gadget juga memiliki kelemahan. Salah satunya jika anda tidak pintar - pintar untuk merawat gadget anda, kemungkinan besar gadget anda dapat rusak bahkan yang lebih parah dapat mati total (matot) atau sama sekali tidak dapat berfungsi dan file - file penting yang terdapat pada gadget anda susah di akses. Sehingga, anda harus merogoh saku anda untuk biaya reparasi smartphone ditempat servis handphone. 

Jadi, saya membuat artikel ini untuk membantu anda dalam merawat gadget anda agar tidak cepat rusak dan selalu aman. Sehingga, gadget anda dapat berfungsi dengan baik dan membantu anda dalam hal komunikasi,pengetahuan,dll. Ada beberapa cara untuk merawat smartphone, mari kita simak Tips Cara Merawat HP Agar Tidak Cepat Rusak Dan Aman.


Simpan kardus hp, buku panduan, dan kartu garansi



Ini adalah salah satu tips agar gadget anda aman. Jika suatu saat gadget anda ingin anda tukar tambah atau menjualnya, kelengkapan gadget sangat berpengaruh dengan harga yang ditawarkan. Dengan menyimpan kelengkapan gadget anda, harga jual gadget anda tidak akan terlalu jauh merosotnya. Biasanya, handphone yang tanpa ada kelengkapan atau kelengkapan hanya handphone dan charger, harga yang ditawarkan sangat jauh dari harapan anda bahkan jarang yang ingin membeli. Selain itu, jika handphone anda masih dalam masa garansi, anda dapat menggunakan kartu garansi tersebut jika handphone anda mengalami kendala, dengan datang ke service center.

Gunakan screen guard dan lengkapi hp anda dengan case


Melengkapi layar smartphone dengan screen guard merupakan langkah untuk melindungi smartphone anda dari goresan - goresan yang nantinya membuat tidak nyaman dalam mengoprasikan smartphone. Goresan pada layar tidak hanya dari kuku akan bisa dari kotoran yang menempel di layar atau debu yang kasar dapat menyebabkan goresan pada layar. Untuk membersihkan layar, anda dapat menggunakan tisu lalu usap layar gadget anda. 

Menggunakan case handphone juga dapat mengurangi kerusakan pada gadget anda, dengan melengkapi smartphone anda dengan case maka, dapat menghindari adanya lecet/goresan benda - benda tajam pada casing handphone anda.


Memanfaatkan baterai dengan sebaik mungkin





Masalah yang sangat sering dihadapi oleh pengguna smartphone yaitu, baterai cepat habis. Baterai cepat habis adalah hal yang menyebalkan dan sangat beresiko dengan kesehatan baterai smartphone anda. Bagaimana tidak, disaat kondisi yang sangat membutuhkan kita memerlukan komunikasi untuk menghubungi seseorang atau teman, akan tetapi smartphone kita mengalami low bat Waah... itu adalah hal yang luar biasa. 

Memanfaatkan baterai sebaik mungkin, merupakan salah satu langkah untuk merawat handphone anda dari kerusakan baterai. Penyebab baterai dapat mengalami kerusakan yaitu, salah satunya adalah penggunaan smartphone yang tidak teratur. Solusi masalah baterai cepat habis anda dapat mematikan smartphone anda ketika tidak digunakan dan jangan lupa untuk mematikan data internet anda ketika tidak digunakan juga. Saat anda menyalakan data internet konsumsi energi baterai cukup banyak berkurang. 

Jadi, dengan melakukan hal kecil seperti mematikan smartphone anda saat tidak digunakan sudah menjadi langkah untuk merawat smartphone anda dan menghindari kerusakan - kerusakan pada hardware smartphone anda.


Baterai jangan sampai over charging




Dalam me-charging handphone juga harus diperhatikan. Jika indikator baterai handphone sudah menunjukan 100% maka sudah saatnya anda harus mencopot kabel charger anda. Karena, jika anda melakukan over charging secara terus menerus dapat menyebabkan baterai anda kembung. Selain itu, gunakan selalu charger orisinil bawaan smartphone anda. Jangan menggunakan charger palsu rata - rata charger palsu tidak memperhatikan arus daya tersebut, sehingga  dapat menyebabkan baterai kembung.


Lakukan scanning RAM dengan aplikasi





RAM dapat dibersihkan dengan aplikasi seperti CCleaner,Clean Master, Power Clean,dll. Scanning RAM dengan aplikasi tersebut dilakukan agar RAM smartphone anda tidak penuh sehingga handphone anda tidak lemot. 

Lakukan update OS



Lakukan update sistem operasi anda untuk mencegah adanya bug atau kerusakan file system lainnya. Dengan melakukan update sistem operasi maka sistem - sistem yang terdapat pada smartphone anda akan diperbaharui dan diperbaiki jika terdapat masalah, sehingga dapat mengurangi adanya kerusakan pada file sistem smartphone anda.

Di atas adalah beberapa tips yang saya berikan untuk merawat smartphone anda agar handphone yang anda gunakan dapat berguna dengan maksimal dan terhindar dari kerusakan - kerusakan yang dapat merugikan anda. Jika artikel ini bermanfaat anda dapat share ke teman - teman anda melalui tombol share di bawah. Terima kasih telah membaca artikel saya.

Post a Comment for "Tips Cara Merawat HP Agar Tidak Cepat Rusak Dan Aman"