Ads

Apa Itu VPN? Apa Manfaat Serta Kelebihan Dan Kekurangan VPN?


VPN Merupakan kepanjangan dari Virtual Private Network atau dalam bahasa Indonesia berarti "Jaringan Bersifat Pribadi" jadi apa sih VPN itu? VPN adalah sebuah teknologi yang memungkinkan anda untuk mengakses internet dari lokasi yang berbeda - beda dan dapat berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan protokol tertentu. Adapun beberapa protokol yang digunakan VPN, yaitu :


     1. PPTP (Point-to-Point Tunneling Protocol)


Protokol ini merupakan protokol jaringan yang melakukan pengamanan transfer data dari remote client ke server pribadi dengan membuat sebuah VPN dengan TCP/IP. Teknologi PPTP dikembangkan oleh Microsoft dan Cisco dari P2P (Point-to-Point protocol) yang di keluarkan oleh Internet Engineering Task Force(IETF). PPTP merupakan protokol jaringan yang merubah paket P2P menjadi IP datagrams agar dapat ditransmisikan melalui internet atau jaringan luas. PPTP juga dapat digunakan pada jaringan private Lan-to-Lan. Pembangunan PPTP yang mudah dan tidak memakan biaya terlalu mahal maka PPTP menjadi solusi untuk remote user dan mobile user karena PPTP memberikan keamanan dan enkripsi komunikasi melalui PSTN(Public Switch Telephone Network) ataupun internet.


     2. L2TP (Layer 2 Tunneling Protocol)

Yang kedua yaitu L2TP kepanjangan dari Layer 2 Tunneling Protocol. L2TP adalah protokol tunneling yang memadukan dua buah tunneling, yaitu L2F (Layer 2 Forwarding) milik Cisco dan PPTP milik Microsoft. Protokol L2TP lebih banyak digunakan pada VPN non-internet seperti frame relay,ATM,dll. L2TP biasanya digunakan dalam membuat Virtual Private Dial Network (VPDN) yang dapat bekerja membawa semua jenis protokol komunikasi di dalamnya. L2TP memungkinkan penggunanya untuk tetap terhubung dengan jaringan lokal milik mereka dengan keamanan yang sama dan dari manapun mereka berada melalui koneksi VPN atau VPDN. Namun teknologi ini tidak memiliki mekanisme untuk menyediakan fasilitas enkripsi karena memang benar - benar murni membentuk jaringan tunneling.



     3. IPSec (IP Security)

Protokol ini bekerja pada Layer 3 (Network), protokol ini berfungsi untuk mengamankan transmisi datagram dalam sebuah internetwork berbasis TCP/IP. IPSec menyediakan layanan sekuritas pada IPlayer dengan mengizinkan sistem untuk memilih protokol keamanan yang diperlukan, memperkirakan algoritma apa yang akan digunakan pada layanan, dan menempatkan kunci kriptografi yang diperlukan untuk menyediakan layanan yang diminta. IPSec menyediakan layanan - layanan kemanan tersebut dengan menggunakan suatu metode yaitu Internet Key Exchange (IKE). IKE akan menghasilkan sebuah system enkripsi dan kunci pengamannya yang akan digunakan untuk otentikasi yang digunakan pada system IPSec ini.

Salah satu cara membangun atau membuat VPN adalah dengan menggunakan metode tunneling. Tunneling sendiri mempunyai arti yaitu terowongan jadi, dengan membentuk sebuah VPN dalam sebuah jaringan yang akan menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lainnya maka, proses bertukar informasi akan berjalan secara private tidak melalui jaringan publik yang memungkinkan adanya pencurian atau penyadapan terhadap jaringan tersebut. Dalam tunneling terdapat proses enkapsulasi, transmisi, dan dekapsulasi.





Jika sudah tau fungsi VPN dan protokol - protokol yang digunakan oleh VPN maka selanjutnya apa sih manfaat dari menggunakan VPN tersebut? dibawah ini beberapa manfaat VPN yang kita dapat yaitu : 

  • Kita dapat melakukan Remote access komputer kantor kita atau komputer dirumah kita melalui VPN selama komputer tersebut terhubung ke jaringan internet atau publik.
  • Dari segi keamanan kita dapat mengakses internet secara aman dan lebih luas dan privasi kita terlindungi dengan kita menggunakan VPN.
Jika kita sudah tau manfaat dari menggunakan VPN maka selanjutnya apa sih kelebihan dan kekurangan VPN? adapun beberapa kelebihan dan kekurangan VPN yaitu : 
  • Fitur keamanan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing - masing.
  • Menjadi solusi biaya efektif untuk organisasi bisnis besar dengan fasilitas jaringan khusus.
  • Meningkatkan mobilitas organisasi dengan langsung menghubungkan jaringan rumah atau para pekerja yang mobile di organisasi.
Untuk kekurangan yaitu : 
  • Dengan penyediaan akses ke karyawan secara global, faktor keamanan adalah risiko tersendiri. Hal ini juga menempatkan informasi sensitif perusahaan dapat diakses secara global. VPN membutuhkan perhatian ekstra untuk penetapan sistem keamanan yang jelas.

0 Response to "Apa Itu VPN? Apa Manfaat Serta Kelebihan Dan Kekurangan VPN?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel