Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Dampak Buruk Dari Menggunakan Smartphone Terus Menerus


Smartphone di zaman sekarang sudah sangat pintar dan canggih, bahkan setiap hari smartphone tidak lepas dari tangan kita untuk di operasikan. Smartphone dapat sangat bermanfaat jika kita optimalkan dengan baik. Selain itu, smartphone juga memudahkan kita dalam komunikasi baik kepada teman,orang tua,keluarga,pacar,dll. 

Harga smarphone sekarang pun tergolong standar dan sangat bervariasi dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Penggunanya pun tidak hanya orang tua, akan tetapi remaja dan anak - anak, sudah banyak yang menggunakan smartphone untuk keperluan main game, sosial media,musik,streaming,browsing,dll. 

Tapi, apakah anda tau dampak dari penggunaan smartphone yang terus menerus? Jika anda lihat, resiko dari penggunaan smartphone yang terus menerus dapat membahayakan bagi kesehatan kita. 

Lalu, apa saja dampak dari menggunakan smartphone yang terus menerus? Mari kita simak 5 Dampak Buruk Dari Menggunakan Smartphone.

Menurunnya Daya Penglihatan Mata



Pasti anda juga sudah tau, salah satu dampak dari penggunaan smartphone yang terus menerus adalah berkurangnya daya penglihatan mata. Apabila anda tidak mengimbangi dengan makan - makanan sayuran atau menjaga dan mengatur penggunaan smartphone maka dapat berakhir menggunakan kacamata.

Jika anda terlalu lama menggunakan smartphone. Letakkan sejenak, lalu anda berjalan keluar rumah dan melihat bunga atau tanaman disekitar anda selama beberapa menit. Hal itu dapat mengurangi adanya ketegangan otot mata anda.

Kecanduan



Ini adalah salah satu dampak dalam psikis pengguna smartphone apabila terlalu lama menggunakan smartphone. Berdasarkan penelitian Rutgers University, cara menyembuhkan kecanduan smartphone yaitu perlu terapi yang digunakan untuk menyembuhkan kecanduan narkoba. Bagaimana ngeri tidak? Mari mulai sekarang atur pola penggunaan smartphone anda.

Merusak Otak


Smartphone dapat merusak otak sebenarnya masih menjadi kontroversi. Akan tetapi hasil dari beberapa penelitian menyatakan, bahwa terlalu banyak menggunakan smartphone dapat memicu adanya tumor otak dan insomnia(Susah tidur).

Kelainan Postur Tubuh


Pengguna smartphone pasti selalu menundukkan kepala. Hal ini jika dilakukan terus menerus makan akan membuat postur tubuh menjadi tidak normal, sulit untuk ditegapkan kembali. untuk mencegah terjadinya postur tubuh yang tidak normal maka, anda dapat mengurangi dalam memandang smartphone dengan menunduk. Sesekali anda dapat memandang smartphone dengan lurus atau imbangi dengan olahraga.

Sulit Untuk Tidur


Banyak pengguna smartphone yang tidur larut malam karena asik streaming atau menyimak sosial media dan lain - lain. Akibatnya menganggu jam istirahat untuk tidur, kekurangan tidur pun tidak baik untuk kesehatan. Dampak yang ditimbulkan dari kekurangan tidur seperti berkurangnya konsentrasi, insomnia, obesitas,dll. Pastikan anda mengoprasikan smartphone anda dengan menggunakan batasan yang sewajarnya. Sehingga dapat terhindar dari bahaya - bahaya yang ditimbulkan melalui smartphone

Nah, itu tadi 5 dampak buruk dari menggunakan smartphone yang terus menerus. Menggunakan smartphone boleh, akan tetapi yang tidak diperbolehkan yaitu menggunakannya secara terus menerus tanpa ada istirahat. Kesehatan mahal harganya, biaya untuk berobatpun tidak main - main, jadi jaga kesehatan anda dari dampak smartphone.

Terima kasih sudah mau membaca artikel saya, semoga dapat bermanfaat bagi saya dan pembaca. Anda dapat membagikan artikel ini dengan menekan tombol share dibawah, serta komen apabila ada yang kurang atau salah.

Post a Comment for "5 Dampak Buruk Dari Menggunakan Smartphone Terus Menerus"