Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu TLD? Bagaimana Cara Merubah Blogspot Ke TLD?

Bagi anda yang belum tau cara merubah domain .blogspot.com ke .com , .net , .info , dll anda harus membaca artikel ini. Saya akan memberikan cara merubah domain blogspot ke TLD seperti .com , .net , .info , dll. Sebelum langsung ke step atau cara, apakah anda tau apa itu TLD? TLD memiliki kepanjangan Top Level Domain atau dalam bahasa indonesia berarti domain teratas atau domain tertinggi. TLD menurut Wikipedia yaitu :
Top Level Domain Name adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti .com (dotcommercial), .net (dotnetwork), .org (dotorganization), .edu (doteducation), .gov (dotgoverment), dan .mil (dotmilitary).
Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang diungkapkan diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg, dsb). (Wikipedia)
Di atas adalah pengertian Top Level Domain menurut Wikipedia. Selanjutnya, kita langsung masuk ke step cara merubah blogspot ke TLD. Yuk simak langkah - langkah di bawah. O iya, saya akan menggunakan domain gratisan dari freenom yaitu dottk. Jika anda menggunakan hosting yang lain, konsepnya juga sama tidak jauh beda paling yang berbeda hanya tampilan saja dan letak menu untuk mengatur custom domain.

Cara Merubah .blogspot.com Ke .com/TLD

1. Masuk ke Blogger anda


Langkah pertama yaitu masuk ke akun blogger anda. Jika anda belum punya akun blogger atau belum punya blog anda dapat membaca artikel Cara Membuat Blog.

2. Masuk Ke Hosting



Pada step ini anda dapat masuk ke hosting di mana anda membeli domain anda. Contoh saya membeli domain gratis di freenom. Saya melakukan pencarian domain terlebih dahulu, apakah domain yang ingin saya pilih sudah dipakai atau belum. Jika belum maka kita dapat membelinya.

Di sini saya registrasi terlebih dahulu domain yang ingin saja ambil. dan menentukan berapa tahun domain saya akan berlaku.


Nah, gambar di atas saya sukses check out dan domain pun sudah aktif dan siap digunakan. Beli domain .tk di freenom tanpa kartu kredit juga bisa.

Saya langsung menuju ke menu dimana dapat mengonfigurasi DNS atau DNS Management.


Nah, inilah tampilan DNS management. Sebenarnya tidak jauh beda dengan hosting - hosting lainnya fungsinya pun sama jadi, anda tidak usah bingung. Anda mengalami kesusahan dalam konfigurasi anda dapat komentar di bawah.

3. Kembali Ke Dashboard Blogger


Jika sudah masuk ke dashboard blogger maka selanjutnya anda masuk ke menu Setelan.



Selanjutnya, anda setelah klik menu Setelan lalu klik menu Dasar. Apabila sudah lalu klik +Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog anda pada kotak warna merah di tengah yang sudah saya tandai.


Pada kotak pertama isikan domain yang telah anda daftarkan atau anda beli tadi. Contoh, www.tekno-knowledge.tk domain itu adalah domain yang saya beli. Kalau kotak ke 2 dan 3 nanti di isikan ke DNS Management.

4. Balik Ke Hosting Dan Masuk Ke Menu DNS Management


Pada step ini anda memasukkan kode pada kotak ke 2 dan 3 ke DNS Management dan masukkan juga IP Google ke DNS Management sehingga nanti hasilnya seperti di atas. Ingat untuk yang kotak ke 2 dan 3 tadi menggunakan tipe CNAME untuk IP Google menggunakan tipe A dan untuk IP Google pada kolom name di kosongkan saja. Jika sudah klik Save.


Masukan ke empat alamat IP tersebut di DNS Management. Sehingga hasilnya seperti gambar di atas.


5. Masuk Ke Blogger Kembali


Nah, lalu kembali ke blogger dan masuk ke menu setelah > dasar > +Siapkan URL pihak ke-3... setelah itu masukan domain yang anda daftarkan pada hosting anda. Jika berhasil maka akan menjadi seperti gambar di atas. Jika sudah anda dapat klik EDIT di samping alamat situs anda.



Lalu, centang pada samping tulisan Alihkan domain anda ke www.domain anda. Jika sudah klik simpan.


6. Hasil Akhir


Nah, domain anda sudah jadi.

Bagaimana mudah bukan? Menggunakan TLD dapat mempermudah akses ke situs anda serta dapat meningkatkan pengunjung juga. Domain dapat anda dapatkan dengan membeli atau hanya dengan mendaftar secara gratis TLD yang tersedia. Jika anda bingung atau mengalami kesusahan anda dapat komentar pada kolom dibawah, insyaallah nanti saya bantu. Terima kasih sudah membac artikel saya dan berkunjung ke blog sederhana saya semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi saya dan pembaca. Anda dapat berbagi manfaat dengan teman - teman anda dengan klik tombol share di bawah.


Post a Comment for "Apa Itu TLD? Bagaimana Cara Merubah Blogspot Ke TLD?"