Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Membuat Tampilan Blog Lebih Menarik Dan Keren


Blog mempunyai tampilan menarik dan responsif adalah harapan semua blogger. Karena, dari tampilan blog yang menarik dan responsif dapat mendatangkan pengunjung yang banyak dan membuat pengunjung nyaman dengan tampilan blog kita. 

SEO memiliki kepanjangan Search Engine Optimization, menurut wikipedia SEO adalah serangkaian proses sistematis yang bertujuan untuk mendatangkan trafik kunjungan dari mesin pencari dengan memanfaatkan mekanisme kerja dan algortima mesin pencari tersebut. Atau kita dapat menyebut SEO dengan istilah mendatangkan pengunjung organik.

Jadi, menerapkan strategi SEO pada blog kita, dapat mendatangkan pengunjung organik selain itu, situs kita juga dapat terindex google dengan cepat dan memiliki page rating yang cukup tinggi pada search engine. Lalu, apa hubungan tampilan blog yang menarik dengan SEO? tampilan menarik pada blog, merupakan salah satu dari strategi SEO. Jadi, bagaimana cara membuat tampilan blog lebih menarik dan keren? Mari kita simak, 5 Cara Membuat Tampilan Blog Lebih Menarik Dan Keren.


Menggunakan Template Yang Professional



Dengan mengubah template menjadi yang lebih professional maka, hal tersebut dapat membuat nyaman para pembaca dan pengunjung. Banyak para blogger pemula yang hanya asal - asalan memilih template tanpa memperhatikan template yang ia pilih tersebut. Memilih template juga dapat menentukan pengunjung serta page rating blog anda pada search engine


Menggunakan TLD (Top Level Domain)



Menggunakan TLD (Top Level Domain), juga dapat menarik pengunjung yang banyak.  Jika anda yang tidak tau apa itu TLD? TLD terdapat pada belakang kata domain lihat seperti gambar di atas. 'dot' Com itulah yang disebut dengan TLD, Contoh lain seperti .NET,.ORG,.COM,.CO.ID,dll. Dengan menggunakan TLD, blog anda akan terlihat lebih professional dan serius. Ada 2 Jenis TLD yaitu :
  • Generic Top Level Domain (gTLD)
TLD ini bersifat general. Contoh dari gTLD adalah .COM,.EDU,.GOV,.MIL,.ORG,dll.
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD)
Kalau ini adalah TLD kode negara. Contoh domain kode negara .SG,.ID,.US,.NL,.FR,dll.


Menentukan Font dan Jarak Spasi





Dalam memilih font untuk artikel anda atau situs blog anda, juga berefek pada pengunjung blog. Pastikan anda memilih font yang mudah dibaca serta rapi, tidak perlu font yang aneh - aneh atau susah di baca dan tidak rapi, justru akan membuat rating blog atau pengunjung anda enggan untuk berkunjung kembali. 

Menentukan Line Spacing atau jarak spasi bertujuan untuk merapikan tulisan artikel anda. Gunakan Line Spacing 1.5 atau 2.0 yang cukup efektif dalam jarak spasi sehingga tulisan atau artikel anda menjadi rapi dan enak untuk dibaca atau di lihat.

Menentukan Warna



Pastikan warna pada blog anda adalah warna yang tidak cepat membuat mata lelah. Hal ini, dapat membuat pengunjung enggan berlama - lama pada blog anda. Walaupun pemilihan warna adalah hal kecil tapi efek pada blog anda juga cukup besar. Beberapa warna yang membuat mata segar atau tidak membuat mata lelah.
  • Merah
  • Biru
  • Cokelat
  • Putih
  • Hitam

Menggunakan Widget Secukupnya



Menggunakan widget secukupnya tidak perlu banyak - banyak. Yang ada, jika anda memasang widget terlalu banyak pada blog anda justru akan membuat page loading blog anda melambat. Beri widget pada blog anda yang penting - penting saja atau widget sesuai dengan strategi SEO seperti Navigasi Blog,Profil,Artikel Terpopuler,Media Sosial.

Di atas adalah beberapa tips yang saya berikan agar tampilan blog anda menarik dan mendatangkan pengunjung - pengunjung terutama pengunjung organik. Terima kasih telah membaca artikel saya, jika artikel ini bermanfaat anda dapat klik tombol share dibawah dan anda bagikan kepada teman - teman anda agar artikel ini dapat bermanfaat bagi saya,anda,dan orang lain.

1 comment for "5 Cara Membuat Tampilan Blog Lebih Menarik Dan Keren"